Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi dengan Metode Demonstrasi

Oleh: Marifatul Khasanah,S.Pd.SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PEMBELAJARAN diartikan sebagai proses belajar yang dibangun guru untuk mengembangkan kreativitas berfikir yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir siswa. Pembelajaran juga dapat meningkatkan kemampuan untuk meningkatkan penguasaan yang baik terhadap materi pelajaran.

Namun pada kenyataannya kadang siswa mengalami kesulitan pembelajaran. Seperti kesulitan dalam membaca puisi yang baik. Sebagian besar siswa mengalami kesulitan untuk membaca puisi. Siswa terkesan membaca puisi apa adanya, artinya membaca puisi tidak layaknya orang membaca puisi. Intonasi, lafal, penghayatan maupun penampilan sangat kurang. Jarang terlihat siswa yang membaca puisi dengan memperhatikan tinggi rendah dan keras lembut volume suara dalam bacaannya. Terkadang jarang siswa dengan kemauan sendiri tampil di depan kelas. Penghayatan saat tampil membaca puisi di depan kelas masih kurang. Tercermin dari ekspresi siswa saat membaca puisi. Hasilnya siswa membaca puisi dengan semaunya dan tidak bersungguh-sungguh.

Permasalahan-permasalahan tersebut menunjukkan kualitas proses dan hasil pembelajaran kemampuan membaca puisi masih kurang optimal. Dari masalah inilah muncul ide bagaimana cara meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa di SD Negeri 1 Wolo Kecamatan Penawangan. Oleh karena itu diperlukan perbaikan yang dapat mendorong seluruh siswa untuk dapat memahami dan menghayati puisi yang akan dibacanya agar mampu membaca puisi tersebut dengan indah.

Baca juga:   Tingkatkan Pembelajaran IPA dengan Metode Demonstrasi

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan metode demonstrasi. Metode demonstrasi adalah metode yang digunakan untuk memperlihatkan sesuatu proses atau cara kerja suatu benda yang berkenaan dengan bahan pelajaran ( Syaiful Bahri Djamarah 2000:44 ). Meskipun sebenarnya telah lama dikenal, tetapi sebagian guru masih merasa asing sehingga ragu untuk menerapkan metode ini. Seorang guru patut memahami metode demonstrasi dengan seksama. Sebab, selain dapat menjadi alternatif dalam melaksanakan proses pembelajaran, sesungguhnya metode ini mengajak siswa untuk lebih aktif mengamati dan memahami suatu pelajaran. Tidak hanya itu, metode demonstrasi membuat pelajaran disajikan secara lebih menarik sehinnga peserta didik antusias dalam belajar. Melalui proses pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, informasi yang diberikan guru dapat lebih mudah dicerna dan dipahami oleh siswa. Dampak positif dari hal tersebut tentu saja materi pelajaran yang diberikan guru lebih cepat dipahami.

Penerapan metode demonstrasi sangat penting dilakukan dalam pembelajaran puisi mata pelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Peran metode demonstrasi adalah untuk memberikan pengalaman belajar melalui perbuatan melihat dan mendengarkan diikuti dengan meniru pekerjaan didemonstrasikan. Dengan menggunakan teknik metode demonstrasi pada pelajaran puisi, siswa dapat dengan mudah untuk meniru dan memahami teknik dalam membaca puisi di sekolah.

Baca juga:   Pembelajaran Alquran Hadits Penyakit Hati “Riya” dengan Metode Demonstrasi

Dalam metode demonstrasi ini guru memberikan contoh membaca puisi yang baik dan benar, dengan memperlihatkan penjiwaan, ekspresi, dan keatraktifan dalam membaca puisi, sehingga puisi tersebut seolah-olah hidup saat dibaca. Setelah itu siswa diminta untuk memperhatikan dan memahami puisi yang diberikan oleh guru menggunakan teknik membaca puisi yang baik dan benar. Siswa juga diminta untuk bisa membacakan puisi dengan menggunakan teknik yang diajarkan guru. Keindahan puisi dapat terlihat ketika seseorang mampu membacanya dengan baik, sehingga pendengar puisi akan merasakan kenikmatan dan kepuasan saat puisi tersebut dibaca. Terlihat setelah menggunakan metode demonstrasi ketrampilan membaca puisi siswa meningkat, siswa merasa senang membaca puisi, dan dapat memberikan suasana yang menyenangkan. (ips1/zal)

Guru SDN 1 Woloo, Grobogan

Author

Populer

Lainnya