Pembelajaran Desain Poster melalui Digital di Musim Pandemi

Oleh : Erlin Sofiyanti, S.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Model pembelajaran merupakan tahapan pembelajaran yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar, untuk memaksimalkan dalam kegiatan pembelajaran. Sedangkan metode pembelajaran merupakan suatu alat atau perantara yang berguna untuk memudahkan proses belajar mengajar dalam rangka mengefektifkan komunikasi antara guru dan siswa.

Proses belajar mengajar di sekolah harus terhambat, namun para guru tetap berperan aktif dan lebih berkreatif dalam memberikan pembelajaran hususnya dalam pembelajaran seni budaya dalam memberikan materi Desain Poster dengan digital yang menggunakan HP. Siswa diberikan kesempatan untuk berkreatifitas dalam membuat desain poster.

Poster adalah suatu desain grafis yang di dalamnya terdapat gambar dan dan kata-kata pada kertas yang berukuran besar. Isinya memuat tentang informasi dan ditempel di tempat-tempat umum agar dapat dilihat atau dibaca banyak orang. Poster sifatnya untuk menarik perhatian. Dimana poster bertujuan untuk memberikan informasi, mengajak dan mengimbau banyak orang untuk melakukan sesuatu seperti apa yang digambarkan pada poster tersebut. Kegiatan tersebut akan memberikan akan memberikan stimulus dalam mencari dan memahami konsep memvisualkan/menulis ide sehingga menjadi sebuah karya edukasi berupa poster dan juga bisa lainya seperti komik, video dan lain-lain.

Baca juga:   Menggambar Bentuk Objek Benda Mati dengan Cahaya dan Kamera

Penggunaan media digital untuk meningkatkan pengalaman yang dirasakan di dunia nyata bukanlah hal yang baru lagi. Poster Digital merupakan salah satu cara untuk menerapkan hal tersebut yang dapat dengan mudah diterima oleh orang banyak. Pembelajaran poster digital menambah siswa untuk berkreativitas dalam menciptakan desain yang baru yang kreatif di masa Pandemi Covid-19. Siwa Belajar Desain grafis dari rumah sehingga kesempatan mereka untuk berkumpul dapat dicegah (https://mediaindonesia.com/opini/298260/belajar-di-masa-pandemi).

Pembelajaran Desain Poster Digital lewat Daring berjalan meskipun belum maksimal karena terkendala dengan fasilitas dan jaringan (Erlin, S., 2019). Pengembangan media poster digital terhadap hasil belajar mata Pelajaran Seni Budaya Materi Desain Poster pada Siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Karangdadap poster digital menggunakan metode learning seiring bertambah canggihnya teknologi akan mempengaruhi pembelajaran dan akan semakin canggih pula.

Pembelajaran Desain Poster Digital di musim pandemi secara daring (online) memang memudahkan siswa berkreasi menciptakan desain poster yang bermanfaat yang diminati oleh masyarakat. Pengalaman pengelolaan pendidikan dalam kondisi darurat sekarang ini, hendaknya dapat menumbuhkan kesadaran kolektif kita sebagai bangsa akan pentingnya teknologi pembelajaran guna mewujudkan pendidikan bermutu dan berkeadilan. Konsep cyber school dan/atau learning, termasuk penilaian distruptif (distruptive assessments), yang sudah banyak digunakan. Untuk membenarkan penggunaanya di kelas, mereka perlu menambahkan nilai dalam bentuk pada peningkatan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pengembangan pembelajaran desain poster digital tersebut. Tujuan Pembelajaran ini untuk mengembangkan produk yang layak dijadikan sebagai media pembelajaran untuk Siswa SMP khususnya SMP Negeri 1 Karangdadap.

Baca juga:   Suka Duka Sekolah Pinggiran Melaksanakan Pembelajaran Ragam Hias di Masa Pandemi

Menurut Pola posting ditemukan desain poster digital yang banyak dilakukan pada Februari 2020, dimungkinkan karena dalam bulan tersebut banyak fenomena yang dapat dijadikan insiprasi untuk siswa berkarya membuat desain poster digital yang berusaha untuk mengangkat kekinian sebagai daya tarik. Contohnya seperti poster dengan mengadaptasi dari fenomena di musim Pandemi Covid-19. Penciptaan karya ini bisa menjadi motivasi dalam berkesenian serta menjadi suntikan ide seniman lain dalam menciptakan karya poster desain digital dan dapat lebih mengekplorasi tentang dalam menampilkan konsep sampai proses ketika membuat desain. Maka terlihatlah bagaimana sebuah proses desain tersebut berlangsung. (gb2/ton)

Guru Seni Budaya SMP Negeri 1 Karangdadap

Author

Populer

Lainnya