Fungsikan Sarana Taman Sekolah sebagai Sumber Belajar

Oleh : Wahyu Sulistyaningrum, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Belajar merupakan proses perubahan tingkah laku menjadi yang lebih baik. Belajar tidak hanya terbatas dengan ruangan yang disebut kelas. Belajar dapat dilakukan dimanapun di luar maupun di dalam ruangan.

Pada dasarnya sumber belajar (learning resousers) adalah suatu sistem yang terdiri atas sekumpulan bahan atau situasi yang diciptakan untuk meningkatkan cakrawala berfikir siswa dalam rangka pencapaian hasil belajar. Jadi sumber belajar mempunyai arti penting dalam proses pembelajaran dan pencapaian hasil belajar siswa. Sumber belajar (learning resousers) adalah sumber baik berupa data orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan oleh siswa dalam belajar, baik secara terpisah maupun secara terkombinasi sehingga mempermudah siswa dalam mencapai tujuan belajar atau mencapai kompetensi tertentu (Depdiknas 2004).

Sumber belajar dapat diperoleh dari mana-mana. Salah satunya adalah lingkungan sekitar. Pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar dapat menciptakan interaksi tersebut siswa akan memperoleh pembelajaran yang konkrit dan langsung sehingga memudahkan mereka dalam memahami materi pelajaran.

Penggunaan lingkungan sekolah dapat menarik bagi siswa dalam kegiatan belajar sehingga dimungkinkan siswa akan lebih tertarik dan tidak membosankan sebab lingkungan menyediakan sumber belajar yang sangat beragam dan banyak pilihan. Optimalisasi penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar akan meningkatkan siswa untuk lebih giat dan gemar belajar. Kegemaran belajar merupakan modal dasar yang sangat diperlukan dalam rangka penyiapan masyarakat belajar (learning societes) dan sumber daya manusia di masa mendatang. Selain itu Pemanfaatan lingkungan dapat menumbuhkan aktivitas belajar siswa (learning activities) lebih meningkat.

Baca juga:   Pengaruh Penggunaan Media Pendidikan pada Pembelajaran Daring

Penggunaan cara atau metode yang bervariasi ini merupakan tuntutan dan kebutuhan yang harus dipenuhi dalam pendidikan. Lingkungan sekitar sekolah yang dapat digunakan dan dimanfaatkan sebagai sumber belajar salah satunya adalah taman sekolah. Pada taman sekolah di dalamnya terdapat kemungkinan-kemungkinan yang cukup banyak untuk mempelajari materi ekosistem dalam mata pelajaran Biologi. Di taman sekolah tersebut terdapat berbagai jenis tanaman dari rumput-rumputan dan pepohonan serta komponen-komponen ekosistem lainnya, sehingga dapat mempermudah dalam mempelajari materi ekosistem lainnya. selain itu siswa juga dapat memanfaatkan lingkungan taman untuk menulis puisi, cerpen, dan bermain peran dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia.Dengan menggunakan taman sekolah siswa dapat memperoleh pemahaman langsung dari alam dan siswa mempunyai laboratorium hidup untuk melakukan pengamatan langsung dengan memperhatikan komponen-komponen yang terdapat pada taman tersebut.

Perkembangan aspek keterampilan sosial yaitu lingkungan secara alami mendorong siswa untuk berinteraksi dengan siswa-siswa yang lain sedangkan perkembangan aspek emosi adalah lingkungan pada umumnya memberikan tantangan untuk dilalui oleh siswa-siswa yang pemanfaatannya dapat mengembangkan rasa percaya diri yang positif. Sementara itu perkembangan intelektual siswa dapat berinteraksi langsung dengan komponen-komponen atau benda-benda bahkan ide-ide yang dapat menjelaskan konsep-konsep tertentu secara alami seperti warna, angka, bentuk dan ukuran.

Baca juga:   PTM dan PJJ Kimia Asyik dengan Power Point dan Google Meet

Memfungsikan penggunaan taman sekolah dalam proses pembelajaran mampu membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan proses pembelajaran siswa. Pengunaan taman sekolah sebagai sumber belajar sekolah memiliki determinasi yang positif terhadap gaya belajar dan untuk mengembangkan kemampuan pemahaman siswa. Pemanfaatan taman sekolah sebagai sumber belajar diharapkan dapat mempengaruhi aktivitas siswa. Siswa mampu mengaktualisasikan kemampuannya sehingga dapat berinteraksi dengan baik dalam ranah afektif, kognitif dan psikomotorik dan terjadi pembelajaran yang lebih bermakna dan peningkatan hasil belajar siswa. sehingga hasil belajar siswa lebih maksimal. (lbs2/ton)

Guru SMA Negeri 1 Gemuh Kabupaten Kendal.

Author

Populer

Lainnya