Belajar Teknik Vokal dalam Menyanyi Solo dengan Pemodelan dan Membuat Video

Oleh: Titik Sudarti, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pelajaran seni budaya sering kali diabaikan oleh siswa. Mereka menganggap bahwa pelajaran tersebut tidak penting dan kurang menarik. Lebih-lebih materi teknik vokal dalam bernyanyi solo. Para siswa menganggap materi yang mudah dan membosankan, padahal mereka kalau menyanyi suaranya sumbang dan iramanya tidak tepat.

Materi itu merupakan materi yang menyenangkan. Karena materi itu berisi tentang cara menyanyi yang benar (teknik vokal). Banyak siswa yang mengungkapkan kejenuhannya dengan cara tidak mau belajar dan tidak membuat tugas. Bila dikonfirmasi siswa selalu mengatakan bosan belajar dirumah dan ingin bertemu teman- temannya. Sebagai guru seni budaya mulai berfikir untuk menemukan cara supaya siswa mau belajar teknik vokal pada materi bernyanyi solo dengan hasil yang maksimal. Guru tidak mengulang-ulang dalam menjelaskan materi bernyanyi solo. Dan siswa mau memperhatikan sehingga hasilnya bisa maksimal.

Penulis mencari figur penyanyi yang mempunyai vokal jelas dan merdu. Akhirnya dipilih Agnes Mo. Karena Agnes Mo pada waktu menyanyi bentuk mulutnya bulat sehingga menghasilkan vokal yang bagus dan artikulasi yang dihasilkan juga jelas.

Penulis memberikan tugas kepada siswa untuk menonton cara menyanyi Agnes Mo melalui video di yootube atau melalui DVD yang miliki di rumah. Penulis juga menentukan judul lagu yang harus siswa tonton. Lagu itu berjudul “Matahariku“. Tugas itu diberikan waktu selama satu minggu. Pertemuan berikutnya (seminggu kemudian) penulis mengadakan pembelajaran dengan zoom. Tujuannya untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh siswa. Pada pertemuan itu penulis bertanya kepada siswa tentang bagaimana gaya Agnes Mo waktu bernyanyi? Bagaimana bentuk mulut Agnes Mo pada waktu bernyanyi? Bagaimana kejelasan Agnes Mo pada waktu mengucapkan kalimat lagu?

Baca juga:   Pahami Akhlak Siswa Terhadap Guru dengan Metode Role Playing

Ketiga hal tersebut dijawab para siswa dengan bermacam – macam pendapat. Ada yang mengatakan suaranya panjang walau menyanyi sambil menari, suaranya jelas, suaranya bagus, suaranya kuat. Kemudian sebagai guru menyimpulkan Agnes Mo bila menyanyi suaranya bagus, nafasnya panjang dan artikulasinya jelas. Di akhir pembelajaran penulis memberikan tugas kepada siswa untuk membuat video menyanyi, dengan lagu yang bertema cinta alam, boleh dengan cara karaoke. Tugas itu waktunya satu minggu dan siswa tidak boleh memilih lagu dengan tema lain. Agar siswa belajar mencintai alam.

Pertemuan berikutnya ditanyakan tugas siswa, karena hari itu merupakan hari terakhir pengumpulan video menyanyi. Hal yang sangat mengejutkan terjadi, karena kelas IX terdiri dari 9 kelas dengan siswa berjumlah 280, yang mengumpulkan tugas membuat video 259 siswa dan yang belum mengumpulkan 21 siswa atau yang mengumpukan tugas tepat waktu 92,5%. Sebelum menggunakan metode pemodelan dan membuat video, siswa yang mengumpulkan tugas tepat waktu dari 280 siswa yang mengumpulkan hanya 50 sampai 65 siswa atau sekitar 24%. Bisa dikatakan minat belajar siswa meningkat yang sangat signifikan dan hasil belajar siswapun meningkat. Karena beberapa siswa memberikan pendapat bahwa pembelajaran membuat video menyanyi dan mencontoh gaya menyanyi artis bisa mengurangi rasa bosan belajar jarak jauh (PJJ).

Baca juga:   Membangun Budaya Literasi dengan Pendekatan MANTAP

Dari kegiatan pembelajaran di atas dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa dapat dilakukan berbagai cara. Salah satunya dengan metode pemodelan dan membuat video menyanyi pada materi menyanyi solo, karena hal itu sudah diterapkan pada siswa kelas IX SMP Negeri 39 Semarang.

Simpulannya, siswa yang tidak suka dengan mata pelajaran seni budaya menjadi suka. Dari yang hasilnya tidak maksimal menjadi maksimal. Dari yang waktu mengumpulkan tugas tidak tepat waktu menjadi tepat waktu. (agu1/lis)

Guru SMP Negeri 39 Semarang.

Author

Populer

Lainnya