Media Realia Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) telah membawa perubahan yang sangat signifikan terhadap berbagai dimensi kehidupan manusia. Baik dalam ekonomi, sosial, budaya maupun pendidikan.

Oleh karena itu, agar pendidikan tidak tertinggal dari perkembangan iptek tersebut perlu adanya penyesuaian-penyesuaian yang berkaitan dengan faktor-faktor pengajaran di sekolah. Salah satu faktor tersebut adalah media pembelajaran.

Media pembelajaran merupakan sesuatu yang bersifat menyalurkan pesan dan dapat menyalurkan pikiran, perasaan, kepada siswa sehingga mendorong terjadinya proses belajar pada dirinya.
Produksi media merupakan segala upaya dilakukan untuk menciptakan dan mengolah (produksi) media (benda visual maupun nonvisual) dengan cara mempergunakan segala sumber daya (tenaga, pikiran dan dana).

Bahasa memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari yang digunakan untuk berkomunikasi. Dengan bahasa, siswa dapat menyampaikan perasaannya sehingga dapat dipahami oleh siswa lain. Bahasa Inggris adalah mata pelajaran yang sangat kompleks. Karena terdiri dari berbagai terapan ilmu pengetahuan yang mencakup empat kecerdasan. Sehingga membutuhkan guru yang kompeten dalam penguasaan materi dan pengelolaan kelas. Terutama dalam hal pemilihan metode, media atau menciptakan suasana kelas yang nyaman guna menarik minat siswa.

Baca juga:   Dengan TePeMas Belajar Bahasa Jawa Menyenangkan

Berdasarkan pengamatan penulis selama kegiatan belajar mengajar di SMP Negeri 2 Bulu pada siswa kelas VII semester 1 keterampilan berbicara siswa masih rendah. Karena siswa beranggapan bahasa Inggris adalah mata pelajaran yang sulit dan kurang menyenangkan sehingga siswa merasa bosan dan malas dalam mengikuti pelajaran.

Selain itu juga, siswa kurang termotivasi karena metode yang dipakai monoton dan penggunaan media belum tepat. Sebagai seorang guru, penulis merasa tergugah untuk memecahkan masalah yang dihadapi di SMP Negeri 2 Bulu pada siswa kelas VII semester 1. Dalam mengatasi masalah tersebut di atas, penulis menggunakan media realia untuk meningkatkan keterampilan berbicara.

Kata media berasal dari bahasa latin medius yang secara harfiah berarti tengah, perantara, atau pengantar. Association of Education and Communication Technology (AECT) memberikan definisi media sebagai sistem transmisi (bahan dan peralatan) yang tersedia untuk menyampaikan pesan tertentu (Sutirman, 2013:15).

Menurut Solihatin (2014:13) media realia merupakan benda asli yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembelajaran yang tidak harus diadakan dalam kelas, tetapi dapat dilakukan melalui eksplorasi langsung ke lokasi nyatanya.

Baca juga:   Menulis Diari Sebagai Alternatif Strategi Melatih “Writing Skill” Siswa

Menurut Amirullah dan Budiyono (2014:21), “Skill atau keterampilan adalah suatu kemampuan untuk menerjemahkan pengetahuan ke dalam praktik sehingga tercapai tujuan yang diinginkan.”

Tarigan (2015: 16) mengemukakan bahwa kemampuan berbicara merupakan kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata yang mengekpresikan, menyatakan, atau menyampaikan pikiran, gagasan dan perasaan.

Langkah-langkah dalam menggunakan media realia antara lain guru membawa objek nyata atau benda sesungguhnya. Siswa dibagi menjadi 4 kelompok setiap kelompok beranggotakan 4 orang.

Guru memberikan media realia yang akan diamati dan digunakan untuk percobaan pada tiap kelompok. Siswa melaporkan hasil diskusi bersama kelompoknya dan kelompok lain menanggapi. Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pengamatan dan percobaan yang telah dilakukan.

Dalam pembelajaran bahasa Inggris di SMP Negeri 2 Bulu pada keterampilan berbicara sebelum menggunakan media realia rata-rata nilai ulangan harian 52 persen dan setelah menggunakan media tersebut rata-rata nilai ulangan harian menjadi 65 persen. Hal ini menunjukkan bahwa indikator ketuntasan yang telah ditentukan telah tercapai dan sangat cocok untuk diterapkan. (pm2/lis)

Guru SMPN 2 Bulu, Kabupaten Temanggung.

Author

Populer

Lainnya