Asyiknya Belajar Mandiri dengan Edmodo

Oleh : Wahyu Nur Hidayah, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Evaluasi pembelajaran merupakan salah satu hal penting untuk mengetahui keterampilan siswa dalam memahami materi pembelajaran yang sudah dilaluinya. Dalam pelajaran matematika, biasanya siswa merasa kurang semangat karena keharusan mereka selalu menghafalkan rumus yang begitu banyak.

Selain itu, siswa juga harus bisa memahami persoalan-persoalan yang diselesaikan dalam bentuk angka. Penggunaan media berbasis web sebagai alterntif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Penggunaan media berbasis web ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan media belajar yang berkualitas. Dari hasil refleksi pembelajaran menunjukkan bahwa dalam mempelajari materi matematika membutuhkan media yang dapat menumbuhkan semangat belajar siswa. Hal ini disebabkan dalam materi matematika terdapat banyak rumus yang membutuhkan media yang dapat membantu siswa agar dengan mudah siswa menghafalkan rumus tersebut. Atas dasar alasan tersebut, diperlukan media yang mampu memuat materi dan tambahan permainan atau kuis sebagai evaluasi siswa yaitu media pembelajaran berbasis web.

Media merupakan alat yang dapat membantu proses belajar mengajar dan berfungsi untuk mempengaruhi kondisi belajar sehingga penyampaian pesan atau isi pembelajaran menjadi efektif (Arsyad, 2014:10). Kemajuan teknologi berdampak pada pengelolaan pembelajaran oleh guru. Keuntungan dalam menggunakan internet berkaitan dengan kecepatan informasi, waktu dan ruang. Dengan adanya pemanfaatan internet juga lebih menarik dalam menyampaikan informasi. Penelitian yang dilakukan oleh Ari Sudibjo (2013) mengatakan bahwa ketika belajar menggunakan media pembelajaran e-learning mengalami respon positif yang ditandai dengan nilai kognitif siswa yang mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya. Selain itu, media e-learning yang berbasis interaktif lebih me narik siswa untuk memahami materi sehingga dalam kondisi ini guru berperan sebagai penunjang pembelajaran.

Baca juga:   Solusi Menjaga Kekebalan Diri di Masa Pandemi secara Alami

Media pembelajaran merupakan segala bentuk dan sarana penyampaian informasi yang dibuat sesuai dengan teori pembelajaran (Suryani,dkk., 2018:5). Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan e-learning dengan edmodo bisa diakses menggunakan handphone dan komputer ini siswa dan guru saling mendapatkan keuntungan dan terlibat langsung dari awal.

Siswa mendaftar sebagai siswa kelas kemudian mempelajari materi secara online serta mengerjakan tugas dan soal online pula. Sehingga setelah mengikuti pembelajaran online ini, siswa merasa termotivasi untuk belajar melalui penggunaan media berbasis internet ini.

Semakin berkembangnya zaman, kebutuhan akan pembelajaran dengan menggunakan teknol ogi sangatlah diperlukan. Hal ini merupakan tantangan global yang mendorong perlunya pembaharuan dalam pembelajaran yang memanfaatkan penggunaan internet sebagai media dan evaluasi pembelajaran. Edmodo adalah pengembangan dari media instruksional yang juga memanfaatkan perkembangan teknologi seperti jejaring sosial sehingga dapat mendukung proses pembelajaran dan mempermudah siswa dalam mengakses isi informasi secara cepat. Edmodo ini diciptakan untuk memberikan fasilitas kepada guru dan siswa untuk melakukan interaksi atau komunikasi secara online dalam memberikan materi, tugas dan evaluasi. Selain itu, edmodo dapat diakses oleh orang tua sehingga bisa mengetahui materi apa yang belum dipahami melalui forum diskusi.
Pembelajaran yang dilakukan dengan bantuan kelas online edmodo ini mendorong guru untuk lebih kreatif dalam untuk mengajak siswa dalam pembelajaran kolaboratif dan penyampaian materi. Selain itu, juga mendorong siswa untuk belajar secara mandiri, tanpa terikat dengan tempat dan waktu. Penggunaan media berbasis internet juga dapat meningkatkan kesadaran siswa bahwa belajar itu bisa memanfaatkan banyak sumber. (pm2/lis)

Baca juga:   Peran Kepala Sekolah dalam Menghadapi Era New Normal Pendidikan

Guru SMPN 2 Sawangan, Kabupaten Magelang.

Author

Populer

Lainnya