Mind Mapping Tingkatkan Ketrampilan Membaca

Oleh : Yeny Richa Rahmawati, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Penguasaan keterampilan membaca mutlak diperlukan siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Para siswa banyak yang belum menguasai teks bahasa Inggris dengan baik. Mereka tidak mengerti apa isi dari teks atau bacaan yang telah dibacanya walaupun mereka telah bertahun-tahun belajar bahasa Inggris. Hal ini terbukti dari rendahnya hasil ulangan harian, ulangan akhir semester, try out ujian nasional (UN), serta hasil Ujian Nasional (UN).

Siswa mengalami kesulitan ketika membaca teks bahasa Inggris khususnya narrative text dan report text. Kendala utama adalah banyak siswa yang belum menguasai kosakata yang tersaji dalam teks. Sehingga mereka tidak bisa memahami teks serta kesulitan dalam menjawab pertanyaan tentang teks tersebut. Dengan demikian, guru dirasa perlu untuk menemukan metode pembelajaran apa yang tepat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa.

Untuk dapat memahami isi suatu bahan bacaan dengan baik diperlukan adanya kemampuan membaca pemahaman yang baik pula. Reading comprehension (membaca pemahaman) sangat perlu diajarkan kepada siswa untuk memahami isi teks lebih mendalam. Mereka perlu dilatih dan dibiasakan membaca teks/bacaan yang berbahasa Inggris melalui berbagai macam metode atau strategi, sehingga mereka mampu memahami bacaan tersebut dengan cepat dan tepat tanpa selalu membuka kamus agar dapat menjawab pertanyaan dalam teks dengan benar dan tepat.

Baca juga:   Modelling Writing Tingkatkan Kemampuan Menulis Teks Recount

Penulis mempertimbangkan bahwa metode mind mapping (peta pikiran) bisa menjadi sebuah metode alternatif untuk siswa ketika mereka melakukan reading comprehension. Metode ini dikembangkan oleh Tony Buzan. Buzan (2012:4) mengungkapkan, mind mapping merupakan cara termudah untuk menempatkan informasi kedalam otak dan mengambil informasi keluar dari otak. Aktivitas menggambar mind mapping yang membuat otak lebih mudah untuk menerima dan mengingat secara visual daripada catatan yang monoton. Metode ini menjadi sebuah metode yang akan membantu siswa untuk mengorganisasi ide mereka tentang teks yang telah dibaca dengan membuat skema, sehingga mereka bisa memahami teks dengan mudah. Dalam metode ini, siswa secara aktif mengingat ide atau memahami informasi tertulis dari teks melalui pola garis, kata kunci atau simbol sehingga melibatkan kedua belah otak untuk berpikir. Jadi, di samping sangat menarik untuk diterapkan dalam pembelajaran reading comprehension, metode ini dapat merangsang daya pikir siswa sehingga siswa termotivasi memahami bacaan dan dapat mencegah kebosanan dalam mengikuti proses pembelajaran.

Buzan (2012:15) mengemukakan ada tujuh langkah untuk membuat mind mapping. Pertama, memulai dari bagian tengah kertas kosong yang sisi panjangnya diletakkan mendatar. Kedua, menggunakan gambar atau foto untuk ide sentral. Ketiga, menggunakan warna yang menarik. Keempat, menghubungkan cabang-cabang utama ke gambar pusat dan hubungkan cabang-cabang tingkat dua dan tingkat tiga ke tingkat satu dan dua dan seterusnya. Kelima, membuat garis hubung yang melengkung, bukan garis lurus. Karena garis lurus akan membosankan otak. Cabang-cabang yang melengkung dan organis seperti cabang-cabang pohon jauh lebih menarik bagi mata. Keenam,menggunakan satu kata kunci untuk setiap garis. Ketujuh, menggunakan gambar.

Baca juga:   Keterampilan Membaca dapat Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa

Dengan memperhatikan cara-cara membuat mind mapping dan menerapkannya dalam pembelajaran itu, siswa dapat berlatih mengembangkan otaknya secara maksimal dan memetakan pengetahuannya sendiri dengan mudah. Itu disebabkan karena setiap catatan yang dibuat oleh masing-masing siswa bersifat unik sehingga mudah dipahami oleh mereka sendiri. Pada akhirnya ketika siswa sudah bisa memahami teks atau bacaan, maka mereka tentu bisa menjawab pertanyaan dengan mudah dan benar. Hasilnya tentu saja ditandai dengan bagusnya nilai yang mereka dapatkan. (bs2/ton)

Guru Bahasa Inggris SMPN 4 Salatiga.

Author

Populer

Lainnya