Media Cergam Aktifkan Siswa Kelas Rendah dalam Membaca

Oleh : Sulastri S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, RENDAHNYA kemampuan dan keterampilan membaca siswa karena kualitas pembelajaran di kelas kurang dikelola secara seksama. Pembelajaran klasikal yang membosankan menjadikan siswa kurang konsentrasi terhadap materi pelajaran. Karena itu, keterampilan membaca perlu ditanamkan sejak awal siswa kelas rendah.

Karena itu, guru kelas I SDN 02 Semingkir meningkatkan kemampuan dan melancarkan membaca siswa dengan menerapkan media cergam (cerita bergambar). Dengan cergam, siswa selalu dirangsang untuk gemar membaca. Cergam merupakan cerita yang mengajarkan anak sesuatu hal. Dengan begitu, anak akan lebih cepat menyerap dan memahami cerita yang terkandung dalam buku. Hal ini selaras dengan karakter siswa usia dini yang masih dalam tahap berimajinasi yang sesuai gambar.

Dalam pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas sering dijumpai masalah, antara lain cara mengajar guru yang menganggap siswa hanya sebuah benda yang dapat menerima pelajaran dari gurunya saja. Selain sangat banyaknya bahan pelajaran yang harus dipelajari, guru juga kurang terbiasa menggunakan media-media pembelajaran yang bervariasi. Padahal guru harus kreatif dalam menyelenggarakan proses pembelajaran, baik dari segi materi, metode, maupun media yang digunakan. Hal ini untuk menarik minat peserta didik agar giat belajar di sekolah, khususnya membaca. Tak hanya itu, kesulitan anak dalam berbahasa juga menjadi masalah yang harus diperhatikan. Hal ini karena bahasa adalah dasar komunikasi utama pada manusia. Jika anak kesulitan dalam berbahasa, akan mengalami kesulitan dalam memahami suatu konsep atau dalam mengungkapkan perasaan dan pikirannya. Bahasa merupakan alat utama dalam belajar membaca.

Baca juga:   MOJIG Tingkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS

Majis (2001:8) berpendapat, media cerita bergambar adalah suatu media atau perantara bagi anak yang berbentuk media dan yang berisi suatu cerita yang memiliki keindahan dan kenikmatan anak, serta dilengkapi dengan gambar- gambar yang menarik, lucu serta menyenangkan agar anak menjadi gemar dan senang membaca sehingga membaca menjadi suatu kebutuhan yang wajib dipenuhi oleh seorang anak.
Penggunaan media akan sangat menunjang peningkatkan kemampuan dan keterampilan siswa dalam membaca. Media pembelajaran cerita bergambar yang menarik dapat meningkatkan konsentrasi siswa pada materi yang diberikan. Peningkatan keterampilan membaca akan menentukan kelanjutan pendidikan bagi siswa. Media pembelajaran semakin lama semakin berkembang, guru dapat memberikan penguatan melalui media cerita bergambar, sehingga siswa dapat memiliki kemampuan mengungkapkan dalam kalimat pendek maupun kalimat panjang sesuai peningkatan keterampilan membacanya.

Langkah-langkah pembelajaran media cergam di antaranya pertama, siswa diberi teks cerita bergambar dan diminta mengamati cerita gambar tersebut kemudian perlahan membacanya bersama-sama tanpa dimodelkan terlebih dahulu oleh guru. Kedua, guru memberikan arahan dan memberi model cara membaca teks cerita bergambar tersebut. Ketiga, siswa disuruh membaca satu persatu di depan kelas dengan lancar. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan media yang tepat dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, variasi media pembelajaran di SD sangat diperlukan, apalagi keadaan peserta didik SD yang pola pikirnya masih bersifat konkret dan masih senang bermain. Tentu sangat cocok diterapkan media pembelajaran yang bervariasi. Para guru hendaknya membuat pembelajaran jadi bermakna dan semua siswa aktif dalam mengikuti proses belajar-mengajar, jangan gurunya saja yang aktif. (ag2/ida)

Baca juga:   Tingkatkan Percaya Diri Siswa, Belajar Pahlawanku dengan Kooperatif Scramble

Guru SDN 02 Semingkir, Kecamatan Randudongkal, Kabupaten Pemalang.

Author

Populer

Lainnya