Mudah Pahami Materi Bangun Datar Segiempat dan Segitiga dengan Puzzle

Oleh : Muawanah S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, BELAJAR merupakan perjalanan yang tidak pernah berakhir dalam pembinaan dan pemahaman diri. Analisis serta perbaikan cara-cara belajar dituntut agar tetap berlangsung berkesinambungan. Kemampuan untuk menganalisis dan memperbaiki cara belajar dan berpikir perlu dilakukan secara sadar, dan seharusnya tidak berhenti belajar, tidak berhenti menginplementasikan hasil belajar itu (Sindhunata, 2000:115).

Perubahan cara dan sistem dalam proses belajar mengajar di sekolah akan berpengaruh terhadap sikap dan kebiasaan belajar siswa. Sikap positif terhadap matematika membuat siswa mengerti terhadap matematika, melihat matematika itu indah dan sikap seperti itu akan mendorong siswa untuk mempelajarinya (Russefendi, 1980:131).

Matematika berfungsi mengembangkan kemampuan menghitung, mengukur, menurunkan, dan menggunakan rumus matematika yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari melalui materi aljabar, geometri, logika matematika, peluang, dan statistika. Matematika berfungsi mengembangkan kemampuan mengomunikasikan gagasan melalui model matematika yang dapat berupa kalimat dan persamaan matematika, diagram, grafik, atau tabel.

Pada hakikatnya, matematika sebagai salah satu ilmu eksak mengharuskan para siswa untuk benar-benar mengerti dan menguasai materi. Karena alasan inilah, sebagian besar siswa mengambil kesimpulan bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit, sukar dipahami, dan tidak sedikit siswa kelas VII SMP Negeri 8 Salatiga yang menjadikan matematika sebagai pelajaran yang paling ditakuti, jika dibandingkan pelajaran lain. Hal ini diketahui dari keluhan beberapa siswa. Di antaranya, metode penyampaian materi yang kurang menarik, pengelolaan kelas yang kurang mendukung, kurang terprogram menyampaikan materi, kurangnya konsentrasi siswa dalam menerima pelajaran, serta faktor kurangnya latihan. Akibatnya, siswa sulit mendapatkan nilai yang memuaskan, dan mengakibatkan siswa-siswi minim mendapatkan prestasi.

Baca juga:   TTSM Alternatif Penilaian Pengetahuan Matematika Peserta Didik

Pembelajaran online membutuhkan kesabaran seorang guru dalam mengajarkan berbagai materi. Untuk mempelajari materi bangun datar segiempat dan segitiga di kelas VII SMP Negeri 8 Salatiga dibutuhkan cara yang praktis agar siswa dapat memahaminya dengan baik, antara lain pemberian materi dalam bentuk video pembelajaran, ringkasan materi beserta contoh soal dan penyelesaiannya, serta dilengkapi dengan latihan soal. Ternyata latihan soal yang diberikan belum tentu direspon baik oleh siswa, hanya beberapa siswa yang mau mengerjakan soal tersebut. Hal ini disebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan, atau siswa malas untuk mempelajari materi secara mandiri, atau siswa disibukkan dengan kegiatan non pembelajaran misalnya bermain kerumah teman, bermain game atau membantu orang tuanya. Mungkin juga ketika pembelajaran siswa belum terbangun dari tidurnya dan orang tua tidak membangunkan. Agar siswa merasa enjoy dalam belajar, maka guru memberikan tugas untuk melatih keterampilan mereka dengan pembuatan puzzle yang merupakan rangkaian dari beberapa bangun datar.

Puzzle adalah permainan yang menyusun suatu gambar atau benda yang telah dipecah menjadi beberapa bagian. Cara memainkan puzzle adalah memisahkan kepingan–kepingan yang dipisahkan lalu digabungkan kembali dan membentuk sebuah gambar. Puzzle dapat diartikan sebagai alat permainan edukatif yang bisa digunakan oleh anak-anak untuk belajar (Anggani Sudono:2000). Selain untuk mempelajari materi tentang bangun datar segiempat dan segitiga, agar tidak membosankan diharapkan siswa dapat bermain. Setiap anak diharapkan membuat 1 puzzle (bahan dan ukuran bebas), pengumpulan puzzle sekaligus praktik dari sebagian siswa pada saat PTM (pembelajaran tatap muka) terbatas. Dari tugas tersebut, ternyata siswa dapat membedakan sifat-sifat bangun datar segiempat dan segitiga, mereka dapat menghitung luas dan keliling masing-masing bangun datar penyusun dan menjadi lebih paham tentang bangun datar segiempat dan segitiga. Hal itu disebabkan siswa tidak hanya melihat tetapi dapat mengamati sehingga tahu sifat masing-masing bangun datar, mengukur dan menghitung baik keliling ataupun luasnya. (ss1/ida)

Baca juga:   Belajar Tata Tertib dan Aturan Mudah dengan Metode Think Pair Share

Guru SMP Negeri 8 Salatiga

Author

Populer

Lainnya