Project Based Learning Menjadikan Pembelajaran Lebih Bermakna saat BDR

Oleh : Mulyadi, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID Dengan kondisi pandemi Covid-19 proses belajar-mengajar di sekolah dihentikan sementara dan siswa-siswi harus belajar di rumah dengan sistem daring. Ini untuk mencegah dan menekan laju penularan virus, terutama di lingkungan sekolah.

Sistem belajar di rumah (BDR) memiliki banyak kendala dan tantangan yang berbeda. Guru dituntut lebih kreatif dan inovatif dalam melaksanakan pembelajaran daring. Harus diakui proses pembelajaran daring yang sudah berjalan cukup lama, masih belum maksimal.
Banyak orang tua mengeluhkan pembelajaran daring karena banyaknya tugas yang diberikan guru kepada siswa. Terutama di Sekolah Dasar (SD) siswa masih cenderung bergantung dari HP orang tua. Padahal dalam hal ini orang tua juga memiliki kesibukan bekerja.

Tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Dalam masa pandemi Covid-19 ini guru harus bisa mengemas pembelajaran yang dapat menuntun anak untuk mengenali permasalahan yang ada di masa pandemi ini. Pembelajaran daring harus disusun secara menarik, bermanfaat, dan bermakna sehingga tidak menimbulkan kebosanan dalam kegiatan belajar di rumah (BDR).

Baca juga:   Memahami Daur Air Menggunakan Concept Mapping

Pembelajaran dari rumah hendaknya merangsang kemampuan anak untuk mengatasi permasalahan yang ada, terutama pada masa pandemi seperti sekarang ini. Proses kegiatan belajar di rumah siswa jangan hanya mengerjakan soal-soal. Karena cenderung menjauhkan siswa dari persoalan kehidupan nyata. Akan tetapi pembelajaran dibuat semenarik mungkin agar siswa tidak mengalami kebosanan dan pembelajaran juga lebih bermakna.

Model pembelajaran project based learning merupakan pembelajaran berbasis proyek memberikan kesempatan untuk memperluas pengetahuan dan mengembangkan keterampilan melalui pemecahan masalah dan investigasi. Pada project based learning siswa dapat melakukan kegiatan praktik berdasarkan permasalahan dari kehidupan nyata. Siswa juga dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis lalu mengaplikasikan pengetahuan untuk membuat sebuah projek yang akan memecahkan masalah yang disajikan, sehingga siswa tahu makna dari pembelajaran yang dilakukan.

Selain itu dengan pembelajaran berbasis projek tersebut siswa tidak akan mengalami kebosanan dalam kegiatan pembelaran dari rumah. Dalam hal ini siswa tidak hanya mengerjakan soal tetapi siswa terangsang otaknya untuk berkreasi dan berinovasi.

Baca juga:   Mudahnya Belajar Klasifikasi Hewan dengan Metode Bernyanyi

Model pembelajaran based learning juga bisa dilakukan melalui kegiatan pembelajaran dari rumah. Seperti yang dilakukan pada siswa kelas 4 SD Negeri Cebongan 2, yaitu dengan projek pembuatan poster yang menarik dan terkait dengan Covid-19. Selain membuat poster siswa juga bisa menceritakan isi dari poster tersebut menjadi sebuah cerita.

Dalam kegiatan pembelajaran tersebut, guru memberikan petunjuk dan tata cara tentang tugas projek yang akan dikerjakan siswa melalui rekaman video yang dishare melalui WA grup. Siswa bisa memulai dengan mengumpulkan beberapa jenis gambar di internet tentang Covid-19, lalu mulai merancang poster yang akan dibuat.

Setelah poster jadi, siswa lalu bisa membuat cerita tentang isi poster tersebut, terkait bagaimana cara mencegah penularan Covid-19. Dalam hal ini siswa dapat memperoleh pengalaman langsung dari kegiatan pembelajaran tersebut, sehingga menjadikan pembelajaran lebih bermakana dan tidak menimbulkan kebosanan bagi siswa. Karena siswa tidak hanya mengerjakan soal saja tetapi siswa tetapi siswa juga sibuk dengan aktivitas untuk menciptakan sebuah karya dari proses pembelajaran tersebut. (bs1/lis)

Guru SDN Cebongan 02 Kota Salatiga.

Author

Populer

Lainnya