Peran Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Jarak Jauh

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Sejak diberlakukannya masa darurat Covid-19 pada 16 Maret 2020 hingga kini hampir seluruh sekolah di Indonesia mengambil kebijakan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Dalam PJJ, guru berperan sangat penting akan keberlangsungan dan keberhasilan pembelajaran. Begitu juga orang tua tak kalah penting berperan dalam PJJ. Mendampingi, memotivasi dan memfasilitasi bahkan mengajari putra-putrinya mengikuti kegiatan belajar mengajar.

Menurut Gangne dan Briggs, pengertian pembelajaran adalah serangkaian kegiatan yang dirancang, disusun sedemikian rupa untuk mempengaruhi dan mendukung terjadinya proses belajar pada siswa yang bersifat internal (Warsito 2008 : 266, dikutip dari http://rumahbelajar21.blogspot.com).

Menurut Dogmen (dalam Aristorahadi, 2008) pengertian pembelajaran jarak jauh adalah adanya organisasi yang mengatur cara belajar mandiri. Materi pembelajaran disampaikan melalui media dan tidak ada kontak langsung antara pengajar dengan pembelajar. Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan, pembelajaran jarak jauh antara guru dengan peserta didik terhalang jarak. Guru di sekolah, peserta didik berada di rumah. Sehingga memerlukan bantuan media, perangkat ajar dan sumber belajar yang dibutuhkan.

Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri (Mendikbud, Menag, Menkes dan Mendagri) tanggal 19 Juni 2020 pembelajaran hanya boleh dilakanakan secara bertahap di daerah zona hijau berdasarkan rekomendasi Gugus Tugas. Selain dari itu tidak diperkenankan pembelajaran tatap muka dan pemerintah daerah diberi kewenangan menentukan metode PJJ pada masa pandemi Covid-19 yang disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan masing-masing.

Baca juga:   Tuntaskan Pembelajaran IPS dengan Metode Diskusi

Atas dasar SKB 4 Menteri dan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 3 Tahun 2021 tanggal 5 Februari 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) serta pengaturan KBM dan WFH bagi pendidik dan tenaga kependidikan selama PPKM untuk pengendalian penyebaran Covid-19 di Kabupaten Banjarnegara maka SMP Negeri 2 Wanayasa, Kabupaten Banjarnegara juga melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Selain pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) disesuaikan dengan situasi dan kondisi serta kebijakan pemerintah daerah.

Dalam PJJ peran guru dan orang tua sangat penting dalam keberhasilan peserta didik mengikuti kegiatan belajar mengajar. Peran guru dalam pembelajaran jarak jauh meliputi menyiapkan media/alat, bahan dan sumber belajar yang dibutuhkan. Memberikan penjelajasan kepada orang tua tentang kegiatan yang dilakukan. Memastikan orang tua telah mendapatkan media/alat, bahan dan sumber belajar yang dibutuhkan. Memonitor kegiatan belajar peserta didik dan membuat progres pencapaian setiap peserta didik terhadap tujuan pembelajaran, dan siap selalu untuk menghubungi orang tua jika mengalami kesulitan saat mendampingi putra/putri belajar dari rumah.

Peran orang tua dalam pembelajaran jarak jauh antara lain membaca dan memahami panduan orang tua untuk pembelajaran literasi dan numerasi. Serta memahami penjelasan dari guru tentang kegiatan yang akan dilakukan putra/putri. Menyiapkan media/alat, bahan dan sumber belajar yang dibutuhkan untuk kegiatan pembelajaran setiap harinya, mendampingi putra/putri saat melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Dan membantu peserta didik jika mengalami kesulitan selama pembelajaran. Harus kreatif mencari strategi dan bahan ajar lain untuk membantu anak belajar. Menghubungi guru kelas atau guru mata pelajaran jika ada kegiatan/instruksi yang tidak dipahami saat mendampingi putra/putri belajar di rumah. Menyerahkan hasil belajar putra/putri di rumah ke guru sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Baca juga:   Pembelajaran Menyajikan Berita Asyik dengan Video

Pandemi Covid-19 membuat sektor pendidikan menyesuaikan pola pembelajaran dari tatap muka menjadi PJJ. PJJ dapat terlaksana dengan baik apabila didukung semua unsur. Antara lain guru, orang tua, peserta didik, masyarakat dan pemerintah.

Guru dan orang tua merupakan unsur yang paling penting bagi kesuksesan peserta didik dalam mengikuti PJJ. Guru berperan dalam menyiapkan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran. Sedangkan orang tua berperan ketika putra/putrinya sedang mengikuti pembelajaran di rumah masing-masing. (pm1/lis)

Kepala SMPN Wanayasa 2, Kabupaten Banjarnegara

Author

Populer

Lainnya