Peningkatan Minat Belajar Materi Baru Sitar Berbantu Media Google Sketchup

Oleh : Sudarto, S.Pd, S.AB

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Media pembelajaran digunakan untuk memperjelas pesan agar tidak verbalistis sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep pada peserta didik. Ketidaksesuaian media pembelajaran terhadap materi menyebabkan proses pembelajaran kurang berhasil. Misalnya papan tulis untuk menjelaskan konsep bangun ruang sisi datar (baru sitar) kurang tepat, karena papan tulis merupakan media dua dimensi sehingga kurang tepat jika digunakan untuk menyampaikan materi tiga dimensi.

Menurut Rusyan (dalam Supriyono.2018:45), pada prinsipnya media itu dipakai dalam proses pembelajaran dengan maksud untuk membuat cara berkomunikasi yang lebih efektif dan efisien. Seperti yang dialami di SMP Negeri 35 Semarang, saat belajar matematika materi baru sitar masih banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam mempelajarinya. Untuk memvisualkan pembelajaran baru sitar maka penulis menggunakan media google sketchup.

Pada pembelajaran baru sitar, sulit bagi peserta didik jika hanya mengandalkan selembar kertas untuk menggambar bangun-bangun datar. Oleh sebab itu, untuk menjembatani peserta didik memvisualisasikan konsep baru sitar, diperlukan media salah satunya google sketchup yang mampu memvisualisasikan bangun ruang dalam bentuk dua dimensi maupun tiga dimensi, sehingga konsep – konsepnya terlihat lebih jelas.

Baca juga:   Belajar IPS Lebih Menyenangkan dengan Kuis

Media pembelajaran dengan google sketchup ini menampilkan obyek – obyek bangun ruang sisi datar dalam bentuk video sesuai dengan kebutuhan atau persoalan pada materi baru sitar. Sehingga peserta didik dapat mengeksplor berbagai bentuk bangun ruang dengan mudah karena dapat dilihat dari berbagai sisi. Google sketchup dapat diunduh secara langsung dan gratis untuk versi make melalui website resminya di http://www.sketchup.com/.
Google sketchup berperan membantu peserta didik untuk memvisualisasi, mengkontruksi konsep geometri, mengasosiasi, dan menggembangkan proses berfikir peserta didik. Sehingga dengan menggunakan google sketchup peserta didik dapat mengenal geometri khususnya materi baru sitar dari bentuk yang sederhana hingga bentuk pemecahan masalah yang kompleks.

Google sketchup dapat menunjukkan tampilan visualisasi yang baik tentang objek dimensi tiga. Objek yang tercipta dengan google sketchup dapat diputar sehingga peserta didik dapat melihat objek dari berbagai sudut pandang sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep materi baru sitar.

Keunggulan google sketchup menurut Setiawan (dalam A. Nurwijayanti.2018:27) yaitu: 1) Membuat pemodelan tiga dimensi menjadi lebih menyenangkan dan fleksibel. 2) Dapat memodelkan segala sesuatu yang diimajinasikan. 3) Intuitif, mudah digunakan oleh pengguna pemula, anak-anak, dan professional. 4) Dapat memperoleh model-model secara online dan gratis. 5) Dapat segera dijelajahi karena dilengkapi dengan video tutorial. 6) Menyajikan bentuk icon yang disesuaikan dengan fungsinya. 7) Tidak menuntut spesifikasi komputer yang tinggi.

Baca juga:   Mind Mapping Tumbuhkan Sikap Kerja Sama

Pemanfaatkan media google sketchup dapat menangani keterbatasan yang dihadapi oleh penulis dalam membelajarkan materi geometri khususnya bangun ruang sisi datar (baru sitar) karena dapat memvisualisasikan objek kubus, balok, prisma dan limas secara menarik sehingga dapat meningkatkan minat belajar peserta didik dan memupus paradigma turun temurun yang mengatakan bahwa belajar matematika adalah sebuah momok yang menakutkan. (ipa1/ton)

Guru Matematika SMP Negeri 35 Semarang.

Author

Populer

Lainnya