Tingkatkan Motivasi Belajar Polinomial Siswa melalui SAC

Oleh : Khamidah S.Pd M.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, DIPERLUKAN kreativitas dan inovasi dalam menyiapkan perangkat pembelajaran yang mendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada masa pandemi Covid-19. Untuk menghadapi tantangan tersebut, di SMAN 3 Slawi, Kabupaten Tegal, para guru dituntut untuk dapat mencari alternatif pembelajaran yang dapat digunakan sebagai sistem Belajar Dari Rumah (BDR) yang menyenangkan dan membuat siswa aktif. Salah satunya, guru memilih multimedia pembelajaran interaktif yang efektif, efisien, mudah diakses oleh siswa saat belajar dari rumah.

Sedangkan polinomial merupakan salah satu materi matematika peminatan yang diajarkan di kelas XI MIPA. Materi polinomial yang kompleks akan lebih efektif dan efisien jika dibantu dengan multimedia pembelajaran yang menarik, asyik, dan memotivasi siswa, sehingga siswa lebih bersemangat dalam belajar. Di samping menarik, seyogyanya guru membuat multimedia yang interaktif, sehingga siswa dapat mempelajarinya secara aktif dan mandiri dari rumah. Salah satunya menerapkan aplikasi SAC (Smart Apps Creator). Yaitu perangkat lunak untuk membuat aplikasi-aplikasi multimedia berbasis mobile, desktop dan web. Melalui pengembangannya, SAC dapat dikonversikan menjadi aplikasi mobile Android/IoS, aplikasi desktop serta aplikasi Web HTML5 yang dapat diakses melalui browser (https://e-learning.polban.ac.id/course/index.php?categoryid=15).

Langkah-langkah dalam merancang multimedia pembelajaran interaktif SAC yaitu, pertama, menuliskan karya inovatif (KI), kompetensi dasar (KD), dan tujuan pembelajaran materi polinomial. Kedua, membuat peta konsep. Ketiga, membuat flowchart. Keempat, menginventarisasi aset media yang berupa teks, audio, image, dan video. Kelima, meng-install aplikasi SAC (video tutorialnya dapat dilihat di Youtube), selanjutnya membuat multimedia pembelajaran polinomial sesuai dengan peta konsep yang sudah direncanakan dengan membuka aplikasi SAC, gunakan aset yang ada. Keenam, langkah terakhir, build up Apk atau mengubah file bentuk Ahl menjadi Apk yang siap di-share ke siswa-siswi.

Baca juga:   Asyiknya Belajar Pecahan dengan E-Modul

Multimedia ini terdiri atas section-section yang berisi, starpage, yaitu halaman pembuka. Biasanya diisi dengan judul materi. Kemudian berisi home, yang berisi tentang menu-menu yang akan disajikan. Section selanjutnya diisi dengan KI, KD, dan Tujuan Pembelajaran. Setelah itu, ada section materi yang terdiri atas beberapa sub materi. Kemudian dilanjutkan dengan evaluasi, dimana secara interaktif siswa dapat mengikuti evaluasi dengan menyentuh tombol-tombol yang ada sekaligus dapat mengetahui perolehan hasilnya. Section berikutnya adalah referensi, dan section terakhir adalah developer atau penyusun.
Multimedia SAC dapat dibuat secara offline sehingga siswa dapat menggunakannya tanpa mengeluarkan kuota internet. Untuk men-share multimedia ini sangat mudah. Yaitu dengan share Apk melalui whatsapp, melalui kabel data ke android siswa atau yang lain. Kemudian di-install sehingga aplikasi multimedia pembelajaran polinomial interaktif dengan SAC tersebut siap digunakan di android. Siswa dapat memutar multimedia tersebut secara berulang di androidnya. Multimedia dengan aplikasi SAC ini sangat efektif dan efisien untuk digunakan dalam pembelajaran polinomial. Oleh karena itu, multimedia pembelajaran polinomial berbasis mobile ini sebaiknya dikembangkan untuk materi yang lain. Karena sangat membantu para guru dalam menyampaikan materi pelajaran, baik jarak jauh maupun dekat.

Baca juga:   Pemanfaatan Kemasan Bekas Obat dalam Pembelajaran Membaca Teks Label

SAC merupakan salah satu aplikasi pembuatan multimedia pembelajaran yang berbasis mobile, yaitu suatu model pembelajaran yang melibatkan perangkat (device) bergerak, sehingga siswa dapat mengakses materi pembelajaran tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu, di manapun dan kapanpun mereka berada baik secara daring maupun luring. Multimedia pembelajaran polinomial yang interaktif dan berbasis android ini menjadikan pembelajaran matematika jarak jauh materi polinomial lebih menarik, dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, sehingga siswa asyik dan nyaman dalam belajar. Dengan demikian, hasil belajar siswa dalam materi polinomial meningkat pula. (gb2/ida)

Guru Matematika SMAN 3 Slawi, Kabupaten Tegal.

Author

Populer

Lainnya