Metode Role Playing Jadikan Pembelajaran Teks Negosiasi Lebih Menarik

Oleh : Sri Haryani S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PEMBELAJARAN jarak jauh (PJJ) mengharuskan seorang guru untuk kreatif dalam menggunakan metode atau strategi dalam pembelajaran. Hal ini dimaksudkan agar siswa tidak mengalami kebosanan dalam mengikuti PJJ yang cenderung monoton. Selain itu, keterbatasan guru dalam mendampingi proses belajar siswa juga sangat memengaruhi pemahaman siswa terhadap materi yang sedang dipelajari. Hal ini terjadi pada siswa kelas X SMAN 4 Magelang dalam memahami materi teks negosiasi. Untuk itulah, guru harus dapat mencari strategi dalam pembelajaran yang dilaksanakan agar semua indikator pembelajaran dapat tercapai.

Pemilihan metode pembelajaran yang tepat sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran terutama untuk PJJ. Metode adalah cara yang di dalam fungsinya merupakan alat untuk mencapai suatu tujuan. Hal ini berlaku baik pada guru maupun pada siswa. Makin baik metode itu, makin efektif pula pencapaian tujuan (winarno surakhmad 1990:96). Dengan demikian, seorang guru harus mampu menerapkan metode yang cocok untuk situasi dan kondisi khusus dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Dalam pembelajaran materi teks negosiasi pada siswa kelas X, SMAN 4 Magelang, guru menggunakan metode role playing sebagai sarana untuk membantu siswa dalam memahami materi.

Baca juga:   Menceritakan Kembali Isi Fabel Lebih Menyenangkan dengan Teknik Berantai

Menurut Perdana (2010) menyatakan bahwa metode bermain peran (role playing) merupakan suatu metode pembelajaran, di mana subjek diminta untuk berpura–pura menjadi seseorang dengan profesi tertentu yang digeluti orang tersebut. Selain itu, subjek juga diminta untuk berpikir seperti orang tersebut agar dia dapat mempelajari tentang bagaimana menjadi seseorang dengan profesi tersebut. Proses pembelajaran memahami teks negosiasi pada siswa kelas X SMAN 4 Magelang ini, diawali dengan kegiatan apersepsi. Setelah itu guru memberikan video yang menggambarkan proses negosiasi agar siswa memiliki gambaran tentang konsep dan struktur teks negosiasi. Setelah siswa memiliki gambaran, selanjutnya guru menyuruh siswa untuk membuat sebuah video dimana dalam video tersebut siswa harus bermain peran yang menggambarkan sebuah proses negosiasi. Dalam bermain peran tersebut siswa bisa minta bantuan keluarga yang ada di rumah sebagai lawan main. Siswa juga dapat mengambil tema negosiasi yang biasa terjadi di rumah. Sebagai contoh tema negosiasi yang diambil adalah negosiasi antara anak dan orang tua dalam menentukan besaran uang saku. Siswa sebelumnya akan membuat konsep percakapan proses negosiasi sebelum proses pembuatan video bermain peran dilaksanakan. Dengan siswa diberikan tugas untuk memerankan tokoh yang sedang bernegosiasi maka siswa menjadi lebih mengetahui tentang langkah-langkah bernegosiasi, struktur teks negosiasi, dan kebahasaan yang dipakai dalam teks negosiasi.

Baca juga:   Pembelajaran Daring KURSIKU dalam PJJ Matematika

Metode role playing ini, dapat meningkatkan pemahaman siswa SMAN 4 Magelang pada materi teks negosiasi. Dengan metode role playing ini, siswa menjadi lebih bersemangat dalam mengeksplor kemampuan diri. Selain itu metode role playing juga mampu mengurangi kebosanan siswa dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh yang cenderung monoton. (ag2/ida)

Guru Bahasa Indonesia SMAN 4 Magelang.

Author

Populer

Lainnya