Meningkatkan Prestasi dengan Bersaing Menggunakan Kahoot

Oleh: Lidya Eva Rosianty Gultom, S.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, MASA pandemi yang membatasi kegiatan belajar mengajar, menuntut guru mencari cara untuk mengembangkan kegiatan belajar mengajar secara menarik. Pendidik harus semakin kreatif membuat metode pembelajaran. Dengan kreativitas pembelajaran yang dibuat tidak menutup kemungkinan peserta didik dapat meningkatkan prestasinya. Permendikbud No. 22 Tahun 2016 menyebutkan bahwa kegiatan guru mempersiapkan pembelajaran meliputi perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran. Guru perlu memanfaatkan media pembelajaran online untuk membuat penilaian yang menyenangkan.

Kahoot adalah satu media pembelajaran online yang interaktif dan menyenangkan. Media ini dapat digunakan untuk kuis atau penilaian. Kahoot dapat diakses di Playstore bagi pengguna android. Hal ini dapat memudahkan guru menggunakan aplikasi tersebut, karena praktis dan mudah dikerjakan dimanapun. Kahoot dapat digunakan bersamaan dengan aplikasi yang mendukung pendidik agar lebih mudah memantau peserta didik secara bersamaan, seperti whatsapp group, zoom, dan sebagainya.

Bermain kuis matematika menggunakan kahoot bertujuan meningkatkan minat peserta didik terhadap mata pelajaran matematika. Sebab, tingkat kejenuhan dan kebosanan peserta didik kelas VIII SMPN 2 Brangsong mengikuti pembelajaran jarak jauh sedikit bertambah. Pada pelajaran matematika materi aritmatika sosial, peserta didik kurang fokus dan konsentrasi mengikuti pelajaran. Mereka cenderung kurang bersemangat, sehingga mereka terkadang terlambat mengumpulkan tugas, bahkan tidak mengerjakan. Maka, sebagai fasilitator perlu mendesain media pembelajaran menggunakan kahoot dengan menarik agar peserta didik mampu meningkatkan minat mereka.

Baca juga:   Belajar Energi dan Perubahannya melalui Pembelajaran Berbasis Proyek

Langkah pertama yang dilakukan adalah pendidik masuk pada website www.kahoot.com lalu signup atau dapat menggunakan akun google mail, kemudian tentukan peran sebagai teacher dan lengkapi data. Langkah kedua, klik tombol create pilih new kahoot. Kemudian, membuat soal atau pertanyaan dengan bermacam tipe kuis. Pendidik dapat memilih tombol Add question lalu pilih tipe kuis yang diinginkan, seperti quiz (pilihan jawaban) atau true or false (benar atau salah). Setelah soal-soal selesai dibuat, kuis dapat dimainkan dalam kelas online. Kuis yang akan dimainkan akan teridentifikasi dengan sebah PIN. Pada tahap ini, pendidik melakukan pembelajaran menggunakan aplikasi zoom, memastikan berapa jumlah peserta didik yang hadir di ruang zoom. Kemudian, pendidik melakukan share screen untuk menampilkan PIN kuis yang akan dimainkan. Peserta didik membuka situs kahoot.it dan memasukkan PIN yang ditampilkan. Pendidik memastikan jumlah peserta didik yang hadir di zoom dan yang mengikuti kuis jumlahnya sama banyak. Soal demi soal ditampilkan dan peserta didik menjawab dengan konsentrasi yang tinggi, karena mereka harus menjawab dengan benar dan secepat mungkin. Saat mengerjakan soal, kahoot menghitung mundur dan menghitung peringkat lima teratas berdasarkan poin jawaban benar dan tercepat.

Baca juga:   PJJ Mapel IPA dengan Aplikasi Moodle dan WA Lebih Kreatif

Hal ini menunjukkan bahwa peserta didik terpacu untuk meningkatkan prestasinya dengan bersaing bersama teman-temannya agar mendapatkan peringkat teratas pada permainan ini. Permainan ini menciptakan kompetisi antar peserta didik. Dengan demikian, penggunaan media pembelajaran kahoot dapat meningkatkan prestasi peserta didik karena memacu persaingan yang seru. (pg1/zal)

Guru SMPN 2 Brangsong.

Author

Populer

Lainnya