Belajar Present Continous Lebih Mudah dengan Video Pembelajaran

Oleh : Wiwik Ismiyatun S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, SITUASI pandemi Covid-19 membawa dampak besar dalam dunia pendidikan. Aturan yang mewajibkan warga masyarakat untuk selalu menjaga jarak dan menjauhi kerumunan, mendorong pemerintah untuk menetapkan dan memberlakukan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ). Pembelajaran harus tetap dilakukan, meskipun guru dan siswa tidak lagi bisa melaksanakannya secara tatap muka, untuk mengurangi angka penyebaran Covid-19.

Sejak pertengahan Maret 2020, dari tingkat PAUD sampai Perguruan Tinggi, semua kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara daring. Perubahan mendadak yang terjadi dari pembelajaran tatap muka ke pembelajaran daring membuat guru, siswa, dan orang tua harus beradaptasi dengan kondisi ini. Meskipun hal ini tidak mudah dilakukan oleh guru dan para siswa karena belum pernah dilakukan sebelumnya. Pemilihan media pembelajaran yang tepat pada masa pandemi Covid-19 merupakan hal penting untuk dipertimbangkan. Secara umum, tujuan penggunaan media pembelajaran adalah membantu guru dalam menyampaikan pesan atau materi pelajaran kepada siswanya, agar materi lebih mudah dimengerti, lebih menarik, dan lebih menyenangkan. Untuk itulah guru memilih media video dalam menyampaikan materi tentang Present Continuous Tense pada pembelajaran daring bahasa Inggris kelas VIII di SMPN 1 Cepiring.

Baca juga:   Powtoon Tingkatkan Pembelajaran Teks Eksplanasi

Menurut Kustandi dan Bambang (2013:107), media audio visual memiliki sifat yang menarik dan memotivasi siswa untuk mempelajari materi lebih banyak, materi yang disajikan dalam audio visual dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan mendengar dan mengevaluasi apa yang telah disaksikan/didengar.

Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran yang mengembangkan keterampilan berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan, memahami dan mengungkapkan informasi. Dalam pembelajaran daring, penyampaian materi menggunakan media video merupakan media yang tepat untuk digunakan. Guru menjadi lebih optimal dalam menyampaikan materi dan siswa menjadi lebih mudah memahaminya. Dengan menggunakan media pembelajaran video, siswa dapat langsung melihat dan meniru pengucapan kosakata atau ungkapan bahasa Inggris.

Present Continuous Tense adalah suatu pola kalimat yang digunakan untuk menyatakan kegiatan yang sedang berlangsung saat ini atau sekarang. Dengan bimbingan dan arahan dari guru, siswa menyimak video pembelajaran yang sudah dibagikannya melalui google classroom atau whatsapp. Di dalam video tersebut, menyajikan penjelasan tentang present continuous, pola dan cara menyusun kalimat positive, negative dan interrogative. Contoh-contoh kalimat dan percakapan yang menggunkan pola present continuous juga disampaikan di dalamnya, sehingga siswa dapat secara langsung mendengar dan menirukan pengucapnya dengan benar.

Baca juga:   Belajar Pengindraan Jauh Lebih Asyik dengan Google Maps

Untuk memperdalam pemahaman materi yang disampaikan, siswa diberi latihan soal-soal terkait present continuous yang pada siswa diharapkkan bisa menyusun kalimat dengan pola tersebut. Selain soal-soal latihan, siswa diberikan tugas mandiri yang harus diselesaikan di rumah. Siswa diminta untuk mengamati kegiatan yang sedang diakukan oleh orang-orang di sekitarnya, baik kegiatan yang sedang berlangsung di halaman rumah, ruang tamu, ruang keluarga, kamar, dan dapur. Dari hasil pengamatannya, siswa diperintahkan untuk menyusun kalimat yang menggunakan pola present continues tense sebagai tugas yang harus diselesaikan.

Melalui video, pembelajaran menjadi mengasyikkan, menarik, mudah dimengerti, dan jelas. Penggunaan media pembelajaran ini membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran yang diberikan, walaupun siswa belajar di rumah masing-masing. Selain itu, media video dapat diulang-ulang sesuai kebutuhan siswa masing-masing, belajar bahasa Inggris menjadi lebih mudah dan menyenangkan. (lbs2/ida)

Guru Bahasa Inggris SMPN 1 Cepiring, Kabupaten Kendal.

Author

Populer

Lainnya