Pembelajaran Pembuatan Pola Busana SMK Tata Busana dengan Sistem Cad, Menghadapi Era Industri 4.0

Oleh : Emiyati, M.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) berkembang pesat membawa pembaharuan pada pendidikan. Pendidikan memegang peranan sangat penting untuk menjamin kelangsungan hidup suatu bangsa dan negara. Karena pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia.

Muatan pembelajaran abad 21 harus selalu menyesuaikan dengan perubahan termasuk di era industri 4.0. Pembelajaran pembuatan pola busana dengan sistem CAD adalah salah satu cara dunia pendidikan khususnya untuk pendidikan kejuruan tata busana untuk bisa mempersiapkan siswanya untuk siap bekerja dengan perkembangan dunia kerja yang begitu cepat berubah.

Pola busana industri menggunakan CAD (Computer Aided Design) System. CAD System adalah teknologi komputer baik hardware maupun software untuk proses pembuatan desain beserta dokumentasi. Penggunaan CAD system telah digunakan secara luas oleh masyarakat maupun dunia industri.

Aplikasi CAD System dapat digunakan dari menentukan jenis dan motif bahan, ukuran, membuat pola hingga presentasi produk. Fungsi CAD System untuk busana (fashion) adalah mendesain busana, CAD System dilengkapi dengan tampilan visual 2D, 3D hingga animasinya serta fitur yang dapat digunakan untuk mengembangkan desain, menguji coba beberapa alternatif desain, motif, warna, hingga animasi peletakan busana pada tubuh dengan cepat dan untuk memodifikasi desain dengan relatif mudah.

Baca juga:   Tingkatkan Pendidikan Karakter Siswa melalui Pembelajaran Cerpen

Mengambil ukuran dan membuat pola busana. Software CAD System digunakan untuk mengambil ukuran tubuh secara cepat dan akurat, kemudian diolah untuk pembuatan pola dengan CAD System yaitu pattern, grading and marker sehingga menghasilkan komponen-komponen pola, menyediakan representasi visual nyata tentang bagaimana pola akan dibentuk. Dikembangkan hingga visualisasi motif pada pola akan bisa tampak nyata.

Sehingga prosesnya menghemat biaya dan waktu dibandingkan secara manual. Membuat prototype busana CAD System memungkinkan melihat hasil jadi busana secara virtual sehingga tidak perlu lagi dibuat dengan dijahit untuk melihat hasil akhirnya. Penggunaan CAD System dapat membuat animasi model busana seperti dalam kehidupan nyata. Manfaat penggunaan teknologi CAD System di industri busana (fashion) yaitu : menghemat waktu, penggunaan CAD System menghemat waktu yang terbuang dalam merancang, mengurangi beban kerja desainer. Membantu desainer dengan mengatur ide ide sehingga mempercepat semua proses. Ide kreatif dapat diwujudkan dengan cepat tidak perlu lagi membuat secara manual dengan berulang-ulang, mewarnai hingga mewujudkan produk jadi. Mampu diproduksi kembali dengan sangat cepat.

Baca juga:   Memahami Budaya Asing dalam Belajar Bahasa Inggris

File digital lebih tahan lama, hemat tempat penyimpanan, menghemat kertas, clipboard dan album, berbeda jika disimpan dalam bentuk fisik rentang terhadap kerugian dan kerusakan dan membutuhkan ruang yang cukup luas.

Industri 4.0 banyak membawa perubahan dalam kehidupan manusia. Industri 4.0 secara fundamental telah mengubah cara beraktivitas manusia dan memberikan pengaruh yang besar terhadap dunia kerja. Pengaruh positif industri 4.0 berupa efektifitas dan efisiensi sumber daya dan biaya produksi meskipun berdampak pada pengurangan lapangan pekerjaan.

Industri 4.0 membutuhkan tenaga kerja yang memiliki keterampilan literasi digital, literasi teknologi dan literasi manusia. Pendidikan kejuruan harus mampu membekali lulusan dengan ketiga literasi tersebut melalui revitalisasi chronosystem yang meliputi sistem pembelajaran, satuan pendidikan, peserta didik, dan pendidik dan tenaga kependidikan. (pg2/lis)

Guru Tata Busana SMKN 1 Ampelgading

Author

Populer

Lainnya