Toturial Youtube Prakarya Tingkatkan Skill Wirausaha di Masa Pandemi

spot_img

RADARSEMARANG.ID, MASA Pandemi akan mengubah segala cara bersikap, bertindak dan berperilaku dalam kehidupan, tidak terkecuali akan mengubah kebiasaan dalam belajar. Dengan melihat kondisi tersebut maka pemerintah mengeluarkan kebijakan baru dalam dunia pendidikan dengan belajar di rumah secara daring, Dunia pendidikan yang biasanya dilakukan secara tatap muka maka sejak bulan maret 2020 samapai saat ini dilakukan secara daring, hal ini tentunya akan mengubah kebiasaaan anak yang kurang mandiri harus lebih mandiri dalam menyikapi keadaan, Belajar di rumah ini mendorong siswa untuk belajar lebih luas lewat internet yang tentunya akan memberi inspirasi siswa dalam mengembangkan pembelajarannya secara aktif, kreatif, inovatif dan mandiri dengan mencari sumber belajar yang lebih luas, tanpa adanya pendampingan langsung dari guru.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, termasuk bidang pendidikan dan media pembelajaran sangat pesat berkembang dalam era sekarang ini, terdapat beberapa subsistem yang menentukan keberhasilan pembelajaran, diantaranya media/alat bantu pembelajaran, teknologi serta tenaga pengajar. Pemilihan Strategi pembelajaran yang menarik dan tidak monoton serta media pengajaran yang tepat akan membantu meningkatkan pemahaman siswa terhadap suatu topik atau materi pembelajaran secara efektif.

Sudah saatnya kini, seorang guru tidak lagi menggunakan cara-cara konvensional dalam pembelajaran di kelas. Pergeseran paradigma pendidikan khususnya dalam pembelajaran di kelas seyogyanya mengikuti perkembangan teknologi. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan teknologi melalui youtube sebagai media pembelajaran. Dengan youtube, seorang guru dapat menampilkan video pembelajaran yang interaktif, menarik dan menyenangkan. Hal ini sudah penulis terapkan di SMPN 7, dan mampu menghasilkan hasil yang sangat signifikan dan mampu mendorong siswa untuk lebih kreatif dalam dalam pembelajaran daring di masa pandemi.

Baca juga:   Berkolaborasi Menyenangkan Menggunakan Padlet dalam Pelajaran Sejarah Islam

Tujuan memanfaatkan youtube sebagai media pembelajaran adalah untuk menciptakan kondisi dan suasana pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan interaktif. Video pembelajaran di youtube dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran interaktif di kelas, baik untuk siswa maupun guru itu sendiri melalui presentasi secara online maupun offline. Pemanfaatan youtube sebagai media pembelajaran dapat digunakan setiap saat tanpa dibatasi olah ruang dan waktu dengan syarat komputer atau media presentasi terhubung dengan internet.Youtube memiliki beberapa keunggulan sebagai media pembelajaran yaitu Potensial yaitu youtube merupakan situs yang paling poluper di dunia internet saat ini yang mampu memberikan edit value terhadap education/pendidikan. Youtube juga mudah digunakan dan dapat diikuti oleh semua kalangan termasuk siswa dan guru, penilaian ketrampilan sangat di perlukan dalam pembelajaran prakarya di sekolah, dengan pemberian tugas mandiri melalui video opembelajaran youtube mampu menginspirasi siswa dalam mengembangkan skil siswa dalam bidang pengolahan dan kerajinan Untuk ke depannya skill tersebut dapat dijadikan sswa untuk mengembangkan bakat wirausaha yang dapat menjanjikan, anak lebih termotivasi untuk mengembangkan lebih lanjut dari bakat ketrampilan yang terpendam.

Baca juga:   Sehat dan Cerdas dengan Senam Otak

Untuk memanfaatkan youtube sebagai media pembelajaran,dalam pembelajaran prakarya seorang guru harus mengetahui secara detail tentang Bagaimana membuat account di youtube; Bagaimana cara mengupload video pembelajaran di youtube sehingga dapat diakses oleh siswa atau siapapun; Bagaimana search atau mencari video pembelajaran di youtube untuk menambah pengetahuan siswa ataupun guru; Bagaimana mendownload video pembelajaran di youtube, baik itu tanpa software maupun dengan software; Bagaimana menjalankan (memutar) video pembelajaran dari youtube, baik secara online maupun offline setelah video tersebut didownload; Bagaimana menggunakan video pembelajaran agar terintegrasi dengan powerpoint untuk digunakan presentasi di kelas daring dan lain lain. Tutorial Youtube dalam pembelajaran prakarya mampu meningkatkan pemahaman siswa secara kontekstual dan memberi pencerahan yang langsung bisa di mengerti siswa. Aspek ketrampilan yang di tugaskan guru melalui tutorial youtube juga mampu mengembangkan skil siswa untuk mengerjakan tugas secara mandiri yang nantinya bisa di kembangkan dalam belajar berwirausaha di masa yang akan datang. (ipa1/zal)

Guru SMPN 7 Semarang.

Author

Populer

Lainnya