Tingkatkan Keaktifan Belajar Luas Selimut Kerucut Melalui Presentasi Online

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran secara online atau daring di era pandemi sudah menjadi pilihan terbaik untuk mengurangi penyebaran covid-19. Namun ini juga menyebabkan permasalahan dalam proses pembelajaran khususnya pada pembelajaran matematika materi luas selimut kerucut.

Lamanya masa pembelajaran daring juga menyebabkan siswa jenuh karena pembelajaran yang begitu- begitu saja, dan tidak adanya pegawasan dalam pembelajaran. Siswa kelas IX SMP Negeri 7 Pemalang hanyalah pasif dalam menerima pelajaran. Ada banyak siswa yang malas mengerjakan soal – soal latihan, maupun pekerjaan rumah. Siswa kurang memperhatikan, sehingga ketika diberi kesempatan untuk menjawab maupun mengajukan pertanyaan tidak banyak siswa yang menggunakan kesempatan tersebut.

Hal tersebut mengakibatkan siswa menjadi tidak paham pada materi luas selimut kerucut sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa sangat kurang bagus. Pembelajaran adalah integrasi dari proses dan produk. Hal ini mengindikasikan bahwa proses pembelajaran yang baik akan berdampak baik pula pada produk atau hasil dari pembelajaran tersebut. Salah satu hal yang berpengaruh pada proses pembelajaran adalah keaktifan belajar siswa. Apabila siswa aktif maka siswa dapat mengembangkan sendiri potensi yang ada pada dirinya.

Keaktifan belajar adalah kegiatan atau kesibukan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah maupun di luar sekolah yang menunjang keberhasilan siswa (Ulun, 2013: 12). Mulyono (Kurniati, 2009: 12) mengatakan bahwa keaktifan adalah kegiatan atau aktifitas atau segala sesuatu yang dilakukan atau kegiatan-kegiatan yang terjadi baik fisik maupun non fisik. Menurut Dimyati & Mudjiono (2006: 45) indikator keaktifan mencakup antaranya: 1) siswa mau mencatat atau sekedar mendengarkan penjelasan guru, 2) siswa memperhatikan hal-hal yang dijelaskan oleh guru tentang materi pelajaran, 3) siswa mencatat tugas yang diberikan dan mengerjakan tugas rumah, 4) siswa mau berdiskusi dalam kelompok untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan pelajaran, 5) siswa mampu melibatkan diri dalam proses tanya jawab dalam kelas, 6) siswa mau terlibat dalam menyimpulkan pembalajaran bersama guru dan teman siswa lainnya.

Baca juga:   Metode Inside-Outside-Circle pada Operasi Hitung Bilangan

Keaktifan belajar luas selimut kerucut melalui presentasi online adalah pembuatan video presentasi oleh siswa yang dikirimkan secara online melalui google classroom. Ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan penggunaan semua potensi yang dimiliki oleh siswa, sehingga siswa dapat mencapai hasil belajar yang memuaskan sesuai dengan karakteristik yang dimiliki. Kegiatan pembelajaran dilakukan mulai dengan pemberian materi luas selimut kerucut melalui video simulasi pembuktian rumus luas selimut kerucut dan pemberian contoh penyelesaian dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan luas selimut kerucut. Materi pembelajaran ini diberikan kepada siswa melaui google classroom. Siswa diminta untuk memahami isi video pembelajaran, selanjutnya mengerjakan tugas dan dipresentasikan melalui video. Video presentasi dari siswa dikirimkan ke google classroom untuk diberi nilai.

Pada zoom pembelajaran pertemuan berikutnya, video presentasi dari beberapa siswa ditayangkan. Siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan pendapat ataupun pertanyaan berdasarkan video presentasi yang ditayangkan. Sedangkan siswa pemilik video presentasi, diminta untuk menanggapi pendapat maupun menjawab pertanyaan dari siswa yang lainnya. Setelah tidak ada siswa lagi yang mengemukakan pendapat, guru membimbing siswa untuk menemukan pendapat ataupun jawaban yang tepat dari permasalahan yang telah dibahas. Selanjutnya bersama-sama membuat kesimpulan penyelesaian materi luas selimut kerucut. Kegiatan presentasi online, berhasil membuat siswa lebih aktif dalam belajar luas selimut kerucut. Ini juga menimbulkan peningkatan pada nilai ulangan luas selimut kerucut. (pg2/ton)

Baca juga:   Senangnya Menganalisa Teks Advertisement dengan Model Examples Non Examples

Guru Matematika SMP Negeri 7 Pemalang

Author

Populer

Lainnya