Solusi Menjaga Kekebalan Diri di Masa Pandemi secara Alami

Oleh : Herman Nugroho, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Menjaga kekebalan imun tubuh di masa pandemi saat ini sangatlah diperlukan. Mengkonsumsi obat sesering mungkin masih ragu akan bagaimana dampaknya nanti bagi tubuh kita.

Atau bisa juga ke luar rumah dengan berolah raga jogging atau hanya jalan-jalan keluar sekedar cari udara segar, ini sangat bagus, tetapi disaat seperti sekarang ini ? Kita diwajibkan mengikuti protokol kesehatan diantaranya menjaga jarak dan di rumah saja. Maka salah satu solusinya kita bisa memanfaatkan obat alami (herbal) yang bisa kita dapatkan dari pekarangan rumah kita, tidak perlu ke mana-mana dan alami asal kita mau mengolahnya.

Salah satunya di sini saya akan membagikan resep bagaimana setidaknya dapat menambah daya tahan imun tubuh kita, yaitu dengan cara mengonsumsi minuman jahe. Tanaman jahe yang mempunyai nama latin Zingiber officinale, temasuk dalam kelas Monocotyledon atau tanaman berkeping satu ini mempunyai banyak sekali manfaat. Selain untuk obat alami, tanaman ini bisa juga digunakan sebagai penyedap pada masakan atau minuman (Hesti Dwi Setyaningrum, 2013).

Baca juga:   Pendidikan Karakter Siswa di Masa Pandemi Covid-19

Jenis jahe ada beberapa macam. Ada jahe besar atau sering disebut jahe gajah, jahe putih dan jahe merah. Namun kali ini saya akan memberikan resep dengan memakai jahe putih kecil biasa atau yang sering kita jumpai di antara bumbu-bumbu dapur rumah kita. Jahe putih kecil yang memiliki nama latin Z.officinale var. Mempunyai ciri warna putih, bentuknya agak pipih dan berserat lembut, mempunyai ruas rimpang berukuran lebih kecil dari jahe gajah.

Kita bisa meraciknya yaitu pertama kita siapkan satu atau dua ruas jahe, lalu kita bersihkan kemudian bakar di atas kompor dengan api sedang. Kemudian kita tumbuh palan atau digeprek, lalu kita rebus bersama gula jawa secukupnya. Setelah matang sajikan ke dalam gelas, tambahkan gula pasir secukupnya (sesuai selera). Sebagian orang ada yang suka dengan menambahkan susu putih atau jahe susu. Konsumi setelah hangat.

Meminum segelas jahe hangat sangat bermanfaat bagi tubuh kita, diantaranya : menghangatkan badan, membantu membersihkan tubuh melalui keringat, meringankan pegal-pegal di tubuh, menyembuhkan masuk angin, melancarkan pencernaan, serta dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh dan lain-lain. Dengan tubuh yang selalu fit maka diharapkan segala virus penyakit tidak dapat masuk ke dalam diri kita. Nah, mulai sekarang apa salahnya jika kita mulai mencoba meracik dan mengonsumsinya. Kapan lagi kita akan membiasakan pola hidup jika tidak dari sekarang selain mudah dan murah kita dapatkan tak kalah pentingnya minuman ini sangat alami. (gb2/ton)

Baca juga:   Belajar Sistem Peredaran Darah dengan Running LED

Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 3 Kedungwuni, Pekalongan.

Author

Populer

Lainnya