Porfolio Based Learning Efektif Tingkatkan Hasil Belajar Ekonomi

Oleh: Indriyani, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, HASIL belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di MAN 4 Sleman Kabupaten Sleman tergolong masih rendah. Hal ini diantaranya disebabkan model pembelajaran yang selama ini diterapkan masih berfokus pada guru sebagai utama pengetahuan kurang efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penyampaian materi pelajaran ekonomi melalui metode ceramah akan sulit diterima oleh peserta didik kurang karena lebih banyak mendengarkan sehingga peserta didik kurang aktif dalam belajar sehingga pembelajaran menjadi membosankan.

Atas dasar itulah maka pembelajaran ekonomi perlu menggunakan model inovatif yaitu model pembelajaran yang menempatkan peserta didik sebagai subyek belajar, peristiwa dan masalah ekonomi sebagai sumber belajar dan guru bertindak sebagai director of learning yaitu pihak yang mengkondisikan dan memotivasi peserta didik untuk belajar. Salah satu model pembelajaran yang mengembangkan hal-hal tersebut adalah model pembelajaran berbasis portofolio (Portfolio Based Learning)
Portofolio sebagai model pembelajaran merupakan usaha yang dilakukan guru agar peserta didik memiliki kemampuan dalam mengungkapkan dan mengekspresikan dirinya sebagai individu maupun kelompok. Confrey dalam Arnie Fajar (2002:46) mengemukakan bahwa inti dari kegiatan pendidikan adalah memulai pelajaran dari apa yang diketahui siswa.

Annie Fajar (2002:98) menegaskan bahwa portofolio dapat menutupi kekurangan proses pembelajaran IPS selama ini dalam mengembangkan kecakapan sebagai warga Negara seperti keterampilan mengemukakan pendapat, memecahkan masalah, menggunakan berbagai sumber informasi, dan mengumpulkan data. Ciri khas dari portofolio adalah adanya kegiatan refleksi pengalaman belajarnya sehingga pembelajar termotivasi untuk belajar lebih baik Setting kontekstual yang dipilih berusaha mendekatkan pengetahuan baru dengan pengalaman nyata yang dikenal oleh peserta didik, sehingga merangsang partisipasi aktif peserta didik. Adapun tujuan pembelajaran berbasis portofolio adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar ekonomi peserta didik kelas XI IPS MAN 4 Sleman Kabupaten Sleman.

Baca juga:   Pentingnya Pendidikan Akhlak Siswa di Madrasah

Model pembelajaran portofolio merupakan pembelajaran dengan mendokumentasikan setiap tahapan atau fase dalam proses belajar. Langkah-langkah pembelajaran berbasis portofolio sebagai berikut, pertama, guru memberikan tugas berupa penyelesaian suatu permasalahan secara berkelompok, dimana setiap kelompok punya tugas masing-masing. Kedua, setiap anggota kelompok berdiskusi membahas permasalahan yang diberikan guru sehingga terjalin interaksi antarsesama anggota kelompok. Ketiga, selesai diskusi dilanjutkan dengan peserta didik mempresentasikan hasil karya mereka dalam suatu show case yang terdiri atas portofolio dokumen dan tayangan. Peserta didik yang lain menanggapi hasil presentasi. Keempat, guru memberikan penilaian terhadap hasil portofolio peserta didik. Kelima, guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil diskusi dan presentasi. Dalam kegiatan portofolio ini, guru dan peserta didik melakukan penyusunan portofolio di luar jam pelajaran.

Hasil penilaian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran berbasis portofolio ternyata membuat pelajaran ekonomi disikapi lebih positif oleh peserta didik. Pembelajaran berbasis portofolio dalam proses pembelajaran ekonomi mampu meningkatkan keaktifan peserta didik secara individu dan kelompok dalam menyampaikan materi di depan kelas dan belajar mandiri di rumah meningkat. Selain itu, peserta didik menjadi lebih berani mengemukakan pendapat dan dapat menerapkan materi pelajaran ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat. Model pembelajaran berbasis portofolio memberikan hasil belajar yang lebih baik dari pembelajaran ceramah karena penerapan model pembelajaran ini dapat menghindari kebosanan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran ekonomi, sehingga hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan telah terjadi perubahan pada diri peserta didik ke arah yang lebih baik. Karena peserta didik telah mengalami suatu proses belajar, sehingga hasil belajar mereka meningkat. Adanya peningkatan persentase daya serap peserta didik terhadap materi pelajaran menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis portofolio dalam pembelajaran ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Baca juga:   Belajar Grammar Lebih Mudah dengan Metode Mind Mapping

Hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis portofolio dalam pembelajaran ekonomi adalah: Siswa kurang memahami mengenai pembelajaran berbasis portofolio. Siswa masih sulit untuk mengemukakan pendapatnya. Siswa masih sulit untuk bekerja sama dalam satu kelompok. Ada beberapa hal yang dilakukan dalam mengatasi hambatan tersebut diantaranya: Guru menjelaskan secara rinci beserta contohnya mengenai pembelajaran berbasis portofolio. Guru memberikan penghargaan kepada setiap pendapat peserta didik bagaimanapun kualitasnya sehingga akan muncul kepercayaan pada diri peserta didik untuk mengemukakan pendapat. Guru menjelaskan bahwa dalam pembelajaran portofolio ini, berarti peserta didik juga belajar mengenai etika, tanggung jawab dan tenggang rasa.

Hasil peningkatan persentase daya serap peserta didik kelas XI IPS MAN 4 Sleman terhadap materi pelajaran ekonomi, menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis portofolio, efektif digunakan dalam pembelajaran ekonomi. (man1/zal)

Guru MAN 4 Sleman, Yogyakarta

Author

Populer

Lainnya