Whatsapp Berikan Solusi dalam Pembelajaran Jarak Jauh

spot_img

RADARSEMARANG.ID, KEGIATAN belajar mengajar harus tetap berlangsung melalui online learning atau daring dengan siswanya. Guru harus bisa memberikan sarana kepada siswanya untuk melanjutkan materi sesuai dengan jadwal sekolah masing-masing yang telah ditetapkan. Pembelajaran online learning ialah kegiatan belajar yang memakai teknologi, dimana peserta didik berusaha untuk menyelesaikan banyak tugas dan mengangkat keputusan pada setiap waktu (Gunawan, 2020).

Pembatasan terhadap segala aktivitas publik tersebut, membuat sekolah-sekolah harus memikirkan solusi supaya kegiatan belajar mengajar tetap berjalan efektif meskipun dengan cara belajar di rumah. Agar aturan tersebut dapat sepenuhnya dilaksanakan, maka kepala sekolah, dewan guru, siswa dan orang tua masing-masing mempunyai peran yang sangat penting agar belajar dari rumah secara daring bisa dilakukan secara efektif.

Penggunaan media pembelajaran sangat memberikan pengaruh terhadap peserta didik, dengan media pembelajaran proses pembelajaran akan lebih efektif, aktif dan kreatif, serta dapat menumbuhkan minat dan motivasi belajar peserta didik. Media social whatsapp saat ini telah banyak digunakan oleh berbagai kalangan terutam pelajar. Anwar dan Riadi (2017:3) mendefinisikan, whatsApp sebagai aplikasi chatting yang bisa mengirim pesan teks, gambar, suara, lokasi, dan video ke orang lain dengan menggunakan smartphone jenis apapun. Aplikasi whatsapp messenger biasanya menggunakan koneksi 3G/4G atau WiFi untuk komunikasi data. Dengan menggunakan whatsapp seseorang dapat melakukan obrolan online, berbagi file, dan bertukar informasi (Suryadi, 2018:5).

Baca juga:   Meningkatkan Aktivitas Belajar IPS di Masa Pandemi dengan Film Animasi

Di samping kelebihan media whatsapp juga memiliki kekurangan. Adapun beberapa kekurangannya yaitu peserta didik sulit untuk bisa fokus pada pembelajaran. Karena suasana rumah yang kurang kondusif, keterbatasan internet atau kuota yang menjadi penghubung dalam pembelajaran daring. Banyak sekali orang tua yang turut mengeluhkan beberapa masalah yang dihadapi peserta didik dalam belajar di rumah yakni terlalu banyak tugas yang diberikan kepada peserta didik, kurangnya kemampuan berinteraksi dan pendidik cenderung sering memberikan tugas sehingga peserta didik merasa terbebani oleh tugas-tugas tersebut.

Untuk itu, guru diharapkan benar-benar dapat memanfaatkan media whatsapp supaya terjadi interaksi secara optimal antara guru dan peserta didik. Supaya tidak memunculkan miskonsepsi. Karena hal ini akan berpengaruh pada psikologis siswa dan perkembangan peserta didik. Dimulai dari rasa minder, merasa tertinggal, hingga kurang bisa mengikuti teman lain. Semoga di tengah pandemi Covid-19 ini, guru dan siswa tetap bisa belajar seperti biasanya, sama seperti saat sebelum terjadi pandemic Covid-19 melalui whatsapp. (agu2/ida)

Baca juga:   Membuka Wawasan Wirausaha dengan Belajar di Luar Kelas

Gutu SD Negeri Banjarsari 1

Author

Populer

Lainnya