Pentingnya Pendidikan Sekolah Dasar untuk Generasi Muda

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Dalam Sistem pembelajaran mempunyai kurikulum untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Seperti dalam kurikulum yang diatur dalam UU No 20 Tahun 2003 Pasal 36 tentang kurikulum di Indonesia disusun dalam kerangka peningkatan iman dan takwa, peningkatan akhlak mulia, peningkatan potensi, kecerdasan, dan minat peserta didik, keragaman potensi, daerah dan lingkungan, tuntutan pembangunan daerah dan nasional, tuntutan dunia kerja, tuntutan iptek dan seni, agama, dinamika perkembangan global, persatuan nasional dan nilai-nilai kebangsaan.

Guna mendukung keterlaksanaan kerangka kurikulum tersebut di atas, maka dalam pasal selanjutnya (UU No. 20 tahun 2003 pasal 37) dijelaskan bahwa di dalam kurikulum wajib memuat: pendidikan agama, pendidikan kewarganegaraan, bahasa, matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, seni dan budaya, pendidikan jasmani dan olahraga,ketrampilan/kejuruan, muatan lokal.

Semua jenis mata pembelajaran sangatlah penting untuk mendukung proses pendidikan di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa pendidikan sekolah itu penting. Pertama, memberikan pendidikan dasar kepada anak. Salah satu alasan pentingnya pendidikan untuk anak adalah memberikan pendidikan dasar kepada anak. Anak akan diajarkan tentang dasar dari semua ilmu pengetahuan, oleh sebab itulah disebut dengan sekolah dasar atau SD. Jika tidak mau sekolah di tingkat dasar ini maka anak tidak akan mendapatkan dasar dari ilmu pengetahuan baik Ilmu Geografi, sejarah, membaca, menulis, Ilmu Pengetahuan Sosial, pengetahuan alam, dan masih banyak lagi lainnya.

Baca juga:   Pemahaman Kosa Kata Bahasa Jawa Melalui Bermain Peran

Kedua, menciptakan jiwa nasionalisme. Semakin sedikit generasi yang mengenyam pendidikan di sekolah maka semakin sedikit generasi yang memiliki jiwa nasionalisme. Oleh sebab itu dengan mengenyam pendidikan di sekolah jiwa nasionalisme generasi muda akan terbentuk. Nasionalisme adalah rasa memiliki bangsa dan negara ini. Jika rasa nasionalisme semakin sedikit bisa menyebabkan generasi muda menjadi cuek akan nasib bangsa dan negara ini ke depannya.

Ketiga, memberantas kebodohan. Pentingnya pendidikan sekolah selanjutnya adalah memberantas kebodohan. Kebodohan ini disebabkan oleh ketidaktahuan, sempitnya wawasan, dan open minded. Kebodohan adalah musuh yang nyata sehingga harus diberantas dan diantisipasi. Dengan mengenyam pendidikan di sekolah wawasan akan menjadi luas, pikiran menjadi terbuka, dan ilmu yang didapatkan semakin bertambah.

Terakhir yaitu membangun karakter. Pendidikan sekolah bisa membangun karakter bagi generasi muda. Pendidikan karakter ini sangat penting karena mengajarkan norma kesopanan, norma keagamaan, dan norma yang lainnya. Dengan mengikuti semua norma tersebut generasi muda akan memiliki karakter yang kuat dimana diperlukan untuk membangun dan memajukan bangsa.

Baca juga:   Berkisah dengan Montase

Sudah sepatutnya orang tua untuk memberikan pendidikan terbaik untuk anak-anaknya dikarenakan pendidikan berguna untuk masa depannya kelak. Semakin banyak generasi muda yang sadar akan pentingnya pendidikan sekolah diharapkan nantinya nasib bangsa indonesia ini semakin maju dan lebih baik lagi. (*/ton)

Guru SDN 01 Pait Kecamatan Siwalan

Author

Populer

Lainnya