Praktik Tekanan Meningkatkan Motivasi Siswa di Masa Pandemi

Oleh : Dra Angelin Kencana Wungu

spot_img

RADARSEMARANG.ID, HARAPAN semua guru dalam mengajar dan mendidik siswanya di dalam kelas adalah menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan mencapai tujuan sesuai dengan kompetensi dasar (KD) guru menggunakan berbagai metode. Metode tersebut tertuang dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Demikian pula yang dilakukan di SMP Negeri 41 Kota Semarang, dalam mata pelajaran (mapel) Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), berbagai metode digunakan sesuai dengan tujuan. Metode praktikum merupakan salah satu metode yang sering digunakan dalam pembelajaran IPA. Dengan praktikum akan memberikan kesan menyenangkan dan mendalam bagi siswa. Siswa dapat mengalami proses pembelajaran secara langsung dan membuktikan teori yang didapatkan dari guru.

Melalui praktikum konsep-konsep yang dipelajari menjadi lebih bermakna, sehingga mudah diingat. Melalui praktikum dapat meningkatkan minat dan motivasi dalam mempelajari IPA. Hal ini sesuai dengan pendapat dari Sri Anitah W dkk (2014) bahwa siswa lebih mudah memahami konsep yang dipelajari di kelas dengan praktikum. Salah satu praktikum adalah praktik tekanan pada benda, yang merupakan materi kelas VIII pada semester genap.

Tekanan sangat berhubungan dengan gaya dan luas permukaan benda. Gaya adalah tarikan atau dorongan, gaya dapat mengubah bentuk, arah, dan kecepatan benda. Konsep tekanan zat dengan penyebaran gaya pada luas suatu permukaan benda. Apabila gaya yang diberikan pada suatu benda semakin besar, maka tekanan yang dihasilkan juga bertambah besar. Sehingga tekanan adalah gaya yang tegak lurus pada suatu bidang persatuan luas bidang. Satuan pada tekanan adalah N/m2 atau pascal.
Penulis memilih praktik tekanan pada benda dikarenakan pemahaman siswa untuk materi ini mengalami kesulitan. Siswa hanya menghafalkan rumus dan kurang memahami fakta yang sebenarnya. Dalam kegiatan kehidupan sehari-hari banyak hal yang berkaitan dengan tekanan pada zat, namun hal ini tidak disadari.

Baca juga:   Edukasi Covid-19 dengan Pemberian Tugas Menggambar Poster

Selama pandemi Covid-19 dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) tidak ada kendala bagi siswa dalam melaksanakan praktikum. Dalam pelaksanaannya guru membagikan lembar kerja siswa melalui google classroom. Selanjutnya guru menerangkan langkah-langkah praktikum melalui google meet, siswa diberikan kesempatan menayakan hal yang kurang jelas. Pada saat siswa melakukan praktik tekanan pada zat padat siswa merekam dengan video untuk selanjutnya dikirim kepada guru melalui google classroom.

Pelaksanaannya siswa menyiapkan dua keping uang logam dan dua buah plastisin dengan ukuran sedang. Selanjutnya meletakkan keping uang logam pada plastisin. Keping uang logam pertama dengan posisi vertikal, dan keping uang logam kedua diletakkan dengan posisi horizontal. Kedua keping uang logam tadi diberi tekanan yang sama. Setelah itu, ambil semua keping uang logam dari plastisin. Siswa mengamati bekas yang terbentuk pada plastisin, kemudian menerangkan plastisin manakah yang memberikan bekas yang lebih dalam. Pada akhirnya siswa menulis laporan praktikum sesuai dengan apa yang mereka pahami dan lakukan dengan bahasa mereka sendiri. Dengan demikian, praktikum dalam pembelajaran sesuai dengan RPP masa pandemi.

Baca juga:   Melatih Pemahaman Pecahan Menggunakan Lembar Kerja Realistik

Penulis menggarisbawahi kegiatan praktikum dapat meningkatkan motivasi siswa dalam PJJ mapel IPA kelas VIII SMP Negeri 41 Semarang pada konsep tekanan pada zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, dengan memanfaatkan google classroom dan google meet. Siswa sangat antusias melakukan praktikum, pembelajaran tidak membosankan, materi lebih mudah dipahami, komunikasi terjadi dua arah dan ketuntasan belajar memuaskan. (ipa2/ida)

Guru IPA SMP Negeri 41 Semarang.

Author

Populer

Lainnya