Media Lagu Meningkatkan Ketrampilan Menulis Puisi Siswaku

Oleh: Wakhidatun Niswah, M.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Keterampilan menulis memiliki peranan penting dalam kehidupan siswa, karena melalui sebuah tulisan akan dapat menuliskan atau menurunkan lambang-lambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahaminya. Menulis merupakan suatu representasi bagian dari kesatuan-kesatuan ekspresi bahasa yang mana dengan menulis siswa dapat mengungkapkan ide maupun perasaannya kepada orang Iain

Salah satu bentuk keterampilan menulis adalah menulis puisi. Puisi merupakan ungkapan perasaan, pikiran dan pengalaman seseorang. Dalam menulis puisi terdapat pesan moral yang mempunyai hikmah dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan daya apresiasi siswa dan menimbulkan rasa penghayatannya terhadap nilai-nilai seni yang terkandung dalam karya tersebut. Pemilihan media yang sesuai akan dapat meningkatkan ketrampilan siswa Sekolah Dasar dalam menulis puisi.

Lagu, selain sebagai sarana informasi juga sebagai sarana edukasi karena lagu dapat digunakan sebagai media dalam pembelajaran di sekolah karena lagu merupakan salah satu bentuk karya seni. Penciptaan lagu dapat memberikan kesenangan juga berharap bagi para penikmat dapat mengerti maksud yang terkandung dalam lagu tersebut yang merupakan jalinan komunikasi.

Dalam pembelajaran menulis puisi, siswa seringkali merasa kesulitan untuk menuangkan ide/gagasan untuk menulis sebuah puisi sederhana. Hal ini bisa disebabkan karena siswa kesulitan dalam menentukan topik puisi yang akan dibuat, pilihan kata yang digunakan kurang tepat, serta kesulitan berimajinasi atau menggunakan idenya untuk menuangkannya ke dalam bentuk tulisan. Demikian halnya yang terjadi di kelas V SDN Kendaldoyong 2.

Baca juga:   Upaya Pencegahan Tindakan Kekerasan Terhadap Siswa di Sekolah

Untuk mengatasi hal tersebut penulis mencoba menggunakan media lagu berupa alunan syair yang indah untuk merangsang daya pikir siswa agar mampu menuangkan ide, gagasan dalam bentuk tulisan. Media audio lagu digunakan sebagai media pembelajaran. Media lagu berupa lirik lagu yang diperdengarkan kepada siswa digunakan sebagai alat bantu pembelajaran dalam menulis puisi. Berdasarkan hasil pengamatan saat proses pembelajaran, penggunaan media lagu sangat menarik bagi siswa. Hal tersebut terbukti dengan antusiasme siswa untuk mengikuti pembelajaran. Setelah pemutaran lagu dilakukan, siswa dapat mengembangkan imajinasinya dalam bentuk tulisan. Selain itu, pemutaran lagu membuat siswa sangat efektif dalam pembelajaran. Ditinjau dari hasil tes keterampilan menulis puisi yang diberikan kepada siswa, hasil tes dengan menggunakan media lagu lebih tinggi dibandingkan dengan sebelum menggunakan media lagu.

Kelebihan dari media ini adalah pertama, bisa diputar berulang-ulang sesuai kebutuhan siswa, kedua, lagu dapat dihapus dan digunakan kembali, ketiga, mampu mengembangkan imajinasi siswa, keempa,t sangat efektif untuk pembelajaran bahasa, kelima, penggandaann programnya sangat mudah sehingga bisa diberikan kepada setiap anak didik. Adapun kelemahan dari media ini yaitu daya jangkaunya terbatas dan biaya penggandaan alatnya relatif lebih mahal apabila menggunakan kaset atau CD.

Baca juga:   Tingkatkan Hasil Belajar Materi Gaya dengan Model SAVI

Berdasarkan hasil analisis diperoleh gambaran tentang keterampilan menulis puisi menggunakan media lagu siswa kelas V SDN Kendaldoyong 2 ada temuan positif. Pertama, siswa sudah mampu menulis puisi dengan menggunakan media lagu yang didengar; kedua, siswa lebih tertarik menulis puisi dengan menggunakan media lagu daripada tanpa menggunakan media lagu. Hal ini dibuktikan dengan niIai rata-rata yang diperoIeh siswa menuIis puisi dengan menggunakan media lagu lebih tinggi daripada tanpa menggunakan media.

Dengan demikian dapat diambil kesimpulan, bahwa media lagu dapat meningkatkan ketrampilan siswa dalam menulis puisi. Terbukti dengan antusiasme dan peningkatan kemampuan siswa dalam ketrampilan menulis puisi. OIeh karena itu, media lagu dapat digunakan sebagai salah satu aIternatif media pembelajaran daIam menulis puisi. (agu1/ton)

Guru Kelas VI SDN Kendaldoyong 2, Wonosalam, Demak

Author

Populer

Lainnya