Google Meet untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter pada Pelajaran Ekonomi

Oleh: Dwi Retnani, S. Pd., M.M

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Salah satu tujuan pendidikan nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk mencerdaskan kehidupan bangsa perlu adanya peningkatan kualitas pendidikan. Peningkatan kualitas pendidikan dapat dicapai melalui pengoptimalan proses belajar mengajar. Kualitas pendidikan tidak hanya tercermin dari hasil belajar tetapi juga karakter yang dibentuk dari proses pendidikan.

Pandemi Covid-19 memberikan dampak perubahan dalam pendidikan. Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksaaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19, menjelaskan pembelajaran daring/jarak jauh dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa (Kemendikbud, 2020).
Permasalahan pendidikan karakter sering ditemukan dalam proses pelaksanaan pembelajaran daring, khususnya pelajaran ekonomi pada siswa-siswa di SMA Negeri 1 Temanggung. Pendidikan karakter merupakan suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut. Pendidikan karakter dimaknai sebagai suatu perilaku warga sekolah yang dalam menyelenggarakan pendidikan harus berkarakter.

Menurut T.Ramli (Aqib dan Sujak, 2011), pendidikan karakter memiliki esensi dan makna yang sama dengan pendidikan moral dan pendidikan akhlak. Tujuannya adalah membentuk pribadi anak, supaya menjadi manusia yang baik, warga masyarakat dan warga negara yang baik.

Untuk mengatasi masalah pendidikan karakter dalam pelajaran ekonomi selama pembelajaran daring, diperlukan pembelajaran online yang melibatkan interaksi langsung antara guru dan siswa. Pembelajaran daring merupakan proses pembelajaran yang memanfaatkan jaringan internet dalam proses pembelajaran (Isman, 2017).

Baca juga:   Meski Puasa, Tetap Bugar dengan Latihan Fisik Ringan

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk pembelajaran daring agar guru dapat interaksi langsung secara online dengan siswa adalah aplikasi Google Meet. Google Meet adalah produk dari google yang merupakan layanan komunikasi video yang dikembangkan oleh google. Di Google Meet ini tidak hanya bisa melihat dokumen belajar tetapi juga presentasi hingga merekam.
Penggunaan Google Meet ini mudah bagi penggunanya, sehingga lebih efektif dan efisien. Langkah-langkah yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi Goole Meet yaitu masuk ke dalam google.com kemudian klik aplikasi google di ujung sebelah kanan tanda titik-titik kotak. Cari meet lalu klik aplikasi Google Meet, kemudian klik start a meeting. Maka akan muncul id Google Meet. Id Google Meet ini yang akan diberikan kepada peserta pengguna google meet untuk bergabung kedalam video conference. Tekan presenting untuk presentasi. Peserta video conference setelah mendapatkan id Google Meet akan meminta untuk bergabung ke dalam video conference dengan tampilan aplikasi Google Meet “Asking to joint”. Untuk menampilkan semua siswa yang terkoneksi klik di ujung kanan bawah tanda titik- titik pilih “Change Lay Out”.

Baca juga:   Silap Makna Kata dalam Komunikasi pada Gawai

Melalui Google Meet, pendidikan karakter dalam pelajaran ekonomi dapat dilakukan karena adanya interaksi langsung antara guru dan siswa. Di sini guru bisa menyampaikan langsung ke siswa tentang pelajaran ekonomi yang di dalamnya juga dikaitkan dengan semangat kebangsaan, cinta tanah air, peduli sosial, peduli lingkungan, dan cinta damai serta mengembangkan nilai mandiri, disiplin, kreatif, kerja keras, tanggung jawab, aktif dalam proses pembelajaran. Siswa juga bisa aktif melakukan komunikasi dalam pembelajaran. Adanya fitur white board di Google Meet, guru bisa membuat tulisan dan kalimat-kalimat yang memotivasi pembentukan karakter siswa. Tampilan yang disedikan sudah HD (high definition) dan juga bisa menyediakan resolusi yang terdapat pada smartphone. Sehingga guru bisa melihat tampilan siswa dalam mengikuti pembelajaran daring menjadi lebih jernih. Pembelajaran daring melalui Google Meet juga dapat dilakukan secara klasikal karena kapasitas peserta dalam Google Meet bisa menampung satu kelas bahkan bisa lebih. Dengan memanfaatkan Google Meet, diharapkan materi ekonomi yang mengandung pendidikan karakter dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien. (pm1/lis)

Guru Ekonomi SMA Negeri 1 Temanggung.

Author

Populer

Lainnya