Belajar Seni Lukis Media Piring

Oleh : Sevi Lantiyani, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Coretan di selembar kertas menghubungkan antara garis yang satu dan lainnya akan menjadi sebuah bentuk lukisan atau gambaran seni yang indah dilihat. Keindahan karya seni rupa yang melukiskan dari coretan menjadi suatu bentuk benda atau alam sekitar diolah dengan karya imajinasi penciptanya dari bermacam media gambar.

Seni lukis salah satunya bisa diciptakan oleh siapa saja baik dari kalangan anak-anak, dewasa dan orang tua. Ragam seni lukis yang diterapkan dalam kegiatan formal membuat peserta didik dapat menyempurnakan coretan melalui imajinasi, emosi, kelenturan, intensitas tebal tipisnya termasuk goresan warna-warnanya.

Sebagai seorang guru seni budaya mengalami permasalahan pada saat pembelajaran seni lukis, terkadang terkendala dengan media dan peserta didik merasa bingung, tidak percaya diri, susah mengeluarkan ide kreatifitasnya.

Seni lukis ini diajarkan dalam salah satu KD pada kelas sembilan SMP Negeri 2 Kejobong. Seni lukis dengan media kaca disesuaikan dengan tujuan khusus sesuai kemauan penyampaian berupa ide kreatif, pendidikan, atau yang lainnya. Menurut Dian Mulyadi (lib.unnes.ac.id) seni lukis kaca adalah lukisan di atas media kaca yang dibuat dengan cara melukis di bagian belakangnya, kaya akan gradasi warna dan harmonisasi nuansa dekoratif serta menampilkan ornamen.

Seni lukis kaca dengan teknik melekatkan gambar kemudian ditebalkan garis gambar di atas kaca dan disempurnakan dengan sebaik mungkin. Memperhatikan teknik dalam pembuatan lukis kaca yang bermacam-macam, untuk mengerjakan materi sederhana ini selaku guru seni budaya menggunakan. Pembelajaran seni lukis media piring karena sekolah yang ada di pinggiran dan tidak memadai untuk media yang digunakan, maka pempelajaran seni lukis kaca, dilukis di atas piring transparan yang masing-masing peserta didik sudah memilikinya di rumah. Serta untuk melatih peserta didik lebih kreatif, percaya diri, tidak bingung dalam mengeluarkan ide inovatifnya.

Baca juga:   Metode Menulis Berantai Memudahkan Siswa dalam Menulis Cerpen

Jika kita perhatikan seni lukis bisa dilukis di atas piring tranparan dengan teknik menjiplak gambar ini sangat mudah dikerjakan dengan menempelkan kertas di atas piring transparan yang sudah bergambar sesuai ide. Pola ide kreatifitas suatu desain lebih menarik juga dengan ornamen yang indah pada pinggir gambar sehingga peserta didik bisa membuat desain apa saja lebih indah di atas piring transparan.

Langkah pertama yang guru ajarkan dalam belajar seni lukis media piring yaitu memastikan peserta didik memilih satu gambar desain seni yang berkaitan tentang temanya, yang telah dikerjakan sesuai dengan ide masing-masing. Peserta didik begitu asyik dalam mengerjakan desain mereka yang telah dipilih. Setelah itu guru menyampaikan Kompetensi Dasar materi Seni Lukis Media Piring. Peserta didik asyik mengerjakan desain gambar untuk membuat lukisan di atas piring transparan sesuai pilihan masing-masing. Penyajian hasil peserta didik yang variatif, kreatif menumbuhkan rasa percaya diri dengan kemampuan yang mereka miliki, tanpa ada media yang menghambat hasil kreatifitas peserta didik.

Baca juga:   Bermain Peran, Cara Mudah Pahami Kalimat Perintah

Dengan belajar seni lukis media piring dapat ditanggapi peserta didik dengan baik, antusias dan inspiratif. Pembelajaran ini dilakukan di masa pandemi korona maka hanya mengumpulkan proses lewat foto kegiatan dan hasil yang mereka kirim lewat grup whatsapp seni budaya.

Penulis simpulkan, dengan belajar seni lukis media piring ini, anak yang tidak menguasai eksak melalui bakatnya yang tersembunyi bisa menuangkan kreatifitasnya. Peserta didik merasa tidak bingung, lebih antusias, kreatif mengerjakan melalui cara yang asyik, menyenangkan dalam belajar seni lukis media piring. Dan menghasilkan teknik yang sederhana namun tidak meninggalkan era modern. Menumbuhkan rasa percaya diri dengan kemampuan yang mereka miliki. Tanpa ada yang menghambat kreatifitas mereka. Dalam penulisan ini jauh dari kata sempurna. Maka penulis berharap sumbang dan saran dari pembaca. Tak menjadi penghalang di era pembelajaran jarak jauh teruslah berkarya untuk penerus bangsa. (pm2/lis)

Guru Seni Budaya SMPN 2 Kejobong, Kabupaten Purbalingga.

Author

Populer

Lainnya