Pembelajaran IPS Berbasis Produk di Masa Pandemi Covid-19

Oleh : Nur Hayati, S.Pd.SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Manusia sebagai makhluk sosial selalu tidak bisa lepas dari orang lain. Dalam realita kehidupan, selalu dihadapkan pada masalah keinginan manusia untuk mencukupi segala kehidupannya. Hal itu tidak akan pernah lepas dari kegiatan ekonomi. Seperti kegiatan sebagai buruh pabrik, pegawai negeri, pedagang, petani, sekolah tempat siswa sedang belajar. Seperti halnya pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) tentang kegiatan ekonomi juga merupakan salah satu materi yang dipelajari di Sekolah Dasar.

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sangat penting untuk diajarkan pada jenjang pendidikan dasar dengan pendekatan yang lebih menarik. Seperti yang diajarkan pada siswa kelas V SD Negeri Gejagan, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, yakni belajar tentang kegiatan ekonomi dengan membuat kliping. Ekonomi adalah aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, pertukaran, dan konsumsi barang dan jasa.

Ekonomi secara umum atau secara khusus adalah aturan rumah tangga atau manajemen rumah tangga. Ekonomi juga dikatakan sebagai ilmu yang menerangkan cara-cara menghasilkan, mengedarkan, membagi serta memakai barang dan jasa dalam masyarakat sehingga kebutuhan materi masyarakat dapat terpenuhi sebaik-baiknya (M. Sholahuddin, 2007:3). Kegiatan ekonomi yang diajarkan meliputi kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi.

Baca juga:   Analisis Dinamika Kependudukan Meningkat dengan PBL

Di masa pandemi ini sekolah tidak melaksanakan pembelajaran tatap muka, siswa belajar dari rumah (BDR). Agar pembelajarannya tidak monoton dan tidak membuat siswa bosan maka guru memberikan tugas yaitu pembelajaran berbasis produk yakni membuat kliping tentang kegiatan ekonomi.

Cara belajar ini akan mengembangkan siswa untuk lebih kreatif. Membuat kliping adalah metode yang tepat untuk belajar kegiatan ekonomi. Karena berdasarkan pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya siswa sering mengalami kesulitan dalam memahami dan membedakan antara kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Diharapkan dengan membuat kliping ini dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang kegiatan ekonomi.

Pada saat melakukan home visit guru menjelaskan materi dan langkah-langkah yang harus dilakukan siswa dalam membuat kliping, dengan demikian materi yang diberikan kepada siswa bisa tersampaikan dengan baik. Selama belajar dari rumah (BDR) siswa bisa dibantu oleh orang tuanya, dengan menggunakan handphone android mereka bisa mencari gambar kegiatan ekonomi di internet, surat kabar dan majalah.
Jadi di sini siswa bermain handphone android tidak sekadar untuk bermain game, menonton film kartun. Tetapi mereka bisa mencari di internet gambar tentang kegiatan produksi, konsumsi, dan distribusi, dan gambar lainnya yang berkaitan dengan materi pelajaran.

Baca juga:   Memanfaatkan Round Club Mendalami Cara Hidup Sehat

Dalam pengerjaan tugas siswa diberi waktu satu minggu untuk mencari gambar tersebut, dan menyediakan perlengkapan yang diperlukan untuk membuat kliping. Tugas dilaksanakan secara individu. Masing-masing siswa minimal mencari empat gambar pada masing-masing kegiatan ekonomi, kemudian mencetak gambar tersebut. Melalui WhatsApp group kelas guru selalu memantau kesiapan siswa dalam mengerjakan tugasnya.
Dengan bimbingan guru pada saat home visit berikutnya, siswa menyusun gambar yang telah digunting menjadi sebuah kliping, dan memberi judul pada setiap gambarnya. Yang terakhir bersama-sama guru dan siswa membuat kesimpulan dari tugas yang telah dilaksanakan.

Dengan pembelajaran berbasis produk tersebut, mendorong siswa kelas V SD Negeri Gejagan lebih kreatif, semangat serta antusias dan meningkatkan pemahaman tentang kegiatan ekonomi sehingga hasil belajar siswa juga meningkat. (pm1/lis)

Guru Kelas V SDN Gejagan, Kec. Ngadirejo, Kabupaten Temanggung

Author

Populer

Lainnya