Google Suite For Education Tingkatkan Hasil Belajar Daring Geografi di Masa Pandemi

Oleh: Suwarno, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Masa pandemi Covid-19 telah banyak merubah kehidupan manusia sekarang ini tidak terkecuali dunia pendidikan. Sejak bulan Maret 2020 pemerintah mengeluarkan kebijakan agar siswa belajar di rumah dengan menerapkan belajar secara daring atau online.

Perubahan cara pembelajaran dari pembelajaran secara tatap muka kemudian diganti dengan daring tidaklah mudah. Sekolah-sekolah banyak yang belum siap, banyak kendala yang dihadapi oleh siswa, guru maupun orang tua. Guru dituntut dapat melaksanakan pembelajaran daring agar bisa efektif dan berjalan dengan lancar. Guru diharapkan mampu menggunakan media yang efektif untuk pembelajaran. Salah satu media yang bisa membantu dalan proses belajar mengajar dengan memanfaatkan Google Suite foe Education.

Google Suite For Education adalah bagian dari Google yang berupa seperangkat alat produktivitas dan kolaborasi dengan system google cloud untuk sekolah dan lembaga pendidikan termasuk staf, guru dan juga siswa. Google Suite For Education dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran secara daring karena Google Suite menyediakan beberapa fitur yang cocok untuk pembelajaran dan gratis. Beberapa layanan Google Suite For Education antara lain; Google Kelas (Classroom), Gmail, Gdrive, Kalender, Hangout, Google Office, Google Site, Google Vault. Fitur yang sering dimanfaatkan untuk pembelajaran daring adalah Classroom. Google Classroom adalah aplikasi yang dapat digunakan sebagai ruang kelas di dunia maya, Google classroom juga dapat digunakan untuk sarana menyampaikan materi, penugasan, mengumpulkan tugas, dan menilainya, sarana untuk pertemuan melalui meet dan komunikasi melali chat.

Baca juga:   Belajar Matematika Lebih Mudah dengan Alat Peraga Block Dienes

Geografi adalah ilmu pengetahuan yang mencitra, menjelaskan sifat bumi, mengkaji corak khas tentang kehidupan dan berusaha mencari fungsi dari unsur bumi dalam ruang dan waktu (Bintaro 1968).

Belajar geografi di masa pandemi memang banyak mengalami kendala, ilmu geografi lebih mudah disampaikan jika didukung oleh gambar, video peristiwa alam, grafik, peta dan tabel. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan google suite untuk pembelajaran geografi.

Pembelajaran daring menggunakan google suite diawali dengan penggunaan classroom untuk pembelajaran. Siswa di minta untuk bergabung di classroom kelas geografi. Di aplikasi classroom guru bisa menambahkan materi berupa presentasi, video pembelajaran, gambar, chat dan meet dengan siswa. Pelaksanaan pembelajaran dapat dijadwalkan. Tugas, soal maupun hasil penilaian dapat tersimpan dalam Gdrive sehingga aman.

Materi geografi yang harus disampaikan dalam bentuk gambar maupun video dapat diterima oleh siswa. Siswa akan lebih mudah memahaminya, selain itu dengan adanya aplikasi meet guru dapat berkomunikasi dua arah dengan siswa. Ketika siswa kesulitan siswa dapat menanyakan langsung dengan guru baik melalui meet maupun chat.

Baca juga:   Pengamatan di Lapangan Mengasyikkan untuk Materi Struktur Ruang Desa

Guru dapat menilai keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar secara daring, sehingga walaupun harus belajar dirumah proses belajar mengajar tetap bisa berjalan.

Dengan memanfaatkan google suite, pembelajaran geografi secara daring bisa dilaksanakan. Meskipun belajar secara daring materi-materi yang harus disampaikan dalam bentuk gambar maupun video dapat diterima oleh siswa sehingga hasil belajar geografi secara daring ada peningkatan. (pg2/lis)

Guru Geografi SMAN 1 Getasan, Kabupaten Semarang

Author

Populer

Lainnya