Belajar Program Linear dengan Geogebra

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran Matematika secara umum lebih kepada pengenalan rumus dan konsep secara verbal, tanpa adanya visualisasi nyata, sehingga banyak siswa beranggapan bahwa mata pelajaran matematika sulit dipahami. Seperti yang terjadi di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kedungwuni pada materi Program Linear, di mana sebagian siswa tidak mengetahui mengapa dan untuk apa mereka belajar mengenai Program Linear. Padahal materi Program Linear banyak penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Program Linear merupakan salah satu bidang matematika terapan yang banyak digunakan untuk memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya membantu pimpinan perusahaan dalam mengambil keputusan manajerial. Permasalahan yang berhubungan dengan Program Linear selalu berhubungan dengan optimasi fungsi objektif berdasarkan berbagai kondisi yang membatasinya, dalam hal ini optimasi yang berupa memaksimumkan atau meminimumkan fungsi objektif. Secara umum, Program Linear terdiri atas fungsi objektif dan fungsi kendala.

Salah satu metode yang diterapkan di SMA Negeri 1 Kedungwuni untuk pembelajaran materi Program Linear adalah dengan bantuan Geogebra. Menurut Hohenwarter (2008), Geogebra adalah program komputer untuk membelajarkan matematika khususnya geometri dan aljabar. Geogebra dapat diinstal pada komputer maupun smartphone dan dimanfaatkan kapan dan di manapun oleh siswa maupun guru.

Baca juga:   Tingkatkan Kemampuan Melukis dengan Metode Scientific Approach

Adapun langkah pembelajaran pada materi Program Linear adalah sebagai berikut: menyampaikan konsep-konsep materi; melatih siswa untuk menggunakan logika dalam menyusun fungsi objektif; memberikan contoh penyelesaian fungsi objektif yang dibatasi oleh beberapa fungsi kendala sehingga diperoleh nilai optimum; merancang fungsi objektif dan fungsi kendala berdasarkan soal cerita yang melibatkan permasalahan sehari-hari.

Pada saat menyelesaikan fungsi objektif, siswa diharuskan menggambarkan daerah penyelesaian yang merupakan gabungan dari beberapa fungsi kendala. Dengan bantuan Geogebra inilah proses menggambarkan daerah penyelesaian menjadi lebih mudah dimengerti oleh siswa. Proses penggunaan Geogebra untuk menggambarkan daerah penyelesaian sangatlah sederhana, siswa hanya tinggal mengetikkan saja fungsi kendala pada aplikasi, secara otomatis akan muncul daerah penyelesaiannya. Selain itu, secara otomatis juga siswa dapat memperoleh titik-titik yang dianggap sebagai titik penyelesaian, di mana titik tersebut kemudian diujikan pada fungsi objektif sehingga akan diperoleh nilai optimum.

Kemudian pada saat penggunaan Geogebra, masing-masing siswa diminta untuk menginstal aplikasi Geogebra di smartphone masing-masing. Kemudian siswa dikelompokkan dalam beberapa kelompok yang beranggotakan 4-5 siswa. Dalam masing-masing kelompok, siswa diarahkan untuk berdiskusi mengenai materi Program Linear, meliputi pemahaman materi, menyelesaikan soal-soal, serta membuat kesimpulan dari hasil diskusi. Guru hanya memantau jalannya diskusi pada masing-masing kelompok, jika diperlukan guru dapat memberikan penjelasan singkat. Kemudian setiap kelompok mempresentasikan hasil diskunya.

Baca juga:   Mind Mapping Belajar Bahasa Indonesia Lebih Menarik dan Menyenangkan

Dengan adanya visualisasi gambar daerah penyelesaian fungsi objektif melalui Geogebra, kemampuan siswa dalam memahami materi Program Linear menjadi lebih baik, terutama pada saat menggambarkan daerah penyelesaian, serta dapat membangkitkan kreativitas siswa. Selain itu, keaktifan siswa dalam pembelajaran juga semakin meningkat. Dan pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Program Linear, sehingga tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada materi Program Linear sangat tinggi. (lbs1/ton)

Guru Matematika SMA Negeri 1 Kedungwuni, Kab. Pekalongan.

Author

Populer

Lainnya