Manfaatkan Aplikasi Canva dalam Pembuatan Media Pembelajaran IPS di Masa Pandemi

Oleh : Sri Wahyudin S

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan pelajaran yang wajib ada pada setiap jenjang pendidikan, khususnya SD-SMP-SMA/SMK. Menurut Somantri, Numan (2001) pendidikan IPS adalah penyederhanaan atau adaptasi dari disiplin ilmu-ilmu sosial dan humaniora, serta kegiatan dasar manusia yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan pedagogi/psikologis untuk tujuan pendidikan. Seperti yang telah diketahui secara umum, pelajaran IPS banyak memuat materi hafalan yang kerap kali membuat siswa merasa jenuh. Hal tersebut terjadi pula di SMPN 41 Semarang.

Maka akan lebih menarik jika didukung dengan media pembelajaran yang dinilai dapat menggaet minat belajar siswa. Selain itu, berbagai kebijakan dikeluarkan pemerintah untuk menangani kelumpuhan berbagai sektor akibat wabah berkepanjangan Covid-19.

Mengingat pada masa pandemi, waktu, lokasi dan jarak menjadi permasalahan besar saat ini (Kusuma & Hamidah, 2020). Pada sektor pendidikan kemudian mengambil kebijakan PJJ (pembelajaran jarak jauh). Menurut sebelumnya Sun et al., (2020), wabah Covid-19 mendesak pengujian pendidikan jarak jauh hampir yang belum pernah dilakukan secara serempak bagi semua elemen pendidikan yakni peserta didik, guru hingga orang tua.

Keadaan tersebut kemudian menuntut para guru SMPN 41 Semarang sebagai pendidik memanfaatkan berbagai aplikasi penyelenggaraan pembelajaran salah satunya google classroom. Juga menyediakan media-media penunjang pembelajaran online.

Baca juga:   Efektivitas Penggunaan Videogram Pembelajaran

Ketika guru hanya sekadar membagikan tugas dan materi dari buku akan terkesan membosankan. Salah satu aplikasi yang kini sedang naik daun yaitu aplikasi canva yang aktif digunakan sebagian guru SMPN 41 Semarang. Aplikasi tersebut berukuran kurang lebih 24MB dan dapat didownload serta diinstal melalui HP (playstore) dan PC/laptop. Jika dikhawatirkan dengan menginstal aplikasi editor tersebut akan menguras memori maka dapat diakses melalui website www.canva.com. Sangat mudah bukan. Pertanyaan yang muncul kemudian, Apakah aplikasi tersebut dapat diakses secara gratis? Jawabannya, aplikasi tersebut dapat didownload secara gratis, hanya saja ada beberapa vitur di dalamnya yang tidak tersedia cuma-cuma. Meskipun demikian, aplikasi tersebut tetap worth it digunakan sebagai editor media pembelajaran online.

Dikatakan dalam website https://dailysocial.id/ oleh Bambang Winarso (2018), canva adalah aplikasi desain grafis menjembatani penggunanya untuk dengan mudah merancang berbagai jenis material kreatif secara online. Mulai dari mendesain kartu ucapan, poster, brosur, infografik, hingga presentasi. Pada masa PJJ ini banyak kita jumpai video pembelajaran yang tersebar di YouTube dengan memanfaatkan desain grafis dari aplikasi canva.

Selain menarik minat siswa, menggunakan aplikasi tersebut juga dapat mengasah kemampuan guru dalam bidang IT. Bagaimana cara menggunakan canva? Pengguna hanya perlu mendaftar terlebih dahulu menggunakan akun gmail yang sudah dimiliki, dan login. Setelah login, pengguna akan disambut dengan berbagai template yang dikelompokkan berdasarkan platform seperti recommended, social media, events, marketing, documents, order prints, video, school, dan personal. Maka pengguna yang berupa guru dapat memilih school yang nantinya akan muncul platform berkaitan tentang kebutuhan guru seperti poster, infographic, presentation, brochure, worksheet, lesson plan, yearbook, class schedule, mind map, dll. Pada bagian atas terdapat kolom pencarian yang fungsinya untuk membantu pengguna menemukan template spesifik sesuai kebutuhan. Pengguna dapat membuat desainnya sendiri maupun memanfaatkan template yang sudah ada kemudian diedit sesuai kreatifitas guru. Sebagai contoh, pada mata pelajaran IPS dengan materi “Interaksi Keruangan dalam Kehidupan di Negara-negara ASEAN” yang dapat diakses siswa melalui YouTube SMPN 41 Semarang menggunakan aplikasi canva. Tanpa perlu merasa khawatir, template yang disediakan gratis oleh canva dirasa cukup untuk mendesain media pembelajaran. Pemanfaatan aplikasi canva untuk membuat media pembelajaran yang menarik tidak hanya bermanfaat di saat PJJ saja, namun juga dapat diteruskan ketika dunia sudah membaik terlepas dari wabah Covid-19. (ipa1/lis)

Baca juga:   Pembelajaran Operasi Aljabar dengan Model TGT

Guru SMPN 41 Semarang

Author

Populer

Lainnya