P J J Menggunakan Wordwall Game Sangat Menyenangkan

spot_img

RADARSEMARANG.ID, KONDISI Pandemi Covid-19 tidak memungkinkan kegiatan belajar mengajar berlangsung secara normal. Terdapat ratusan ribu sekolah ditutup untuk mencegah penyebaran, sekitar 68 juta siswa melakukan kegiatan belajar dari rumah, dan sekitar empat juta guru melakukan kegiatan mengajar jarak jauh. Beberapa kendala yang timbul dalam pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) diantaranya kesulitan guru dalam mengelola PJJ dan masih terfokus dalam penuntasan kurikulum. Sementara itu, tidak semua orang tua mampu mendampingi anak-anak belajar di rumah dengan optimal karena harus bekerja ataupun kemampuan sebagai pendamping belajar anak. “Para peserta didik juga mengalami kesulitan berkonsentrasi belajar dari rumah serta meningkatnya rasa jenuh yang berpotensi menimbulkan gangguan pada kesehatan jiwa,” (Mendikbud. 7 Agustus 2020)

Penerapan PJJ ini ternyata tidak semulus yang kita harapkan, masalah yang dihadapai khususnya di SMP Negeri 43 Semarang diantaranya adalah menurunnya minat belajar peserta didik yang semakin hari semakin menurun. Hal ini dapat kita lihat pada presensi online, kegiatan Zoom maupun tugas-tugas yang kami berikan lewat google form, google classroom maupun WA.

Baca juga:   Mengoptimalkan PJJ Mekanika Teknik dengan Video Berbantu Aplikasi Cad

Kendala Pembelajaran Jarak Jauh baik memakai zoom, google med, google classroom, WA yang kami laksanakan di SMP Negeri 43 Semarang, anak merasa jenuh bahkan pada saat webinar anak yang mengikuti kurang dari 50 % sehingga tugas guru untuk memenuhi target ketuntasan merasa terhambat karena harus dengan menggunakan berbagai upaya, bahkan melakukan home visit untuk dapat memenuhi target ketuntasan.

Keuntungan menggunakan metode game Wordwall antara lain: peserta didik sangat tertarik untuk selalu mengikuti dan mengerjakan tugas-tugas, jenis game bervariasi, sehingga dapat berganti- ganti dan tidak membosankan.,terlihat prosentase dari peserta didik yang mengerjakan tugas meningkat dan hasilnya sangat baik, hasil bisa langsung diketahui, dapat dikerjakan dimanapun, sebagai hiburan untuk menghilangkan kejenuhan.

Memang dalam penerapan metode ini kami harus menyiapkan bahan dan memasukkannya dalam aplikasi game wordwall dengan teliti dan sabar. Kecuali itu banyak sekali pilihan permainan yang dpat dipilih untuk disajikan kepada peserta didik tinggal kita suaikan dengan materi atau tugas yang akan diberikan dalam pembelajaran jarak jauh, sehingga anak tidak jenuh dan bosan bahkan cenderung untuk menunggu tugas-tugas berikutnya.

Baca juga:   Pembelajaran Naratif Berbantukan Puzzle

Analisis hasil tes menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan hasil belajar mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 43 Semarang secara konsisten setelah menggunakan metode ini jika dibandingkan dengan hasil belajar selama pembelajaran jarak jauh sebelumnya. Kriteria keberhasilan bisa dicapai dalam implementasi tindakan menggunakan wordwall game. Selain itu juga menunjukkan bahwa penggunaan media word wall dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran yang ditunjukkan dengan perolehan nilai dan aktivitas tinggi yang tercatat dalam rekap presensi online yang mengumpulka tugas PPKn mencapai 80 %, hal ini membuktikan bahwa kejenuhan anak yang selama ini menjadi ganjalan sudah terpecahkan.

Wordwall adalah sebuah aplikasi yang menarik pada browser. Aplikasi khusus yang bertujuan sebagai sumber belajar, media, dan alat penilaian yang menyenangkan bagi murid. Ada banyak model permanian yang bisa dikreasikan karena disediakan templatenya. Selain itu juga gratis penggunaannya dapat dishare langsung melalui facebook, google classroom, twitter, atau melalui link ke grup WA. (ipa1/zal)

Guru SMPN 42 Semarang.

Author

Populer

Lainnya