Aplikasi Wordwall pada Pembelajaran Struktur Jaringan Tumbuhan

Oleh : Sri Purwati S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PENYELENGGARAAN sistem pendidikan mengalami transformasi dalam berbagai lini kegiatan, termasuk kegiatan pembelajaran yang seluruhnya terpaksa berlangsung secara online. Setiap unsur yang terlibat dalam aktivitas pembelajaran mengalami ketidaksiapan terhadap perubahan spontan di masa pandemi Covid-19. Pelaksanaan sistem pembelajaran pada satuan pendidikan mengalami perubahan bentuk melalui kebijakan pembelajaran dan mengikut pada kebijakan sosial, yaitu instruksi social distancing hingga berujung pada himbauan lockdown.

Dalam melaksanakan pembelajaran daring dengan berbagai keterbatasan kemampuan, sarana dan prasarana berupa handphone, laptop, dan jaringan bagi guru dan peserta didik serta kemampuan yang masih terbatas. Dalam pemanfaatan teknologi, membuat pelaksanaan pembelajaran daring harus tetap diupayakan berjalan agar proses transformasi ilmu pengetahuan kepada peserta didik tidak terganggu.

Menurut Asrorul Mais (2016), media pembelajaran adalah media yang digunakan pada proses pembelajaran sebagai penyalur pesan antara guru dan peserta didik agar tujuan pengajaran tercapai. Pembelajaran daring sebenarnya sejalan dengan teori pembelajaran konstruktivisme dimana pengetahuan peserta didik disusun oleh mereka sendiri melalui proses belajar. Pada zaman era revolusi industri 4.0 saat ini, guru tidak lagi menjadi sumber utama pembelajaran. Hal ini disebabkan karena informasi berkembang pesat dan sangat mudah diakses oleh peserta didik dan pembelajaran melalui daring yang tidak melakukan tatap muka langsung tentunya memiliki berbagai tantangan. Sehingga fokus peserta didik dalam pembelajaran berkurang dan selain itu waktunya pun sangat singkat yang sebenarnya kegiatan pembelajaran terdiri dari kegiatan pembuka, isi, dan penutup menjadi terabaikan.

Baca juga:   Pengajaran Puisi dengan Metode Discovery di Masa Pandemi

Wordwall adalah sebuah aplikasi yang menarik pada browser. Aplikasi ini khusus bertujuan sebagai sumber belajar, media, dan alat penilaian yang menyenangkan bagi peserta didik. Konsep Struktur Jaringan Tumbuhan merupakan materi yang sulit karena banyaknya kosa kata yang menggunakan bahasa Latin/nama ilmiah. Sehingga peserta didik kesulitan dalam menghafalnya. Kompetensi dasar konsep struktur jaringan tumbuhan terbatas pada keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya.

Penggunaan media wordwall konsep Struktur Jaringan Tumbuhan pada pembelajaran daring peserta didik kelas VIII G Semester 1 SMP Negeri 10 Semarang tahun 2020 untuk mengetahui seberapa efektivitas penggunaan aplikasi Wordwall dalam pembelajaran daring (online) ilmu pengetahuan alam (IPA). Analisis hasil penilaian/tes menunjukkan bahwa peserta didik mengalami peningkatan hasil belajar secara konsisten dibandingkan dengan hasil belajar sebelum menggunakan wordwall. Hasil penilaian/tes yang dilaksanakan oleh peserta didik dihasilkan persentase ketuntasan sebesar 88,04 dan sudah 75 persen jumlah peserta didik, sehingga sudah dinyatakan efektif. Sehingga penggunaan media wordwall dalam pembelajaran IPA terbukti dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik pada pembelajaran IPA konsep Struktur Jaringan Tumbuhan. (ipa2/ida)

Baca juga:   Tingkatkan Hasil Belajar Peredaran Darah dengan Guided Discovery Learning

Guru IPA SMPN 10 Semarang

Author

Populer

Lainnya