Hormat dan Taat terhadap Orang Tua

Oleh : Elok Faiqohimah, S.Ag

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Kewajiban anak terhadap orang tua adalah hormat dan taat kepada keduanya, bapak dan ibu. Mereka adalah orang yang paling berjasa dalam kehidupan kita, karena tanpa kehadiran mereka, kita tidak akan lahir ke dunia ini.
Perilaku hormat dan taat menjadi keharusan bagi seorang anak sebagai birrul walidain, taat kepada orang tua merupakan bagian dalam etika Islam yang menunjukkan tindakan kebaktian.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia arti hormat adalah menghargai (takzim, khidmat, sopan) dan arti taat adalah senantiasa tunduk (kepada Tuhan, pemerintah, dsb). Jadi hormat dan taat kepada orang tua diartikan menghargai dan mematuhi semua yang di perintahkan orang tua selama bukan hal maksiat.

Keadaan remaja masa kini mulai luntur dengan akhlakul karimah, misalnya melawan orang tua seperti tidak pamit saat keluar, tidak mendengar nasihat orang tua, berbuat seenak hati sendiri dan lain sebagainya.

Dalam QS Al Isra/17:23 Allah SWT berfirman yang artinya “Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia, dan hendaknya berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang dari keduanya atau dua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik. “

Baca juga:   Pembelajaran Daring Materi Gerak Tumbuhan dengan Youtube

Pada surah ini memerintahkan larangan berbuat syirik dan berbakti kepada orang tua. Akhlak anak terhadap orang tua dalam kandungan QS Al Isra/17: 23 terdiri dari lima macam yaitu larangan mengatakan perkataan uffin “ah” , larangan membentak dengan kata-kata yang kasar, bertutur kata yang sopan, bersikap tawadhu dan mendoakan orang tua baik masih hidup maupun sudah meninggal dunia.

Perilaku hormat dan taat kepada orang tua bisa dilakukan dengan banyak hal seperti membantu meringankan pekerjaan orang tua dengan mencuci pakaian sendiri, membersihkan rumah, belajar dengan tekun, menjaga etika dan sopan santun baik ucapan, perbuatan dan berdoa, dan lain sebagainya.

Dalam setiap kegiatan, terutama perihal penting seperti bepergian menuntut ilmu, berjihad atau melakukan perjalanan usaha dan lain-lain sebagainya, sangat lah penting untuk memnita ridha dari orang tua lebih dahulu.

Hal ini disebabkan berkah Allah SWT beriringan dengan ridha orang tua, sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW : Ridha Allah terletak ridha orang tua dan murka Allah SWT terletak pada kemurkaan orang tua.” (HR. Baihaqi).
Islam mengajarkan umatnya untuk hormat dan taat kepada kedua orang tua. Taat dan bakti kepada orang tua merupakan salah satu akhlakul karimah yang di ridhoi oleh Allah SWT.

Baca juga:   Peningkatan Hasil Belajar Kimia dengan Metode Drill

Menghormati orang tua sangat ditekankan dalam Islam. Banyak ayat dalam Al-Qur’an yang menyatakan bahwa segenap mukmin harus berbuat baik dan menghormati orang tua.

Selain itu terdapat tiga hal yang dapat dilakukan untuk menyatakan sikap hormat dan taat pada orang tua sebagaimana dikutip dari uraian Hormati dan Sayangi Orang Tua dan Gurumu yang diterbitkan oleh Kemendikbud.

Pertama, seorang anak berkewajiban menaati perintah orang tua kecuali dalam perkara maksiat. Kedua, seorang anak berkewajiban menjaga amanah yaitu diberikan orang tua baik itu harta yang dititipkan atau harta yang diberikan kepadanya. Ketiga, membantu dan menolong orang tua apabila mereka dibutuhkan. Sehingga muslim yang baik tentunya kita memiliki kewajiban untuk berbakti kepada kedua orang tua. (ag1/lis)

Guru SMK Negeri 1 Ampelgading

Author

Populer

Lainnya