Asyiknya Belajar Sifat Konduktor dan Isolator dengan Media Alat Rumah Tangga

Oleh : M. Arief Bahtiar Permana, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Dalam pembelajaran siswa berinteraksi dengan guru dan sumber belajar yang dipakai untuk mencapai tujuan pembelajaran. Interaksi yang berhasil dipengaruhi oleh suasana yang mengasyikan. Biasanya karena menerapkan media pembelajaran yang menarik dan mengasyikkan sehingga siswa merasa gembira dan antusias dalam pembelajaran.

Tetapi dalam praktiknya menciptakan suasana belajar yang mengasyikan tidak mudah, sama seperti di kelas VI SDN 05 Asemdoyong, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang. Masih terdapat siswa tidak fokus dalam mengikuti pembelajaran. Sebagai guru harus memilih media pembelajaran yang tepat. Dengan materi sifat konduktor dan isolator media yang paling tepat dan mengasyikan yaitu alat rumah tangga.

Materi sifat konduktor dan isolator memuat pengetahuan yaitu konduktor mempunyai sifat bisa menghantar panas denga baik. Sedangkan isolator kebalikannya yaitu mempunyai sifat tidak bisa menghantarkan panas dengan baik. Di media alat rumah tangga juga ada yang mempunyai sifat konduktor atau penghantar panas, ada juga yang mempunyai sifat Isolator atau tidak bisa menghantarkan panas dengan baik.

Baca juga:   Porfolio Based Learning Efektif Tingkatkan Hasil Belajar Ekonomi

Media alat rumah tangga adalah media mengasyikan dan mudah dicari di rumah masing-masing siswa. Pelaksanaan ini dimulai dari guru memerintahkan siswa disuruh membawa alat rumah tangga, seperti sendok, pisau, sumpit, bagian pegangan sertika, teko, dll. Selanjutnya siswa disuruh melakukan percobaan untuk membuktikan pendapat yang dikemukaan.

Langkah-langkah media alat rumah tangga pada materi pembelajaran sifat konduktor dan isolator di kelas VI SDN 05 Asemdoyong, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang adalah sebagai berikut, pertama guru melakukan apersepsi serta memberikan motivasi belajar biar siswa merasa asyik dan menyenangkan. Seperti dengan menyebutkan nama alat rumah tangga yang dibawa oleh siswa. Lalu guru memberikan pertanyaan yang berkaira materi sifat konduktor dan isolator.

Ke dua, guru memegang salah satu alat rumah tangga yang mempunyai sifat konduktor. Kemudian siswa disuruh menyebutkan nama alat tersebut, kalau jawabannya benar kemudian siswa disuruh mempraktikkan alat rumah tengga tersebut didekatkan dengan lilin yang sudah dinyalakan lalu siswa disuruh merasakan dan menyebutkan alat tersebut masuk dalam jenis sifat konduktor apa isolator.

Baca juga:   Microsoft Sway Jadi Alternatif Pembelajaran IPA saat Pandemi

Ke tiga guru menunjuk salah satu alat rumah tangga lagi yang mempunyai sifat isolator. Kemudian siswa disuruh menyebutkan nama alat tersebut, kalau jawabannya benar kemudian siswa disuruh mempraktikan alat rumah tangga tersebut didekatkan dengan lilin yang sudah dinyalakan lalu siswa disuruh merasakan dan menyebutkan alat tersebut masuk dalam jenis sifat konduktor apa isolator.

Penggunaan media alat rumah tangga dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa. Dengan belajar mempraktikan langsung media alat rumah tangga bertujuan agar siswa langsung mengetahui dan membedakan mana alat rumah tangga yang bersifat konduktor dan mana alat rumah tangga yang bersifat Isolator. (agu2/lis)

Guru SDN 05 Asemdoyong, Kec. Taman, Kabupaten Pemalang

Author

Populer

Lainnya