Zoom Meet Tingkatkan Kemampuan Menulis Artikel

Oleh : Sri Mulyani S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, SATU tahun sudah masyarakat Indonesia melakukan bebagai rupaya untuk mencegah dan memberantas Covid-19. Upaya yang dilakukan oleh pemerintah bersama masyarakat pada umumnya adalah melakukan pencegahan dengan menerapkan 5M, yaitu memakai masker, mencuci tangan di air yang mengalir dengan sabun, menjaga jarak, mengurangi mobilisasi, dan menghindari kerumunan. Selain itu, untuk semua lembaga pendidikan baik dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga perguruan tinggi masih menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau pembelajaran daring. Selama melakukan pembelajaran jarak jauh berbagai tugas dari guru diberikan melalui berbagai aplikasi, antara lain Whatsaapp dan Google Classroom.

Berdasarkan pengalaman penulis, saat siswa kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Majenang tahun pelajaran 2020/2021 mendapat tugas menulis artikel melalui google classroom menunjukkan hasil belajarnya sangat rendah, yaitu lima siswa atau 13,88 persen dari jumlah 36 siswa yang dapat mencapai nilai minimal 70 atau lebih. Mereka menyampaikan alasan bahwa belum dapat memahami dengan baik tentang cara menulis artikel karena hanya sebatas membaca dan belajar sendiri sehingga tidak tahu yang benar seperti apa walau sudah ada contohnya.

Baca juga:   Model PBL dan Video Interaktif Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa

Dari berbagai pendapat para siswa tersebut, guru mengubah media pembelajaran yang digunakan dari google classroom menjadi zoom meet. Hal ini disebabkan zoom meet dapat dijadikan sarana pembelajaran tatap muka walaupun dengan jarak jauh. Di samping itu, guru menduga bahwa dengan zoom meet, hasil belajar siswa akan meningkat. Sebab suasana belajar bertatap muka melalui media ini akan memiliki energi positif baik bagi guru maupun bagi siswa. Kemudian guru memberikan tugas menulis artikel dengan tema peristiwa yang sedang terjadi dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan petunjuk yang telah dijelaskan guru. Hasil belajar siswa kelas X IPS 4 meningkat 75,01 persen yaitu menjadi 32 siswa atau 88,89 persen dari jumlah 36 siswa yang dapat mencapai nilai minimal 70 atau lebih.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan melakukan pembelajaran jarak jauh melalui media zoom meet ternyata dapat meningkatkan semangat belajar dan hasil belajar siswa. Dengan zoom meet, para siswa mendapat energi positif sehingga belajar lebih semangat bersama guru dan teman-teman, dapat melaksanakan tanya jawab secara langsung, dan dapat menerima materi pembelajaran lebih baik. (gb2/ida)

Baca juga:   Serunya Menulis Teks Eksplanasi dengan Media Audiovisual

Guru Bahasa Indonesia SMAN 1 Majenang

Author

Populer

Lainnya