Meningkatkan Pemahaman Perencanaan Karir melalui Layanan Informasi Karir dengan Google Meet

Oleh: Dra. Kartilah, Kons

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PERENCANAAN karir yang matang bisa membantu seseorang untuk lebih mengenal dan memahami bakat, minat yang dimiliki dan perlu dimiliki oleh setiap individu termasuk peserta didik di sekolah. Perencanaan karir berguna untuk pemilihan jenis studi lanjut, pemilihan rencana pekerjaan.

Perencanaan karir merupakan salah satu aspek yang penting dalam perkembangan karir individu.Sebelum melakukan pengambilan keputusan karir.
Sukardi (dalam Falendini, dkk 2013:311) mengemukakan “ perencanaan karir merupakan proses seseorang individu untuk memilih dan memutuskan karir yang hendak dijalaninya yang berlangsung seumur hidup”.

Dalam Undang-Undang Republik Indonesia tahun 2003 No 20 pasal 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional menentukan. Layanan bimbingan konseling di sekolah bertujuan untuk membantu mengoptimalkan perkembangan siswa dan membantu memcahkan permasalahan siswa dalam berbagai bidang pelayanan. Bidang layanan dalam bimbingan konseling terdri dari bidang pribadi, sosial, belajar, dan karir.

Bimbingan karir menitik beratkan pada perencanaan kehidupan seseorang dengan mempertimbangkan keadaan individu dengan lingkungan agar dapat memperoleh pandangan positif ke depan. Dengan demikian bimbingan karir berperan penting dalam meningkatkan perencanaan karir peserta didik. Karir merupakan suatu keseluruhan kehidupan seseorang dalam perwujudan diri untuk menjalani hidup dan mencapai tujuan dan individu harus memiliki kekuatan yang dimiliki dalam penguasaan kemampuan .. Perencanaan karir merupakan salah satu aspek yang paling penting dalam perkembangan karir individu. Kecakapan dalam mengambil keputusan.

Baca juga:   Torso Permudah Belajar Alat Gerak pada Manusia

Kenyataan seperti peserta didik di SMA Negeri 1 Ambarawa sebagian masih ada yang merasakan bingung, ragu dalam memilih karir untuk masa depan, juga belum bisa mencapai tugas perkembangan karir secara maksimal, belum memiliki kesiapan membuat keputusan karir yang tepat bagi masa depan. Fakta ini menyatakan bahwa banyak remaja mengalami kebimbangan, ketidaksiapan dan stres dalam pembuatan keputusan karir.

Keadaan demikian bila terus dibiarkan akan mengakibatkan dampak negatif. pemilihan studi lanjut secara asal, pemilihan kerja tidak sesuai bakat, tanpa yang akan menjerumuskan pada kegagalan karir. Upaya mengatasi permasalahan tersebut, perlu dilakukan suatu langkah tertentu untuk memberikan layanan kepada para peserta didik agar dalam perencanaan karir dapat mantap, tidak ada keraguan lagi dalam menentukan keputusanya.

>Dampak dari pandemi Covid – 19 , mengharuskan bekerja, belajar, ibadah dilakukan dari rumah, tak kalah pentingnya kegiatan layanan bimbingan konseling harus dilaksanakan secara daring juga. Sebagai upaya agar pendampingan peserta didik dapat berjalan dengan lancar, tetap mendapatkan bimbingan, maka ditempuhlah layanan tersebut dalam menyampaikan pemahaman informasi karir dilakukanya dengan media aplikasi Google Meet. Google Meet merupakan aplikasi yang dapat mempertemukan Guru BK / Konselor Sekolah dengan peserta didik secara virtual dan merupakan aplikasi meet pertemuan secara online tetap dapat berhubungan dalam menyampaikan rapat/ informasi tanpa terputus- putus yang dilakukan upaya dengan Pemahaman bakat, minat peserta didik tentang dirinya sendiri. Program bimbingan karir untuk kelas sepuluh hingga kelas dua belas diberikan berdasarkan kebutuhan dari peserta didik. Adanya orientasi tentang sistem belajar di perguruan tinggi. Program bimbingan karir diprogramkan di awal dalam rentang siswa masih kelas X hingga kelas XII. Program bimbingan karir tersusun integral dalam layanan bimbingan dan konseling. Guru BK/ Konselor Sekolah, hendaknya dapat menerapkan program bimbingan karir dan pelayanan informasi karir yang inovatif. Guru BK / Konselor Sekolah melakukan pengembangan layanan bimbingan karir yang lebih ramah supaya peserta didik merasakan kenyamanan.

Baca juga:   Mengatasi Sampah Plastik di Sekolah dengan Ecobrick

Melalui layanan informasi karir dengan aplikasi google Meet, diharapkan akan dapat memberikan pengaruh dalam peningkatan perencanaan karir peserta didik, seperti yang sudah dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ambarawa, dapat memberikan dampak positif untuk para peserta didik yaitu Peserta didik akan lebih memahami bakat, minat yang dimiliki. Menumbuhkan keyakinan, kesiapan dalam memilih karir secara lebih matang. Menambah wawasan dalam pemilihan program studi yang cocok dengan kemampuanya. Memberikan gambaran karakteristik, persyaratan, kemampuan, keterampilan yang dibutuhkan dalam pekerjaan, prospek pekerjaan untuk masa depan karirnya. Guru BK hendaknya dapat menerapkan program bimbingan karir dan informasi karir yang inovatif, ramah anak sehingga anak merasakan nyaman. (gb2/zal)

Guru BK SMAN 1 Ambarawa

Author

Populer

Lainnya