Inovasi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

Oleh : Ainul Huri, M.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pandemi Covid-19 yang masih mewabah sampai saat ini berimbas pula pada dunia pendidikan, terutama keberlangsungan sekolah. Pada masa pandemi, sekolah dituntut untuk tetap melaksanakan pembelajaran kepada siswa secara maksimal. Sesuai dengan prinsip kebijakan Pendidikan sebagaimana keputusan Mendikbud Nomor: 719/P/2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus, yakni: (1) kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, masyarakat memperbarui prioritas utama dalam menetapkan kebijakan pembelajaran; (2) tumbuh kembang peserta didik dan kondisi psikososial juga menjadi pertimbangan dalam pemenuhan layanan pendidikan selama pandemi Covid-19. Pembelajaran secara daring menjadi alternatif yang dipilih sebagai upaya terlaksananya pembelajaran jarak jauh (PJJ) bagi peserta didik.

Berpijak pada ketentuan tersebut maka sekolah perlu menciptakan inovasi-inovasi dalam pembelajaran. Sebab pembelajaran yang sebelumnya tatap muka di sekolah diganti dengan PJJ. Peran sekolah sangatlah penting sebagai bentuk dukungan terhadap pelaksanaan PJJ. Oleh karena itu, sekolah diharuskan membuat terobosan-terobosan baru dalam melaksanakan pembelajaran. Di antaranya bisa mengubah ruang kelas menjadi studio pembelajaran dan membentuk tim. Tugas Tim adalah mengonsep pembelajaran daring yang efektif, kreatif dan inovatif oleh guru dan peserta didik. Sedangkan studio pembelajaran adalah sarana dan tempat untuk proses dan produksi inovasi pembelajaran digital.

Baca juga:   Strategi Memotivasi Siswa dalam Mempelajari Kisah Nabi

Pembuatan ruang studio pembelajaran merupakan upaya sekolah melaksanakan praktik pembelajaran online (daring) yang efektif, kreatif dan inovatif. Hal tersebut dalam rangka memudahkan koordinasi pembelajaran jarak jauh dan sebagai tempat pengembangan diri bagi guru millenial yang berkompetensi era 4.0.

Kegembiraan berdigital ini memunculkan potensi-potensi baru bagi guru yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Karena saat ini, guru dituntut untuk mampu menguasai ilmu baru yaitu ilmu broadcast yang bertujuan menyukseskan pembelajaran jarak jauh tersebut. Kemampuan guru dalam dunia broadcast bisa dilatih dengan cara salah satu guru ahli diikutkan pelatihan-pelatihan, belajar lewat youtube. Kemudian hasil belajar guru ahli bisa dismpaikan kepada guru lain dengan cara tutor sebaya.

Penguasaan broadcast ilmu baru dalam pembelajaran jarak jauh, guru harus bisa membuat perangkat skenario, script/ naskah, shooting, lighting, makeup, dan editing menjadi pemeran/artis, produser dan bisa menguploud ke channel youtube sekolah.

Selain itu, studio pembelajaran daring juga untuk memberikan fasilitas pengembangan bakat minat anak dan guru dengan membuat konten-konten rekaman pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler secara virtual contohnya ekstra tari, menyanyi, membatik, pencak silat dan lainnya. Selain itu juga bisa digunakan untuk membuat acara live dengan mengundang tokoh seperti tokoh agama, tokoh masyarakat, pakar kesehatan, dan pakar pendidikan. untuk memberikan inspirasi pembelajaran yang menyenangkan.

Baca juga:   Project-Based Learning (PJBL) Solusi Efektifkan Pembelajaran Jarak Jauh

Berikut ini contoh inovasi dalam pembuatan program pembelajaran di masa pandemi Covid-19 melalui studio pembelajaran dan tim pembelajaran jarak jauh yang bisa di aplikasikan yaitu misalnya: program membuat video pembelajaran, program guest teacher/guru tamu, program zoom meeting, dan program ekstrakurikuler virtual, program pembutan video tentang nilai-nilai karakter siswa.

Dalam upaya memberikan pelayanan dan pemenuhan pembelajaran masa pandemi. Sekolah-sekolah dapat mengaplikasikan pembuatan studio pembelajaran daring. Selain itu juga mengonsep dan mengemas pembelajaran daring secara efektif, kreatif, inovatif, serta menyenangkan sehingga dapat tercipta pembelajaran jarak jauh yang bermakna. (bs1/ton)

Kepala Sekolah SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga.

Author

Populer

Lainnya