Modul Praktik Pengolahan Makanan Tingkatkan Hasil Pembelajaran

spot_img

RADARSEMARANG.ID, WABAH Covid-19 mempunyai dampak besar terhadap dunia pendidikan di Indoneasia karena pemerintah harus membuat kebijakan baru terkait pembelajaran di sekolah agar tetap berlangsung meskipun tidak ada sesi tatap muka dengan peserta didik. Kementerian pendidikan dan kebudayaan membuat kebijakan terkait dengan kelancaran proses belajar mengajar yaitu dengan menerapkan metode pembelajaran jarak jauh. Metode pembelajaran jarak jauh adalah pembelajaran yang diajarkan dari jarak jauh dimana peserta didik dan guru tidak berada dalam satu ruang secara fisik.

Perubahan metode tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh sangat di tentukan oleh peran teknologi dan kemampuan guru dalam menyajikan materi baik teori maupun praktik. Penyajian materi untuk pembelajaran jarak jauh dapat menggunakan media maupun metode yang tepat agar proses pembelajaran dapat terwujud dengan baik.
Pembelajaran praktik merupakan suatu proses untuk meningkatkan keterampilan peserta didik dengan menggunakan berbagai metode dan media yang sesuai dengan keterampilan yang diberikan dan peralatan yang di gunakan, selain itu pembelajaran praktik merupakan suatu proses pendidikan yang mempunyai fungsi membimbing peserta didik secara sistematis dan terarah untuk dapat melakukan suatu keterampilan. Pembelajaran praktik keterampilan menuntut peserta didik memahami konsep materi kemudian menuangkan dalam kegiatan nyata atau praktik , sehingga kemampuan peserta didik satu dengan yang lain akan berbeda sesuai tingkat pemahaman mereka masing-masing.

Kemampuan yang berbeda inilah yang membuat kita sebagai pendidik sekaligus pembimbing harus tepat dalam menentukan metode dan media pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran praktik dapat tercapai. Salah satu media pembelajaran praktik pada mata pelajaran keterampilan tata boga pada siswa kelas XI MAN 1 Sleman semester genap tahun ajaran 2020/2021 yaitu dengan mengunakan modul pembelajaran. Penggunaan modul untuk pembelajaran jarak jauh di harapkan dapat meningkatkan pemahaman dan sekaligus meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran praktik pengolahan makanan. Pemahaman yang baik dari peserta didik akan menentukan tingkat kemampuan praktik /skill sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Pembelajaran praktik merupakan upaya untuk memberikan kesempatan pada peserta didik mendapatkan pengalaman langsung. Pentingnya pengalaman langsung terhadap proses belajar telah di kaji oleh Kolb (1984) dan Wallace (1994, dalam Millrood,2001). Pembelajaran praktik merupakan proses belajar siswa yang lebih mengutamakan keterampilan/ skill yaitu penerapan teori dalam bentuk praktik yang sesungguhnya. Keterampilan yang dilaksanakan diharapkan mampu menghasilkan perubahan tingkah laku terutama penguasaan psikomotorik. Pembelajaran praktik pengolahan makanan merupakan salah satu materi pembelajaran praktik kelas XI semester dua pada mata pelajaran keterampilan tata boga di Madrasah Aliyah Negeri 1 Sleman. Dalam pembelajaran pratik pengolahan makanan siswa di harapkan dapat melakukan tahapan-tahapan proses pembelajaran praktik yang di mulai dari tahap persiapan bahan dan alat , proses pembuatan produk makanan dan penyajiannya. Terkait dengan adanya masa pandemi covid-19 sekarang ini, maka semua kegiatan belajar mengajar dilaksanakan secara daring atau pembelajaran dalam jaringan dengan metode pembelajaran jarak jauh. Metode pembelajaran jarak jauh adalah pembelajaran yang diajarkan dari jarak jauh dimana peserta didik dan guru tidak berada dalam satu ruang secara fisik.
Pembelajaran jarak jauh dapat dilakukan dengan memanfaatkan berbagai aplikasi dalam jaringan ataupun dapat menggunakan bahan ajar cetak yang berupa buku, modul pembelajaran maupun bahan ajar di sekitar tempat tinggal. Menentukan media pembelajaran yang tepat merupakan salah satu upaya bagi seorang guru untuk mewujudkan pembelajaran yang optimal. Modul pembelajaran praktik merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk memfasilitasi peserta didik dalam upaya meningkatkan kemampuan praktik pengolahan makanan di masa pandemi melalui pembelajaran jarak jauh. Penggunaan modul untuk pembelajaran jarak jauh di harapkan dapat meningkatkan pemahaman dan sekaligus meningkatkan kemampuan peserta didik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Baca juga:   Meningkatkan Prestasi Belajar Praktik melalui Model Pembelajaran Inquirytraining

Modul pembelajaran praktik merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk memfasilitasi peserta didik dalam upaya meningkatkan kemampuan praktik pengolahan makanan di masa pandemi melalui pembelajaran jarak jauh. Penggunaan modul untuk pembelajaran jarak jauh di harapkan dapat meningkatkan pemahaman dan sekaligus meningkatkan kemampuan peserta didik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. (ss2/zal)

Guru MAN 1 Sleman Yogyakarta

Author

Populer

Lainnya