Digital Flip Book Alternatif Pembelajaran Daring Bahasa Inggris

Oleh : Sutriyono S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PANDEMI Covid-19 memberikan dampak yang besar pada pendidikan di Indonesia sehingga seluruh kepala daerah untuk memastikan kebijakan pembelajaran tetap bisa terlaksana dengan baik. Kebijakan pendidikan di masa pandemi Covid-19 adalah mengutamakan kesehatan dan keselamatan para peserta didik, para pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat pada umumnya, dalam rangka pemenuhan layanan pendidikan.

Dampak yang paling besar dirasakan bidang pendidikan adalah penghentian proses belajar mengajar di sekolah secara langsung atau pembelajaran tatap muka (PTM). Semua siswa dan guru melakukan proses belajar mengajar dari rumah, yang mendadak dilakukan tanpa persiapan sama sekali. Ketidaksiapan semua unsur dalam pendidikan menjadi kendala yang besar. Adanya perubahan cara belajar mengajar dari tatap muka atau luring (luar jaringan) menjadi daring (dalam jaringan) membutuhkan kesiapan dari semua unsur, mulai dari pemerintah, sekolah, guru, siswa dan orang tua, diakui memang pemerintah melonggarkan sistem penilaian pendidikan disesuaikan dengan keadaan darurat asalkan pembelajaran tetap dapat berlangsung tanpa harus dibebani dengan pencapaian kompetensi. Sehingga banyak guru melakukan pembelajaran daring dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

Baca juga:   Pahami Akhlak Pergaulan Remaja dengan Metode Role Play

Dalam pembelajaran daring peran media pembelajaran sangat penting. Media pembelajaran yang digunakan dapat berpengaruh terhadap kegiatan pelaksanaan pembelajaran tersebut. Salah satu media pembelajaran bahasa Inggris yang digunakan di SMP Negeri 41 Semarang adalah digital flip book yang ada pada iSpring Suite. Digital flip book ini diharapkan selain dapat meningkatkan minat belajar siswa juga mengurangi kejenuhan, karena digital flip book ini merupakan buku interaktif dan atraktif.

Pada dasarnya digital flip book ini merupakan pengembangan buku modul yang dipakai siswa dalam pembelajaran setiap pertemuan namun dikemas dalam format digital yang digunakan sebagai pengganti buku konvensional tanpa mengurangi peranannya sebagai sumber belajar dan sumber informasi.

iSpring Suite adalah software yang dapat membantu membuat digital flip book atau e book dengan keunggulan mengubah image atau gambar yang awalnya bergeser menjadi seperti membuka halaman buku sehingga siswa akan lebih tertarik dan diharapkan dapat meningkatkan keinginan membaca. Sebagai salah satu alternatif media belajar, digital flip book dapat memuat berbagai konten multimedia dari berbagai media digital.

Baca juga:   Belajar Adjective Asyik dengan WordWall

Langkah pembuatan digital flip book berbantuan iSpring Suite ini pertama kali men-scan materi yang akan disajikan dan lebih baiknya disertai gambar dari berbagai sumber sebagai pendukung materi tersebut. Langkah selanjutnya buka iSpring Suite pilih interaction dan pilih create new serta klik book. Setelah tampil template halaman, ketik judul dan materi yang akan disampaikan ke siswa. Selanjutnya input setiap halaman hasil scan dari buku manual yang telah disiapkan ke dalam templte yang tersedia. Langkah selanjutnya adalah mem-publish output dipilih mobile HTML5 karena dengan memilih ini buku digital dapat diakses melalui handphone serta klik publish pada tombol bawah. Langkah terakhir meng-upload buku digital lewat web sekolah dengan ini siswa dapat mengakses buku digital tersebut lewat handphone. (ipa1/ida)

Guru SMPN 41 Semarang.

Author

Populer

Lainnya