Meningkatkan Kemantapan Studi Lanjut melalui Virtual Inspiration Class

Oleh : Astia Meilinda Supriyadi, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pada era globalisasi pendidikan untuk generasi bangsa di Indonesia tidak cukup hanya sampai SMP. Pendidikan yang lebih tinggi akan membantu generasi bangsa Indonesia bersaing di era globalisasi saat ini. Oleh karena itu perlu ada kelanjutan studi setelah SMP atau sederajatnya.

Ada 2 jalur studi lanjut yang dapat dipilih oleh siswa. Jalur pertama adalah mendaftar ke Sekolah Menengah Atas (SMA). Sedangkan jalur yang kedua adalah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Dari hasil wawancara pada saat BDR, dengan siswa kelas 9I SMP Negeri 1 Bawen ada 17 (53%) siswa yang belum menentukan kelanjutan studinya. Padahal kelanjutan studi harus dipersiapkan sedini mungkin.

Dalam menentukan kelanjutan studi ke SMA atau SMK perlu ada pertimbangan-pertimbangan. Siswa perlu mengidentifikasi bakat, minat, kemampuan, biaya pendidikan, tujuan ke depan, jarak rumah dan sekolah, dan sebagainya.

Dalam memberikan pertimbangan tersebut, siswa dapat berkonsultasi dengan guru BK. Nantinya, guru BK dapat memberikan layanan bimbingan karier untuk membantu siswa menentukan pilihannya. Menurut Surya (1998: 31) bahwa bimbingan karier merupakan salah satu jenis bimbingan yang berusaha untuk membantu siswa dalam memecahkan masalah karier, memperoleh penyesuaian diri yang sebaik-baiknya antara kemampuan dan lingkungan hidupnya, memperoleh keberhasilan dan mampu mewujudkan diri dalam perjalanan hidupnya.

Baca juga:   Stop Bullying!

Ada banyak cara dalam memberikan bimbingan karier seperti bimbingan kelompok, klasikal, konseling individu, dan sebagainya. Pada masa pandemi saat ini, layanan BK dapat menyesuaikan dengan situasi dan kondisi. Salah satu cara dalam memberikan layanan adalah dengan Virtual Inspiration Class.

Virtual Inspiration Class adalah kelas yang menghadirkan profesional atau orang yang berkompeten di bidangnya untuk berkomunikasi, berinteraksi, berkolaborasi, menjelaskan ide kepada siswa secara online.

Virtual Inspiration Class memungkinkan siswa untuk mendengarkan penjelasan dan bertanya kepada narasumber dari berbagai latar belakang serta dapat belajar langsung dari ahlinya. Virtual Inspiration Class membuat siswa mendapatkan narasumber tidak hanya guru selama kedua belah pihak memiliki koneksi internet yang andal.

Kelebihan dari Virtual Inspiration Class adalah siswa mendapatkan informasi dan ilmu langsung dari narasumber yang berkompten di bidangnya, waktu yang diperlukan fleksibel tergantung kesepakatan antara narasumber dan host. Tidak membutuhkan biaya yang besar dan hanya membutuhkan kuota yang stabil, bisa diikuti oleh banyak peserta. Serta tidak terbatas jarak sehingga bisa mengundang berbagai narasumber. Misal alumni yang ada di luar negeri, pekerja dengan profesi tertentu di luar pulau, dan sebagainya.

Baca juga:   Tingkatkan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Berbicara

Langkah-langkah dalam Virtual Inspiration Class adalah buat virtual classroom bisa menggunakan berbagai aplikasi seperti google meeting, zoom, cisco webex, teams, dan sebagainya, sebarkan link kelas virtual tersebut kepada siswa melalui media yang biasa digunakan untuk pembelajaran online, seperti Whatsapp, telegram, GCR, Teams, dan sebagainya. Saat sesi berbagi inspirasi, narasumber maupun host dapat membangun komunikasi interaktif seperti mengadakan kuis di saat virtual meeting, dan terakhir adalah mengadakan evaluasi mengenai materi inspirasi yang sudah diberikan.

Guru BK SMPN 1 Bawen Kabupaten Semarang sudah melaksanakan Virtual Inspiration Class yang mendatangkan guru dari SMA dan SMK favorit siswa. Guru tersebut telah menjelaskan secara langsung PPDB Online dan suasana di SMA atau SMK. Setelah kegiatan tersebut siswa menjadi lebih jelas dan dapat menentukan studi lanjutnya. (agu1/lis)

Guru BK SMP Negeri 1 Bawen.

Author

Populer

Lainnya