Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pandemi covid-19 yang saat ini melanda dunia telah memaksa masyarakat untuk tinggal di rumah sehingga tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasanya, termasuk bersekolah untuk para pelajar. Upaya mencerdaskan kehidupan bangsa harus dilakukan dengan cara yang inovatif, salah satunya dengan melakukan proses belajar mengajar secara online. Kondisi pendidikan pada saat ini berada pada masa transisi dalam menyesuaikan keadaan yang sedang terjadi.
Sejak Indonesia menyatakan bahwa masuknya virus covid-19 ini sebagai pandemi, maka secara tidak langsung kebiasaan semua aktifitas menjadi berubah. Baik dari segi teknis persiapan dan teknis pelaksanaannya dengan mempertimbangkan keselamatan kesehatan semua pelaku pendidikan tanpa terkecuali. Munculnya kebijakan-kebijakan baru dalam dunia pendidikan saat ini, menjadi hal yang sangat wajar karena kondisi dan situasi yang memang tidak bisa dipaksakan untuk mencapai target-target yang telah direncanakan dalam kondisi normal. Kebijakan baru mutlak dimunculkan untuk menjadi alternatif dalam mencapai target yang telah direncanakan, dengan metode atau teknis yang relevan dengan kondisi saat ini.

Pandemi bukanlah suatu alasan yang menjadikan proses pembelajaran berhenti, karena belajar memiliki sifat fleksibel dalam prosesnya. Dikatakan belajar apabila siswa mendapatkan sesuatu yang mengubah tingkah perilakunya baik itu pengetahuan, keterampilan, dan sikap dari sumber tertentu atau sumber belajar yang bisa didapatkan dari mana saja. Belajar merupakan suatu proses yang tidak akan pernah terhenti tidak terkecuali untuk lembaga belajar yang juga akan terus berinovasi dalam menghadapi segala masalah yang terjadi.

Baca juga:   Pemahaman Kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia melalui Model Numbered Head Together

Situasi pandemi Covid-19 telah menempatkan peran guru PAI termasuk sebagai salah satu figur penting dalam membangun solusi tersebut. Para guru harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan meskipun peserta didik berada di rumah, kecuali yang masuk zona hijau. Itupun harus mengikuti protokol kesehatan yang ketat. Karena itu para guru PAI harus kreatif dan mau melakukan inovasi pembelajaran yang merupakan solusi yang perlu didesain dan dilaksanakan dengan memaksimalkan media yang ada seperti media online. Alangkah baiknya para guru PAI secara umum sudah memiliki gagasan dalam menyikapi situasi saat ini, untuk menjaga keberlangsungan proses pembelajaran agar tidak tertinggal dalam kondisi apapun.

Salah satu contoh sederhana yang dapat dilakukan oleh guru PAI dalam memberikan materi pembelajaran bagi siswa di rumah adalah mengirimkan cerita-cerita pendek bergambar atau video. Cerita pendek bergambar atau video yang dimaksud tentu berisi nilai-nilai yang terdapat dalam materi pembelajaran yang hendak diajarkan. Melalui nilai-nilai tersebut kebutuhan siswa akan materi pembelajaran dapat terpenuhi. Tentu ada banyak contoh lain yang dapat guru lakukan dalam menyampaikan materi pembelajaran PAI bagi siswa selama belajar di rumah. Sistem pembelajaran dapat dilaksanakan melalui perangkat personal computer (PC) atau laptop yang terhubung dengan koneksi jaringan internet. Guru PAI dapat melakukan pembelajaran bersama di waktu yang sama menggunakan grup di media sosial seperti WhatsApp (WA), telegram, instagram, aplikasi zoom ataupun media lainnya sebagai media pembelajaran. Seperti yang saya ajarkan di SD kami, SDN 1 Nolokerto Kec. Kaliwungu Kab. Kendal. Dengan demikian, guru PAI dapat memastikan peserta didik mengikuti pembelajaran dalam waktu bersamaan meskipun di tempat yang berbeda. Guru PAI pun dapat memberi tugas terukur sesuai dengan tujuan materi yang disampaikan kepada peserta didik.

Baca juga:   Meningkatkan Kelincahan dengan Permainan Gobak Sodor

Kreativitas mengajar guru PAI yang semakin meningkat diharapkan dapat menjadi solusi pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Ide-ide kreatif diperlukan dalam mengembangkan sistem pembelajaran daring bagi siswa selama belajar di rumah. Untuk itu, sebagai guru PAI diharapkan dapat terus mengembangkan diri dan berupaya untuk terus meningkatkan daya kreativitas dalam mengajar selama pandemi Covid-19 belum berakhir. (agu1/ton)

Guru SD N 1 Nolokerto Kec. Kaliwungu Kab. Kendal

Author

Populer

Lainnya