Pemberian Motivasi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Sekolah

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Perubahan dan perkembangan kehidupan telah memasuki era revolusi industri maju dan berkelanjutan. Pembangunan sumber daya manusia (SDM) menjadi target dan tujuan setiap negara termasuk Indonesia untuk mengimbangi perubahan dan perkembangan dunia. Proses pembangunan SDM dapat dilakukan melalui pelaksanan pendidikan terutama di lembaga pendidikan.

Pendidikan salah satu penentu mutu sumber daya manusia. Sekolah salah satu dari lembaga pendidikan mempunyai peranan yang sangat besar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dengan memberikan pelayanan yang baik kepada siswa. Sebelum memberikan pelayanan kepada siswa maka guru yang terlibat dalam proses belajar mengajar juga harus diperhatikan mutu kinerjanya sebagai bagian dari peningkatan mutu sumber daya manusia. Mutu sumber daya manusia berkontribusi positif bagi mutu pendidikan. Mutu pendidikan sering dinilai dengan kondisi yang baik, syarat yang terpenuhi, serta komponen yang komplit dalam pendidikan. Komponen-komponen tersebut adalah masukan, proses, keluaran, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, serta biaya. Kepala sekolah sebagai Decision Maker atau penentu kebijakan menjadi salah satu komponen penting dalam peningkatan mutu pendidikan. Karena, mutu pendidikan yang dicapai oleh lembaga pendidikan dapat dijadikan sebagai salah satu indikator keberhasilan kepala sekolah sebagai seorang pemimpin.

Baca juga:   Kabataku Tingkatkan Pemahaman Siswa Bilangan Bulat Campuran

Surya (2002:12) menjelaskan bahwa mutu pendidikan mempunyai makna sebagai suatu kadar proses dan hasil pendidikan secara keseluruhan yang ditetapkan sesuai dengan pendekatan dan kriteria tertentu. Kepala sekolah sebagai pimpinan tertinggi yang dapat menentukan kebijakan lembaga pendidikan sangat berpengaruh dan menentukan kemajuan sekolah terutama dalam peningkatan mutu sekolah. Seorang kepala sekolah harus memiliki kemampuan administrasi, memiliki komitmen tinggi, dan luwes dalam melaksanakan tugasnya. Kepemimpinan kepala sekolah yang baik harus dapat mengupayakan peningkatan mutu sekolah dengn cara meningkatkan kinerja guru melalui program pembinaan kemampuan tenaga kependidikan. Oleh karena itu kepala sekolah harus mempunyai kepribadian atau sifat-sifat dan kemampuan serta keterampilan-keterampilan untuk memimpin sebuah lembaga pendidikan.

Untuk mewujudkan tujuan di atas diperlukan seorang pemimpin atau kepala sekolah yang mampu mendesain sekolah dengan baik dan memiliki motivasi kerja yang tingggi, serta mampu menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif dapat mendukung kinerja guru yang berakhir pada peningkatan prestasi siswa. Peningkatan mutu sekolah juga terkait dengan peningkatan motivasi tenaga pendidikan atau guru dalam melaksanakan proses pembelajaran serta tugas lainnya.

Baca juga:   Bermain Sains Bisa Menumbuhkan Imajinasi Anak TK

Iskandar Agung (2013: 95) menjelaskan peran penting yang perlu melekat dalam diri dan pelaksanaan tugas kepala sekolah antara lain peran manajerial, peran motivator, peran fasilitator, peran administrator, peran supervisor, peran evaluator, peran pendidik, peran pencipta iklim sekolah, dan peran kewirausahaan. Kepala sekolah sebagai pemimpin adalah orang yang berada di barisan paling depan yang diharapkan para pengikut untuk mengarahkan mereka, sehingga tidak mengherankan jika pemimpin yang efektif pada umumnya sangat pandai untuk memotivasi diri sendiri dan memotivasi para pengikutnya.

Penulis sekaligus kepala sekolah di SDN Kenconorejo 03 Kecamatan Tulis Kabupaten Batang memotivasi diri dan meotivasi relasi kerja yaitu guru dengan memberikan arahan dan bimbingan dalam segala aktivitas kerjanya. Keterkaitan kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja, merupakan faktor yang saling mempengaruhi terhadap kinerja guru. Demikian halnya dengan kinerja guru ditentukan oleh tingkat sejauh mana kepemimpinan dan motivasi kerja. Kelangsungan hidup dan keberhasilan sekolah pada masa kini tergantung pada kemampuan pemimpinnya dalam mengantisipasi perubahan eksternal. (ipa1/ton)

Guru SDN Kenconorejo 03 Kec. Tulis Kab. Batang.

Author

Populer

Lainnya