Belajar Teman Sebaya Teknik Praktik Perenggangan Otot dan Pelemasan Persendian

Oleh : Hadi Suprapto, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Kegiatan manusia penting dilakukan menjaga tubuh tetap sehat, kuat dan bugar adalah dengan olahraga. Manusia perlu membiasakan hidup sehat dengan olahraga atau disebut dengan kesehatan olahraga. Kesehatan olahraga adalah olahraga yang dilakukan untuk memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan secara dinamis. Kesehatan secara dinamis betujuan agar orang sehat dikala diam dan sehat dengan mempunyai kemampuan gerak untuk mendukung setiap aktivitas dalam kehidupannya sehari-hari.

Kegemaran berolahraga dapat mencegah penyakit, hidup sehat dan nikmat. Malas berolahraga dapat mengundang penyakit. Banyak orang kurang menyadari betapa pentingnya membiasakan olahraga, sehingga jarang melakukan olahraga. Setiap orang harusnya memiliki kesadaran dari diri masing-masing untuk tetap menjaga kesehatan dan kebugarannya.

Terutama bagi anak-anak sekolah dasar yang membutuhkan stimulus tubuhnya untuk terus berkembang. Olahraga juga dapat dilakukan secara personal atau pun massal termasuk dalam lembaga pendidikan khususnya sekolah dasar. Lembaga pendidikan menyediakan ruang khusus bagi anak didik untuk membiasakan olahraga. Ruang tersebut tergambar dari disediakannya mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga Kesehatan (PJOK). PJOK disediakan dalam lembaga pendidikan dari pendidikan dasar sampai dengan pendidikan menengah setingkat SMA. Di samping itu PJOK merupakan salah satu mata pelajaran wajib di sekolah termasuk di Sekolah Dasar, karena pendidikan jasmani masuk dalam kurikulum pendidikan.

Baca juga:   Mengatasi Masalah dengan “Masalah”

Rusli Lutan (2009: 30) menjelaskan pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari pendidikan keseluruhan yang bertujuan meningkatkan individu secara organik, neuromuskuler, intelektual dan emosional melalui aktivitas jasmani. Proses pembelajaran mata pelajaran PJOK setingkat sekolah dasar, penerapannya masih sangat membutuhkan pengawasan dan pendampingan oleh seorang guru.
Guru memiliki tanggung jawab untuk mengawasi pelaksanaan proses pembelajaran PJOK pada jenjang sekolah dasar secara intensif. Guru harus mampu memilih olahraga yang tidak membahayakan bagi anak didik termasuk guru menentukan model pembelajarannya.

Anak didik memiliki kecenderungan untuk bermain ketika proses pembelajaran. Fenomena tersebut harus dimanfaatkan oleh guru untuk menstimulan anak didik mendapatkan pendampingan dari teman sebayanya. Model pembelajaran teman sebaya termasuk ke dalam model pembelajaran yang berprinsip pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran yang melibatkan anak didik dalam proses pembelajaran secara optimal.

Hamid Hasan (1996: 24) menjabarkan pembelajaran kooperatif adalah pemanfaatan kelompok kecil (2-5 orang) dalam pembelajaran yang memungkinkan siswa bekerja bersama untuk memaksimalkan belajar mereka dan belajar anggota lainnya dalam kelompok.

Baca juga:   Picture and Picture Permudah Belajar IPS Materi ASEAN

Model pembelajaran teman sebaya merupakan model yang memberikan solusi permasalahan proses pembelajaran. Model ini memberikan kesempatan kepada anak didik untuk belajar dengan sesama dari mereka, sedangkan guru disini sifatnya sebagai pendorong dari belakang.

Model ini dipercaya sangat efektif khususnya bagi kelas yang memiliki beberapa anak didik yang menonjol atua lebih unggul dari anak didik yang lainnya.
Menurut Makarao (2009:127) tutor sebaya adalah model pembelajaran yang memfasilitasi peserta untuk mengajarkan suatu pengetahuan atau keterampilan tertentu kepada sesama peserta lainnya. Ahmadi dan Supriyono (1991:173) menerangkan bahwa tutor dalam pembelajaran tutor sebaya adalah siswa yang sebaya yang ditunjuk atau ditugaskan membantu temannya yang mengalami kesulitan belajar. Karena hubungan antara teman umumnya lebih dekat dibandingkan hubungan guru dengan siswa.

Penulis sebagai guru PJOK SDN 03 Yosorejo, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan menerapkan model pembelajaran teman sebaya di kelas enam pada kompetensi dasar mempraktikan perenggangan otot dan pelemasan persendian dengan baik sebelum latihan serta nilai disiplin. (gb2/lis)

Guru SDN 03 Yosorejo, Kec. Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan.

Author

Populer

Lainnya