Tingkatkan Hasil Belajar Elektrokimia Berbasis E-Learning Berbantuan LKPD Inkuiri

Oleh: Eni Susianti, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, DAMPAK pandemi Covid-19 memaksa mengubah pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan secara online menggunakan google classroom, quiziz, e- learning dan berbagai aplikasi pendukung lainnya. Guru sebagai fasilitator dituntut untuk bekerja keras bagaimana caranya agar materi-materi yang diberikan dapat dipahami oleh peserta didiknya. Pemilihan aplikasi yang tepat, menarik dan mudah digunakan menjadi hal yang sangat penting dalam pembelajaran jarak jauh ini. Terdapat banyak cara bagi seorang pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran agar peserta didik mudah memahaminya.

Peran utama guru sebagai perencana sekaligus pelaksana proses belajar mengajar menuntut guru untuk selalu meningkatkan kualitas pengajarannya agar peserta didik dapat menguasai materi dengan baik. Diantaranya adalah dengan menerapkan model dan metode yang tepat sehingga tercipta suasana yang menyenangkan selama proses belajar mengajar jarak jauh atau dengan menggunakan media yang dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar.Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan pada kelas XII di SMA Negeri 1 Bergas Kabupaten Semarang, menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik khususnya pada konsep Elektrokimia masih kurang. Hal ini ditunjukkan dari masih banyaknya peserta didik yang memperoleh nilai di bawah standart kriteria ketuntasan minimum yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.

Baca juga:   Guru Matematika Harus Punya Hubungan yang Harmonis dengan Siswa

Mengingat banyaknya cakupan materi pada konsep Elektrokimia, serta keterbatasan interaksi langsung dengan peserta didik karena masih harus melakukan pembelajaran jarak jauh, maka diperlukan media pembelajaran yang menarik dan dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik, sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil belajarnya. Untuk memecahkan masalah tersebut di atas, dapat digunakan salah satu media pembelajaran jarak jauh dengan berbasis e-learning berbantuan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) inkuiri. Menurut Rusman (2016, hlm 96) inkuiri adalah suatu proses dimana peserta didik memecahkan masalah, merencanakan eksperimen, melakukan eksperimen, mengumpulkan data, menganalisis data, dan menarik kesimpulan. Jadi pada LKPD inkuiri ini peserta didik dilibatkan secara aktif untuk memecahkan masalah yang terdapat didalamnya.

Langkah-langkah yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar konsep Elektrokimia ini adalah : pertama menentukan aplikasi yang digunakan dalam proses pembelajaran jarak jauh yaitu dengan menggunakan e-learning. Berikutnya, menyusun Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) inkuiri pada e-learning.LKPD ini berisikan masalah yang harus dipecahkan oleh peserta didik. Di dahului dengan gambar suatu eksperimen rangkaian sel elektrokimia yang dibuat semenarik mungkin beserta data-datanya, dilanjutkan dengan pertanyaan-pertanyaan yang menggiring peserta didik sehingga dapat menarik kesimpulan sebagai jawaban dari permasalahan yang diajukan.

Baca juga:   Efektivitas Variasi Dua Model Pembelajaran di Masa Pandemi

Penggunaan LKPD inkuiri pada konsep pembelajaran Elektrokimia berbasis e-learning ini sangat efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik. Karena di sini peserta didik terlibat aktif untuk melakukan dan melengkapi setiap tahapan yang ada pada lembar kerja tersebut. Sehingga peserta didik paham betul konsep-konsep yang ada pada setiap tahapannya. Dengan dipahaminya konsep dasar materi elektrokimia ini, maka hasil belajar dari peserta didik pun dapat meningkat.Hal ini dapat dilihat dari jumlah peserta didik yang hasil belajarnya pada materi elektrokimia telah melampaui KKM semakin meningkat. (ipa1/zal)

Guru SMAN 1 Bergas, Kab. Semarang

Author

Populer

Lainnya