Masa Pandemi Saatnya Berinovasi

Oleh: Sri Suharyanti, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, CORONAVIRUS Disease 2019 (Covid-19) terjadi di Indonesia sekitar awal Maret 2020. Virus yang diyakini berasal dari China itu begitu dahsyat pengaruhnya terhadap kehidupan manusia. Hal baru terasa dengan munculnya pendemi covid-19. Covid-19 sangat mempengaruhi tatanan negara dalam segala bidang, seperti bidang ekonomi, kesehatan, pendidikan dan lain sebagainya.

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dicanangkan oleh pemerintah pada masa pandemi Covid-19 sangat dinamis. Melaului Surat Edaran Mendikbud nomor 4 tahun 2020, maka pembelajaran dilaksanakan dengan jarak jauh untuk mencegah meluasnya penyebaran virus corona. Surat edaran tersebut menghimbau kepada seluruh instansi pendidikan dan pendidik untuk memberikan pengalaman belajar kepada siswa, memberikan kecakapan hidup terutama dalam menangani atau menjaga diri dari virus corona. Siswa diusahakan tidak terbebani dengan tuntutan kurikulum, kenaikan kelas dan kelulusan. Guru hendaknya mampu memberikan aktivitas dan tugas pembelajaran kepada siswa sesuai dengan kondisi siswa, karena kemampuan dan fasilitas yang dimiliki oleh siswa tentu sangat beragam.

Pembelajaran Jarak Jauh merupakan pembelajaran dimana proses pengajaran terjadi secara terpisah dari proses belajar sehingga komunikasi antara tenaga pengajar dan siswa harus difasilitasi dengan bahan cetak, media elektronik dan media-media yang lain (Moore, 1973). Inovasi yang saya terapkan dalam pembelajaran di MAN 2 Bantul antara lain: pertama, pembuatan video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi kine master. Aplikasi kine master ini cukup mudah untuk dipraktikkan, karena tidak harus menggunakan laptop atau personal computer (pc) dalam pembuatan bahan ajar. Video pembelajaran dapat dibuat dengan menggunakan hand phone (hp) yang memiliki spesifikasi cukup. Hp yang memiliki spesifikasi cukup bahkan tinggi lebih mudah untuk menambahkan layer pada pembuatan video, sehingga lebih menarik tampilan video yang dihasilkan.

Baca juga:   Asyiknya Belajar tentang ASEAN dari Rumah dengan Aplikasi Kuis

Kedua, membuat video pembelajaran dengan aplikasi Filmora. Pembuatan video dengan Filmora hamper sama dengan pembuatan video dengan kine master, namun filmora menggunakan laptop atau pc. Hasil video dengan filmora juga akan lebih bagus.

Ketiga, membuat elektronik modul (e-modul). E-modul ini akan lebih menarik bagi siswa disbanding dengan modul biasa, karena gambar-gambar, video yang ditampilkan dalam e-modul lebih “hidup” dan berwarna-warni. Soal-soal atau penugasan yang disajikan dalam e-modul juga dapat dibuat lebih interaktif dengan menggunakan aplikasi yang menarik.

Inovasi dan kreativitas guru dalam proses belajar mengajar selama masa pandemi, tentu tidak dapat dilakukan dengan mudah. Guru harus mau untuk belajar dan berlatih sehingga mampu menghasilkan inovasi dan menyajikan tugas yang menyenangkan dan menantang bagi siswa. Guru dapat mengikuti berbagai diklat dan webinar pendidikan yang mendukung pengembangan potensi guru untuk lebih baik dan maju. Diklat dan webinar yang diikuti tentu akan memberikan wawasan, pengalaman dan ketrampilan kepada guru sehingga guru mampu mempraktikkan dalam pembelajaran di kelas maya yang harus diampu.

Baca juga:   Manfaatkan Google Form, Tingkatkan Pembelajaran PJOK di Era Pandemi

Respon siswa MAN 2 Bantul terhadap inovasi pembelajaran jarak jauh dengan berbagai ragam metode pembelajaran sangat bagus. Mereka merasakan pembelajaran yang menyenangkan, merasa tidak jenuh dengan pembelajaran biasanya. (ipa1/zal)

Guru MAN 2 Bantul Yogyakarta

Author

Populer

Lainnya