Optimalisasi Pembelajaran Daring Masa Pandemi melalui Aplikasi EDMODO

spot_img

RADARSEMARANG.ID, MEWABAHNYA Corona Virus Disease atau lebih dikenal dengan Covid-19 membuat pengalaman baru dalam dunia pendidikan. Pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk meliburkan siswa dan menggantinya dengan Belajar Dari Rumah (BDR). Sistem pembelajaran dalam jaringan (daring) atau online menjadi satu-satunya pilihan yang harus dijalankan oleh guru agar siswa tetap memperoleh pembelajaran dan prestasi meskipun berada dirumah.

Siswa belum sepenuhnya menguasai media internet, oleh karena itu guru dituntut untuk mendesain pembelajaran daring yang ringan dan efektif agar seluruh siswa dapat mengaksesnya dengan mudah sehingga siswa dapat belajar dan memperoleh prestasi yang maksimal karena menurut Tohirin (2006:151), yang mengemukakan bahwa prestasi belajar adalah apa yang telah dicapai oleh siswa setelah melakukan kegiatan belajar. Pencapaian prestasi belajar atau hasil belajar siswa, merujuk kepada aspek-aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Ketiga aspek tersebut tidak dapat dipisahkan, karena merupakan satu kesatuan. Pembelajaran daring melalui WA, Telegram ataupun GCR sudah dianggap mulai menjenuhkan dan membosankan oleh sebagian besar siswa. Penelitian ini menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut pada SMA Negeri 1 Getasan.

Baca juga:   Dongkrak Aktivitas Belajar di Masa Pandemi dengan SOLE

Edmodo dipilih sebagai media pembelajaran daring yang efektif karena merupakan aplikasi gratis yang mudah diakses oleh guru berisi berbagai fitur yang dapat digunakan dalam memfasilitasi pembelajaran meliputi Assignment, Quiz, File and Link, Library, Gradebook, Award Badge, Polling, dan Parent Code. Edmodo adalah platform micro blogging pribadi yang di kembangkan untuk guru dan siswa, dengan mengutamakan privasi siswa. Guru dan siswa dapat berbagi catatan, tautan, dan dokumen. Guru juga memiliki kemampuan untuk mengirimkan sesuatu dalam kerangka waktu yang dapat di lihat pubik.

Edmodo sendiri memiliki berbagai fungsi dan kelebihan antara lain : Pertama, untuk mempermudah komunikasi antara murid dengan murid atau guru dengan guru , Kedua, sebagai sarana komunikasi belajar dan berdiskusi, Ketiga, sebagai tempat untuk ujian dan quiz, dan lain sebagainya, Keempat, User Interface mengadaptasi tampilan seperti facebook, secara sederhana edmodo relatif mudah untuk di gunakan bahkan untuk pemula sekalipun, Kelima , Compatibility Edmodo mendukung preview berbagai jenis format file seperti : pdf, pptx, html, swf, dan lain sebagainya. Keenam, Aplikasi Edmodo tidak hanya dapat di akses dengan menggunakan PC (laptop / desktop) tetapi juga bisa di akses dengan menggunakan gadget berbasis Android OS. Edmodo di rancang untuk membuat siswa bersemangat belajar di lingkungan yang lebih akrab. Di dalam edmodo, guru dapat melanjutkan diskusi kelas online, memberikan polling untuk memeriksa pemahaman siswa secara individual berdasarkan kinerja atau perilaku. Edmodo memudahkan untuk melacak kemajuan siswa. Semua nilai dan rencana belajar di tugaskan dan di berikan melalui edmodo dan di simpan sehingga mudah untuk di akses.

Baca juga:   Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Inggris lewat WhatsApp

Kesimpulan yang dapat penulis ambil bahwa dengan menggunakan aplikasi Edmodo siswa dapat dengan mudah mengakses edmodo seperti bermain social media, selain itu orang tua juga dapat memantau perkembangan belajar putra-putrinya. Optimalnya pembelajaran daring melalui aplikasi Edmodo dibuktikan dengan antusiasme siswa saat pembelajaran daring berlangsung dan meningkatnya hasil belajar dan prestasi siswa. Ubah pikiranmu dan kamu akan mengubah duniamu. (pg2/zal)

Guru TIK SMAN 1 Getasan Kab. Semarang

Author

Populer

Lainnya