Word Wall Solusi Mengatasi Kejenuhan dalam Belajar dari Rumah

Oleh : Nur Latifah, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Aktivitas belajar di rumah selama masa pandemi tak hanya memunculkan sejumlah kendala, seperti menimbulkan kejenuhan pada beberapa anak yang akhirnya bermuara pada penurunan semangat belajar. Oleh karena itu kreativitas guru dituntut untuk lebih dalam membangun interaksi dengan siswa.

Pembelajaran online menjadi alternatif metode belajar yang dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mencegah penyebaran virus corona. Lamanya waktu Belajar dari rumah atau WFH (work from home) telah membuat kebanyakan siswa merasa jenuh, malas, tidak produktif dan semangat yang menurun, hingga memunculkan rasa kangen dengan teman-teman di sekolah.

Untuk mengatasi Kejenuhan Siswa selama masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dibutuhkan berbagai kreatifitas dan inovasi Guru menggunakan berbagai Model dan media pembelajaran yang menarik. Salah satunya adalah menggunakan Game Edukasi Word Wall.

Word wall adalah web aplikasi yang kita gunakan untuk membuat games berbasis kuis yang menyenangkan. Dengan wordwall berbagai macam model games dapat kita buat, web aplikasi ini cocok buat para guru/educator yang ingin menggunakan pendekatan lain dalam merancang dan mereview sebuah penilaian pembelajaran.

Dalam pembelajaran Bahasa Inggris Word Wall menjadi salah satu alternatif media pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam penguasaan Vocabulary. Dengan konsep belajar dan bermain, wordwall sangat cocok digunakan guru saat pembelajaran daring agar siswa tidak merasa jenuh. Hal yang paling menarik dari word wall adalah games yang dibuat dapat dimainkan secara offline dengan fasilitas Printable yang disediakan, wordwall juga mendukung share games ke berbagai platform sosial media dan embedded code.

Baca juga:   PJJ IPA dengan Google Sites

Langkah-langkah membuat games atau kuis dengan menggunakan word wall adalah yang pertama, guru harus mendaftar terlebih dahulu agar memiliki akun word wall, jika sudah memiliki akun berikutnya adalah log in dan memilih menu create activity, ada banyak template gratis yang dapat dipilih untuk memulai sebuah aktivitas/game dan kita bebas memilih salah satu untuk dimainkan bersama siswa/murid kita.

Langkah berikutnya adalah membuat konten/pertanyaan yang sudah kita siapkan untuk bermain dengan siswa kita. Misal dalam hal ini penulis ingin menambah/meningkatkan kosa kata bahasa Inggris dengan tema Things around us maka penulis membuat daftar pertanyaan seputar benda-benda di lingkungan kita sebanyak 20 pertanyaan beserta jawabannya kemudian kemudian mencentang untuk jawaban yang benar.

Langkah ketiga setelah menyusun daftar pertanyaan dan mencentang jawaban selanjutnya adalah mengatur waktu atau timer yang terdiri dari Count Up dan Count Down. Tidak hanya itu terdapat pula pengaturan lives atau nyawa yang dimiliki serta kecepatan berjalannya games. Lives disini berguna saat menjalankan game dan melakukan kesalahan maka game akan tetap dapat dimainkan selama nyawanya masih ada, tinggal bagaimana kita mensetting pengaturan permainan tersebut pada option pengaturan yang letaknya berada di bagian bawah konten. Setelah pengaturan selesai berikutnya adalah tinggal memainkan games belajar tersebut bersama dengan siswa siswa kita dengan cara membagikan link di grup belajar dengan para siswa.

Baca juga:   Memenfaatkan Retorika Iklan di Youtube sebagai Alternatif Pembelajaran Menulis Iklan

Wordwall dengan template yang sudah dibuat ini nantinya akan menampilkan pertanyaan yang sudah dimasukkan. Ada gambar benda-benda di sekitar kita beserta dengan jawaban yang berisi benar, lalu pemain tinggal memainkan sesuai dengan instruksi. Nanti ada score akhir berapa banyak kita menjawab soal-soal dengan benar.

Pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan media game word wall dapat dijadikan sebagai wahana, penghubung sehingga pesan yang disampaikan kepada siswa dapat tersampaikan dengan baik. Siswa menjadi lebih aktif dan dapat mengatasi kejenuhan akibat belajar dari rumah yang berkepanjangan karena penyampaian pembelajaran dalam bentuk permainan. (pg1/ton)

Guru SMP Negeri 4 Taman.

Author

Populer

Lainnya