Quizziz sebagai Solusi Media Pembelajaran Menyenangkan di Masa Pandemi

Oleh : Elya Khairunisa, S.Kom.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pada Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 pasal 40 ayat 2 disebutkan bahwa pendidik dan tenaga pendidik berkewajiban menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis, dan dialogis. Kegiatan pembelajaran di sekolah menjadi inti dari penyelenggaraan proses pendidikan di mana guru mengarahkan berbagai aktivitas belajar peserta didik agar tercapai tujuan pembelajaran. Salah satu upaya untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dapat dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran. Arsyad (2013: 10) menyampaikan bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi dalam proses belajar mengajar sehingga dapat merangsang perhatian dan minat siswa dalam belajar. Lebih lanjut Gagne dan Briggs (1975) dalam Arsyad (2013: 4) secara eksplisit mengatakan bahwa media pembelajaran meliputi alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi pengajaran.

Begitupun di masa sekarang, saat pandemi Covid-19, kegiatan belajar mengajar pada semua jenjang dilakukan di rumah masing-masing dan dilakukan melalui media daring (online), Guru tetap harus berupaya untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Pembelajaran melalui daring yang tidak melakukan tatap muka langsung tentu memiliki berbagai tantangan diantaranya berkurangnya motivasi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran. Untuk itu perlu adanya suatu media yang menarik yang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Untuk itu penulis memberikan bimbingan TIK pada siswa kelas VIII SMP N 1 Karanganyar, Kab. Pekalongan pada materi fungsi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah angka menggunakan aplikasi Quizizz. Aplikasi quizizz adalah salah satu media aplikasi pembelajaran daring yang menyenangkan dapat diakses oleh siswa dan guru secara mudah. Aplikasi pembelajaran online yang memanfaatkan media interaktif berupa web tool untuk membuat permainan berbentuk kuis sehingga dapat digunakan sebagai evaluasi pembelajaran di kelas online oleh guru secara praktis (Agustina dan Rusmana, 2020).

Baca juga:   Menulis Puisi dengan Senang Hati

Penggunaan media pembelajaran online yang interaktif akan menambah semangat siswa dalam pembelajaran dan belajar menjadi lebih menyenangkan. Aplikasi quizziz menjadi aplikasi pemanfaatan evaluasi pembelajaran yang mudah diakses oleh guru dan peserta didik dalam hal mengetahui peningkatan konsentrasi belajar siswa secara online di rumah. Dengan menggunakan Quizizz akan lebih berkesan karena lebih santai. Kondisi pikiran yang santai dan rileks akan membuat memori otak menjadi kuat, sehingga daya ingat pun meningkat. Pada kuis interaktif yang dibuat, ada 4 pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar, pada latar belakang pertanyaan dapat ditambahkan gambar. Apabila pembuatan kuis ini telah selesai, peserta didik dapat login ke kuis tersebut dengan kode yang kita bagikan, atau login melalui link yang kita bagi. Quizizz ini sangat menarik karena dapat langsung diakses melalui browser, juga dapat diunduh melalui playstore. Dalam Quizizz ini, guru dapat menentukan waktu pengerjaan ditiap item soal, dapat mengetahui jumlah peserta didik yang sudah login, mengetahui hasil peserta didik, menyimpan, mencetak, serta mengirimkan hasil tugas peserta didik kepada orangtua dalam bentuk file Excel. Langkah mengerjakan kuis dalam aplikasi quizizz juga sangat mudah antara peserta didik membuka link join quizizz yang telah dibagikan oleh guru melalui WA grup, kemudian masukkan digit kode yang diberikan oleh guru dan klik start untuk memulai.

Baca juga:   Pembelajaran IPS Materi Proklamasi Kemerdekaan Menyenangkan dengan Sosiodrama

Dari penerapan penggunaan media penilaian Quizizz di kelas VIII SMP N 1 Karanganyar dalam materi fungsi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah angka diperoleh hasil yang signifikan dibandingkan dengan penggunaan penilaian berupa soal pilihan ganda atau uraian biasa. Peserta didik lebih termotivasi untuk aktif mengikuti pembelajaran secara Online. (gb1/ton)

Guru Bimbingan TIK SMP Negeri 1 Karanganyar, Kab. Pekalongan.

Author

Populer

Lainnya