Belajar Teks Procedure Lebih Menyenangkan melalui Video WhatsApp

Oleh : Dyah Nuraeni, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran pada situasi pandemi seperti ini akan terasa sangat berbeda dengan pembelajaran tatap muka hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor baik faktor peserta didik maupun media pembelajaran.
Beberapa guru mengalami kesulitan dalam memilih media dan metode ketika menyampaikan materi. Dalam situasi ini guru diharapkan bisa memilih media dan metode yang paling tepat dan mudah untuk digunakan dan diterapkan dalam kegiatan pembelajaran.
Tidak dipungkiri selama kegiatan pembelajaran jarak jauh terjadi penurunan minat dan antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Hal tersebut bisa dikarenakan faktor media yang kurang menarik sehingga siswa mengalami kebosanan.
Dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh ada beberapa kendala yang kadang membuat peserta didik mengalami kebosanan. Misalnya pemilihan media yang hanya berupa potongan-potongan materi atau tulisan-tulisan yang mengharuskan siswa untuk membaca dan memahami materi pembelajaran.

Untuk mengatasi hal tersebut guru bahasa Inggris kelas 9 mencoba memanfaatkan fitur video pada aplikasi WhatsApp dalam mengajarkan materi teks procedur kepada peserta didik kelas 9. Teks prosedur adalah urutan langkah langkah ( atau pelaksanaan pelaksanaan pekerjaan), di mana pekerjaan tersebut dilakukan berhubungan Ida Nuraida (2008:35).

Baca juga:   Memahami Wacana Sederhana Bahasa Inggris Mudah dengan Q3R

Dengan kata lain teks prosedur adalah sebuah teks yang berisi langkah-langkah atau urutan kegiatan membuat atau melakukan sesuatu hal. Untuk memudahkan peserta didik mempelajari teks ini awalnya guru akan mengirimkan video tentang materi teks prosedur beserta contoh-contoh sederhana menggunakan media video WhatsApp yang menunjukan cara dan urutan suatu kegiatan.

Di sini guru meminta peserta didik untuk mengamati video tersebut kemudian memahami urutan serta tujuan dari video tersebut. Langkah selanjutnya guru akan meminta peserta didik untuk melakukan suatu kegiatan sederhana dalam melakukan atau membuat sesuatu kemudian merekamnya dalam video dan mengirimkanya kepada guru melalui WhatsApp.

Dari video-video yang dikirimkan oleh peserta didik tersebut guru akan mengevaluasi ketepatan urutan dan tujuan dari kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik apakah sudah sesuai dengan ketentuan teks prosedur atau belum.
Dari beberapa video yang dikirimkan peserta didik terlihat antusiasme dan minat siswa dalam membuat dan mengirimkan video tentang prosedur teks.

Bahkan sebagian siswa sudah menggunakan aplikasi aplikasi pembuat video yang menjadikan kiriman video itu terasa lebih bagus dan bervariasi. Di sini memunculkan beragam kreativitas peserta didik dalam membuat video tentang teks prosedur sesuai dengan keinginan mereka.

Baca juga:   Pengenalan Agama melalui Seni pada Anak Usia Dini

Dari hasil video tersebut guru mengapresiasi siswa yang bisa membuat video dengan urutan dan tatanan terbaik serta sesuai dengan aturan teks prosedur. Selain skor yang bagus guru juga memberi reward berupa kiriman video yang menunjukan apresiasi luar biasa dari guru.

Dengan penggunaan media video ini terlihat sekali peningkatan kemauan dan minat peserta didik dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran jarak jauh dan juga terlihat.

Sebagian besar peserta didik menjadi lebih mudah dalam menangkap dan memahami materi tentang prosedur teks yang diberikan oleh guru. Selain itu video ini juga mengurangi rasa bosan pada peserta didik pada saat pembelajaran dibandingkan dengan penggunaan media berupa gambar gambar atau catatan. Selain bisa digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris media video ini bisa juga dimanfaatkan dalam penyampaian materi pembelajaran mata pelajaran yang lain. Guru mata pelajaran bisa memadukan media ini dengan media media pembelajaran yang lain sesuai situasi dan kebutuhan masing masing. (pm1/lis)

Guru Bahasa Inggris SMPN 2 Kertek, Kabupaten Wonosobo

Author

Populer

Lainnya